Tuesday, October 25, 2016



10. Queen Slug for a Butt – Earthworm Jim
Hasil voting The Earthworm Jim telah membayar sudah sejarah yang kurang baik selama masa transisi atau peralihannya ke bentuk 3 dimensi. Votingnya sekarang sudah berhenti, namun inilah waktu yang tepat untuk mengingat 2 judul Earthworm Jim yang muncul pada Super Nintendo dan Sega Genesis. Game ini sangat berbeda dari game lain dan game ini sangat lucu. Faktor yang mencolok untuk keunggulan game ini adalah boss terakhirnya: Queen Slug for a Butt. Rencana musuhnya adalah mengambil alih baju ruang angkasa Earthworm Jim yang digunakan untuk menguasai dunia. Rencananya sangatlah kejam dan melibatkan sebuah ekspedisi untuk manguasai duna. Selain memiliki salah satu nama terlucu dalam sejarah video game, Queen Slug for a Butt telah menjadi salah satu penjahat terkejam dan penjahat paling ahli yang pernah ada dalam video game.


9. Giygas – Earthbound
Dikenal sebagai “The Universal Cosmic Destroyer” dan “The Embodiment of Evil,” Gygas dalam reputasinya sendiri terlihat mempunyai acting sebagai penjahat yang sudah terlatih baik. Gygas adalah alien jahat yang bermaksud untuk mengutuk semua kenyataan menjadi kegelapan yang mengerikan. Kita tidak pernah bisa melihat bentuk tubuh aslinya sebagai karakter, namun kita dapat melihatnya dalam background saja. Bentuknya yang tak terlihat membuatnya lebih menakutkan. Gygas membuat setiap musuh yang dilihat selama Earthbond sebagai hewan biasa yang dimiliki Gygas dan menrubahnya menjadi monster. Kekuatan Gygas yang menyebabkan hewan menjadi ganas dan menderita tidak sesuai dengan maksud penjahat sejati. Gygas adalah musuh yang kuat yang tetap tinggal ketika pertarungannya dengan boss terakhir. Disana muncul angka ketika “Paula” harus mulai berdoa dengan tujuan untuk membangunkannya. Serangan sederhana tidak mampu untuk mempercepat pertarungan dan kekuatan emosi harus digunakan untuk mengalahkannya.

8. Lavos – Chrono Trigger
Lavos mungkin menjadi penjahat yang paling seram di alam semesta karena dia adalah terroris di tiap planet yang ia jumpai. Lavos mengembangkan cycle yang ikut mendarat di planet yang ditinggalkan dan mengolahnya serta menyiapkan banyak sekali populasi. Setelah jutaan tahun berlalu, Lavos melahap seluruh planet dan ia hisap semua kehdupan yang ia buat. Setelah ia selesai ia punya telur ikan yang tercipta, yang pindah ke planet lain dan mngulangi proses yang sama. Dengan maksud untuk menghentikan Lavos, Crono dan temannya berada di ruang dan waktu selama Chrono Trigger untuk menghancurkan Lavos. Lavos adalah salah satu penjahat terbesar dalam sejarah video game untuk beberapa alasan, alasan terbesarnya adalah bahwa ia mencoba untuk membasmi seluruh manusia. Tujuan atau rencana Lavos adalah untuk menghancurkan umat manusia sementara ia tidur panjang.


7. Dr. Albert W. Wily – Mega Man Series
Dr. Wily adalah ilmuwan yang jahat yang mencoba untuk menguasai dunia dengan kekuatan pasukan robot. Bukan masalah berapa kali Mega Man menggagalkan usahanya dan mengalahkan bos tertingginya, Dr. Wily akan kembali dalam waktu dekat. Dr. Wily terus menerus membuat inovasi, membuat kreasi khayalan yang belum pernah ada sebelumya dan membuktikan ketrampilannya. Bagaimanapun, berapapun kemajuan yang dilakukan Dr. Wlily, Mega Man langsung melawan dengan cepat. Dr. Wily memiliki penampilan yang menyeramkan dan menjadi ilmuawan peniru yang gila. Dr. Willy memiliki banyak kemampuan lebih untuk menganiaya. Dr. Wily muncul dalam beberapa console dan sering menjadi pemain antagonis utama dalam seri Mega Man. Dr. Wily itu lucu karena dia dapat bertindak dengan meniru-niru, tapi tetap terlihat manakutkan dan menjadi kekuatan diantara penjahat lain.

6. Albert Wesker – Resident Evil Series
Albert Wesker memiliki semua sifat yang dimiliki oleh penjahat terburuk. Bentuk fisik yang besar, manusia super yang kuat dan juga kelincahan seperti penampilannya yang sangat atraktif. Dia bekerja sebagai agen ganda, muncul kembali dan merencanakan rencana jahat terus menerus bahkan berusaha untuk menghancurkan dunia. Albert Wesker merupakan tokoh antagonis yang penampilannya paling banyak diulang dalam seri Resident Evil. Keegoisan Albert Wesker dalam mengumpulkan kekuatan mengantarkannya menjadi orang yang paling meremahkan yang pernah ada. Wesker pernah memalsukan kematiannya dan menerima warisan berupa kekuatan manusia super dalam pencariannya untuk menjadi idola yang orang-orang puja. Peran Wesker yang paling mengesankan akan selalu menjadi ikon Resident Evil. Percobaan untuk meyakinkan kehancuran dari anggota tim lain dengan menarik mereka ke dalam jebakan, Wesker tidak bisa menyembunyikan keanggotaannya dari Umbrella Corporation. Kembalinya di masa depan, Wesker akan menjadi gagah dan ambisius untuk meykinkan bahwa dia adalah penjahat terbaik yang pernah muncul dalam video game.

5. Ganondorf – The Legend of Zelda Series
Ganondorf melanjutkan untuk kembali setelah ia tersegel, mencari-cari untuk menaklukan Hyrule dan menjadi lebih kuat dari seblumnya. Dikenal sebagai “The Prince of Darkness”, dia menghabiskan umurnya untuk mencoba memberikan sihir hitamnya kepada Hyrule. Kemampuannya untuk berubah tak tertandingi. Jelmaan dirinya sendiri adalah Ganon dan bentuk manusianya adalah Ganandorf. Dengan bantuan dari Triforce of Power, perubahannya menjadi monster yang kuat menjadi lebih bervariasi. Ganandorf memberikan rasa yang mengerikan dengan ramalannya dan rencana jahatnya untuk mendominasi dunia itu sangat kejam dan juga licik. Karena rencananya ia lakukan terus menerus dan meskipun selalu digagalkan, Ganandorf menjadi salah satu penjahat dalam video game yang paling bertalenta.

4. Sephiroth – Final Fantasy VII
Penjahat brilian dalam Final Fantasy VII muncul secara menarik dan memiliki kelakuan yang baik tapi menjadi salah satu penjahat yang paling hina dalam sejarah video game. Sephirot memiliki ciri pada rambut silvernya dan pedangnya yang panjang. Secara keseluruhan ia sangat layak menjadi penjahat terbaik sepanjang masa berdasarkan penampilan dan sifatnya. Bagaimanapun, aksi Sephirot sangat tercela yang hanya bisa dilakukan oleh penjahat sejati. Kekuatan besar Sephirot dan keahlian dalam berpedang merupakan percobaan gagal yang membuktikan bahwa Sephirot telah disuntik dengan sel dari Jenova sebagai janin. Secara keseluruhan, Sephiroth merupakan salah satu penjahat yang paling dibenci dan juga salah satu yang paling diingat.

3. Bowser – Super Mario Series
Tidak ada karakter yang berasosiasi dengan video game kejahatan lebih sering dari Bowser, musuh dari Mario. The Koppa King mungkin menjadi penjahat pertama yang anda pikir ketika “video game penjahat” muncul, dan popularitasnya bisa menjadi kedudukan belaka di banyak game yang ia munculi. Game ini termasuk Super Mario Bros series, terbaik dari beberapa game spin-off, dengan jumlah penampilan yang mengesankan. Karakter Bowser adalah gambaran terbaik selama seri RPG seperti Paper Mario dimana kejahatannya sangat terlihat. Penampilan Bowser dalam seri Super Mario Bros sekarang menjadi parodi dengan alur dan cerita kapal Nabi Nuh yang tidak memiliki makna yang berarti. Karena keunikan Bowser, ancaman Godzilla dapat ditumpas dengan sempurna. Bowser memerintah dengan hormat dan ia berhak mendapatkan apa yang sepantasnya ia dapat.

2. The Joker – Batman Arkham Series
Joker memiliki ciri dengan tertawanya dan sikapnya yang memastikan bahwa dia akan selalu menjadi penjahat yang paling diingat dalam sejarah. Selama dalam game Batman Arkham, pengisi suaranya adalah Mark Hamill, yang terkenal dari perannya sebagai Luke Skywalker dalam film Star Wars. Joker dalam karakter dikenal karena dapat mengalahkan sisa dari para pemain, dan selama di Arkham, acting dari Hamill bersaing dalam penghargaan Oscar. Sebagai penjahat dalam video game, acting suaranya yang bagus dan emosionalnya yang lihai menentukan status penjahatnya. Joker sebenarnya menakutkan sehingga ia Joker dapat berada dalam peringkat atas penjahat terbesar.

1. Kefka – Final Fantasy VI
Mengulang karakternya dalam game yang sama akan membuat penjahat lebih baik secara keseluruhan. Bagaimanapun, penjahat terbaik sepanjang masa hanya memiliki satu penampilan dalam video game dan tidak pernah kembali lagi. Penyihir jahat Final Fantasy Kefka adalah penjahat yang paling megerikan yang pernah ada. Kefka sangat menakutkan dan kejam, seperti ketika ia meracuni penampungan air kota tanpa alasan dan melakukan pembunuhan pada makhluk gaib yang dikenal sebagai “Esper”. Pengenalan Kefka selama Final Fantasy VI dengan sengaja disiratkan. Kefka memperkenalkan diri sebagai duta besar yang tak berguna dan tanpa ancaman. Namun kemunculannya kembali membuktikan bahwa ia lebih kejam dari yang terakhir kali ia lakukan seperti membakar kota dan membunuh banyak orang. Kemarahan Kefka yang keterlaluan ditandai dengan percakapannya yang menyakiti hati. Karena dia berhasil membuat orang-orang membencinya, Kefka adalah penjahat terbaik yang pernah ada dalam sejarah video game. 



10 TOKOH JAHAT TERBAIK DALAM VIDEO GAME

Posted at  5:27 AM  |  in    |  Baca lebih lanjut»



10. Queen Slug for a Butt – Earthworm Jim
Hasil voting The Earthworm Jim telah membayar sudah sejarah yang kurang baik selama masa transisi atau peralihannya ke bentuk 3 dimensi. Votingnya sekarang sudah berhenti, namun inilah waktu yang tepat untuk mengingat 2 judul Earthworm Jim yang muncul pada Super Nintendo dan Sega Genesis. Game ini sangat berbeda dari game lain dan game ini sangat lucu. Faktor yang mencolok untuk keunggulan game ini adalah boss terakhirnya: Queen Slug for a Butt. Rencana musuhnya adalah mengambil alih baju ruang angkasa Earthworm Jim yang digunakan untuk menguasai dunia. Rencananya sangatlah kejam dan melibatkan sebuah ekspedisi untuk manguasai duna. Selain memiliki salah satu nama terlucu dalam sejarah video game, Queen Slug for a Butt telah menjadi salah satu penjahat terkejam dan penjahat paling ahli yang pernah ada dalam video game.


9. Giygas – Earthbound
Dikenal sebagai “The Universal Cosmic Destroyer” dan “The Embodiment of Evil,” Gygas dalam reputasinya sendiri terlihat mempunyai acting sebagai penjahat yang sudah terlatih baik. Gygas adalah alien jahat yang bermaksud untuk mengutuk semua kenyataan menjadi kegelapan yang mengerikan. Kita tidak pernah bisa melihat bentuk tubuh aslinya sebagai karakter, namun kita dapat melihatnya dalam background saja. Bentuknya yang tak terlihat membuatnya lebih menakutkan. Gygas membuat setiap musuh yang dilihat selama Earthbond sebagai hewan biasa yang dimiliki Gygas dan menrubahnya menjadi monster. Kekuatan Gygas yang menyebabkan hewan menjadi ganas dan menderita tidak sesuai dengan maksud penjahat sejati. Gygas adalah musuh yang kuat yang tetap tinggal ketika pertarungannya dengan boss terakhir. Disana muncul angka ketika “Paula” harus mulai berdoa dengan tujuan untuk membangunkannya. Serangan sederhana tidak mampu untuk mempercepat pertarungan dan kekuatan emosi harus digunakan untuk mengalahkannya.

8. Lavos – Chrono Trigger
Lavos mungkin menjadi penjahat yang paling seram di alam semesta karena dia adalah terroris di tiap planet yang ia jumpai. Lavos mengembangkan cycle yang ikut mendarat di planet yang ditinggalkan dan mengolahnya serta menyiapkan banyak sekali populasi. Setelah jutaan tahun berlalu, Lavos melahap seluruh planet dan ia hisap semua kehdupan yang ia buat. Setelah ia selesai ia punya telur ikan yang tercipta, yang pindah ke planet lain dan mngulangi proses yang sama. Dengan maksud untuk menghentikan Lavos, Crono dan temannya berada di ruang dan waktu selama Chrono Trigger untuk menghancurkan Lavos. Lavos adalah salah satu penjahat terbesar dalam sejarah video game untuk beberapa alasan, alasan terbesarnya adalah bahwa ia mencoba untuk membasmi seluruh manusia. Tujuan atau rencana Lavos adalah untuk menghancurkan umat manusia sementara ia tidur panjang.


7. Dr. Albert W. Wily – Mega Man Series
Dr. Wily adalah ilmuwan yang jahat yang mencoba untuk menguasai dunia dengan kekuatan pasukan robot. Bukan masalah berapa kali Mega Man menggagalkan usahanya dan mengalahkan bos tertingginya, Dr. Wily akan kembali dalam waktu dekat. Dr. Wily terus menerus membuat inovasi, membuat kreasi khayalan yang belum pernah ada sebelumya dan membuktikan ketrampilannya. Bagaimanapun, berapapun kemajuan yang dilakukan Dr. Wlily, Mega Man langsung melawan dengan cepat. Dr. Wily memiliki penampilan yang menyeramkan dan menjadi ilmuawan peniru yang gila. Dr. Willy memiliki banyak kemampuan lebih untuk menganiaya. Dr. Wily muncul dalam beberapa console dan sering menjadi pemain antagonis utama dalam seri Mega Man. Dr. Wily itu lucu karena dia dapat bertindak dengan meniru-niru, tapi tetap terlihat manakutkan dan menjadi kekuatan diantara penjahat lain.

6. Albert Wesker – Resident Evil Series
Albert Wesker memiliki semua sifat yang dimiliki oleh penjahat terburuk. Bentuk fisik yang besar, manusia super yang kuat dan juga kelincahan seperti penampilannya yang sangat atraktif. Dia bekerja sebagai agen ganda, muncul kembali dan merencanakan rencana jahat terus menerus bahkan berusaha untuk menghancurkan dunia. Albert Wesker merupakan tokoh antagonis yang penampilannya paling banyak diulang dalam seri Resident Evil. Keegoisan Albert Wesker dalam mengumpulkan kekuatan mengantarkannya menjadi orang yang paling meremahkan yang pernah ada. Wesker pernah memalsukan kematiannya dan menerima warisan berupa kekuatan manusia super dalam pencariannya untuk menjadi idola yang orang-orang puja. Peran Wesker yang paling mengesankan akan selalu menjadi ikon Resident Evil. Percobaan untuk meyakinkan kehancuran dari anggota tim lain dengan menarik mereka ke dalam jebakan, Wesker tidak bisa menyembunyikan keanggotaannya dari Umbrella Corporation. Kembalinya di masa depan, Wesker akan menjadi gagah dan ambisius untuk meykinkan bahwa dia adalah penjahat terbaik yang pernah muncul dalam video game.

5. Ganondorf – The Legend of Zelda Series
Ganondorf melanjutkan untuk kembali setelah ia tersegel, mencari-cari untuk menaklukan Hyrule dan menjadi lebih kuat dari seblumnya. Dikenal sebagai “The Prince of Darkness”, dia menghabiskan umurnya untuk mencoba memberikan sihir hitamnya kepada Hyrule. Kemampuannya untuk berubah tak tertandingi. Jelmaan dirinya sendiri adalah Ganon dan bentuk manusianya adalah Ganandorf. Dengan bantuan dari Triforce of Power, perubahannya menjadi monster yang kuat menjadi lebih bervariasi. Ganandorf memberikan rasa yang mengerikan dengan ramalannya dan rencana jahatnya untuk mendominasi dunia itu sangat kejam dan juga licik. Karena rencananya ia lakukan terus menerus dan meskipun selalu digagalkan, Ganandorf menjadi salah satu penjahat dalam video game yang paling bertalenta.

4. Sephiroth – Final Fantasy VII
Penjahat brilian dalam Final Fantasy VII muncul secara menarik dan memiliki kelakuan yang baik tapi menjadi salah satu penjahat yang paling hina dalam sejarah video game. Sephirot memiliki ciri pada rambut silvernya dan pedangnya yang panjang. Secara keseluruhan ia sangat layak menjadi penjahat terbaik sepanjang masa berdasarkan penampilan dan sifatnya. Bagaimanapun, aksi Sephirot sangat tercela yang hanya bisa dilakukan oleh penjahat sejati. Kekuatan besar Sephirot dan keahlian dalam berpedang merupakan percobaan gagal yang membuktikan bahwa Sephirot telah disuntik dengan sel dari Jenova sebagai janin. Secara keseluruhan, Sephiroth merupakan salah satu penjahat yang paling dibenci dan juga salah satu yang paling diingat.

3. Bowser – Super Mario Series
Tidak ada karakter yang berasosiasi dengan video game kejahatan lebih sering dari Bowser, musuh dari Mario. The Koppa King mungkin menjadi penjahat pertama yang anda pikir ketika “video game penjahat” muncul, dan popularitasnya bisa menjadi kedudukan belaka di banyak game yang ia munculi. Game ini termasuk Super Mario Bros series, terbaik dari beberapa game spin-off, dengan jumlah penampilan yang mengesankan. Karakter Bowser adalah gambaran terbaik selama seri RPG seperti Paper Mario dimana kejahatannya sangat terlihat. Penampilan Bowser dalam seri Super Mario Bros sekarang menjadi parodi dengan alur dan cerita kapal Nabi Nuh yang tidak memiliki makna yang berarti. Karena keunikan Bowser, ancaman Godzilla dapat ditumpas dengan sempurna. Bowser memerintah dengan hormat dan ia berhak mendapatkan apa yang sepantasnya ia dapat.

2. The Joker – Batman Arkham Series
Joker memiliki ciri dengan tertawanya dan sikapnya yang memastikan bahwa dia akan selalu menjadi penjahat yang paling diingat dalam sejarah. Selama dalam game Batman Arkham, pengisi suaranya adalah Mark Hamill, yang terkenal dari perannya sebagai Luke Skywalker dalam film Star Wars. Joker dalam karakter dikenal karena dapat mengalahkan sisa dari para pemain, dan selama di Arkham, acting dari Hamill bersaing dalam penghargaan Oscar. Sebagai penjahat dalam video game, acting suaranya yang bagus dan emosionalnya yang lihai menentukan status penjahatnya. Joker sebenarnya menakutkan sehingga ia Joker dapat berada dalam peringkat atas penjahat terbesar.

1. Kefka – Final Fantasy VI
Mengulang karakternya dalam game yang sama akan membuat penjahat lebih baik secara keseluruhan. Bagaimanapun, penjahat terbaik sepanjang masa hanya memiliki satu penampilan dalam video game dan tidak pernah kembali lagi. Penyihir jahat Final Fantasy Kefka adalah penjahat yang paling megerikan yang pernah ada. Kefka sangat menakutkan dan kejam, seperti ketika ia meracuni penampungan air kota tanpa alasan dan melakukan pembunuhan pada makhluk gaib yang dikenal sebagai “Esper”. Pengenalan Kefka selama Final Fantasy VI dengan sengaja disiratkan. Kefka memperkenalkan diri sebagai duta besar yang tak berguna dan tanpa ancaman. Namun kemunculannya kembali membuktikan bahwa ia lebih kejam dari yang terakhir kali ia lakukan seperti membakar kota dan membunuh banyak orang. Kemarahan Kefka yang keterlaluan ditandai dengan percakapannya yang menyakiti hati. Karena dia berhasil membuat orang-orang membencinya, Kefka adalah penjahat terbaik yang pernah ada dalam sejarah video game. 



Saturday, May 10, 2014

Ternyata, aktivitas bermain game tidak hanya menyenangkan. Jika kita cukup jeli dan tekun, kita bisa mengubah hobi bermain video game menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Pasti menyenangkan bukan jika kita bisa mencari uang dengan sesuatu yang sangat kita sukai, seperti bermain game?

Bagaimana caranya? Inilah topik yang akan dibahas secara mendalam di artikel Wikugame berikut. Ingat, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan niat, ketekunan, disiplin, dan strategi yang tepat. Di sini, saya akan mencoba membahas beberapa langkah umumnya, dan di artikel lainnya nanti saya akan menulis tentang langkah-langkah yang lebih mendetail. 



8.  Youtube

Ada tiga cara utama yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah (atau bahkan dollar) dengan memanfaatkan YouTube. Sumber dana utama dalam metode ini adalah iklan (akan dijelaskan lebih lanjut lagi di artikel lain)

a. Mengupload video "let's play" di YouTube

Yang dimaksud dengan video "Let's Play" adalah video di mana anda sedang memainkan game tertentu. Untuk melakukan hal ini cukup mudah, anda hanya memerlukan sebuah akun Youtube, sebuah Software yang bisa merekam seluruh aktivitas di monitor anda saat sebuah game dimainkan, software untuk mengedit video, serta mikrofon (tidak wajib). Semakin menarik dan bermanfaat video Let's Play yang anda sajikan, makin banyak pula orang yang mengunjungi channel anda. Jika anda secara rutin mengupload video yang berkualitas, maka pengunjung tak akan segan-segan melakukan "subscribe" (berlangganan) ke channel anda.

Sudah ada banyak contoh gamer yang sukses menjadi jutawan karena mengupload video-video Let's Play mereka di YouTube. Contoh paling terkenal adalah Felix Kjellberg, seorang pria Swedia kelahiran tahun 1989 yang lebih dikenal dengan nama PewDiePie. Hingga artikel ini dibuat, channel YouTube PewDiePie sudah memiliki lebih dari 26 juta pelanggan dan setiap hari menghasilkan puluhan juta views.

Menurut data dari SocialBlade (sebuah perusahaan yang memonitor channel-channel di YouTube), PewDiePie menghasilkan sekitar $140 juta hingga $1,4 juta (antara 1,4 hingga 14 miyar Rupiah) setiap bulannya. 

Tak hanya itu, ia juga secara rutin diundang mengunjungi berbagai konvensi game di seluruh dunia dengan gratis, bahkan mendapat bayaran.



Pertanyaannya, apa yang membuat PewDiePie begitu sukses? Ada tiga faktor: unik (original), konsisten, dan interaktif. 

Faktor pertama adalah keunikan. Video-video PewDiePie memiliki keunikan tersendiri. Namanya mulai dikenal ketika ia mengupload videonya saat bermain game horror. Reaksi ketakutan PewDiePie yang terlihat lucu dan konyol ternyata sangat disukai oleh viewers, dan dalam waktu singkat ia langsung mendapatkan banyak subscribers. Menyadari kesuksesannya ini, PewDiePie mencoba mempertahankan kesan lucu dan konyol dalam video Let's Play, dan hingga saat ini strategi tersebut ternyata sangat tepat.

Faktor kedua adalah konsistensi. Dari mulai terkenal hingga sekarang, PewDiePie sangat aktif dalam mengupload video. Hampir setiap hari kita bisa menemui satu video baru di channel-nya. Terkadang, ia bahkan mengupload 2 sampai 3 video per hari. Konsistensinya ini membuat pelanggan channelnya terhibur, namanya makin populer, dan mengundang pengunjung baru untuk menyaksikan video-videonya.

Faktor ketiga adalah interaktivitas, di mana anda seolah-olah melibatkan viewers anda di dalam video sehingga ada rasa "memiliki." Di setiap akhir videonya, PewDiePie selalu mengajak pengunjungnya untuk melakukan "brofist" virtual melalui monitor komputer. Tak hanya itu, ia juga selalu memperhatikan komentar, kritik, dan saran dari para pengunjung yang menyaksikan videonya. Jika digabungkan dengan keunikan dan konsistensi, interaktivitas ini bisa menjadi senjata maut anda untuk meraih pundi-pundi dollar dari YouTube.


b. Membuat review tentang game tertentu

Video review (ulasan) adalah video yang memuat tentang pendapat seseorang tentang kualitas sebuah game. Singkatnya, review adalah sebuah penilaian sebuah game ditinjau dari berbagai aspek, mulai dari kualitas gambar, suara, gameplay, tingkat kesulitan, dan lain-lain.

Review perseorangan terkadang lebih dicari daripada review yang dibuat oleh perusahaan besar karena dianggap lebih jujur. Contoh gamer yang sukses meraup jutaan dollar dengan membuat review video game adalah Joe Vargas. Channelnya, AngryJoeShow, sudah memiliki lebih dari 1,4 juta pelanggan.

Kesuksesannya tersebut bahkan membuat channel AngryJoe "dibeli" oleh Walt Disney, dan selain mendapat pemasukan dari iklan, ia juga mendapat royalti dari WaltDisney. Hal ini membuat Joe Vargas berani keluar dari pekerjaan rutinnya dan bekerja sepenuhnya sebagai pembuat review video game. 

Sama seperti PewDiePie, video-video Joe memiliki keunikan, konsistensi, dan interaktivitas yang sangat tinggi.



c. Membuat karya seni yang berhubungan dengan video game

Metode ini bisa berhasil jika anda memiliki bakat seni yang tinggi. Cara yang populer adalah dengan menyanyikan lagu soundtrack sebuah video game dan menguploadnya ke YouTube. Jika orang-orang menyukai hasil karya anda, video anda dengan cepat pasti akan menjadi populer, dan uang pun akan berdatangan dengan sendirinya.

Contoh nyata dari Youtuber jenis ini adalah Malukah, seorang musisi wanita asal Meksiko. Ia menyanyikan cover soundtrack game Skyrim yang sangat populer, membuatnya bahkan diundang secara langsung oleh Bethesda (produser game Skyrim) untuk datang ke markas mereka. Tak hanya itu, Malukah juga beberapa kali diminta mengisi konser live di berbagai negara dalam berbagai acara video game yang bergengsi.


7. Menjual barang-barang virtual di dunia game online

Metode ini mulai populer di Indonesia sejak zaman Ragnarok Online di awal tahun 2000-an. Di sini, anda menjual berbagai barang dalam video game online seperti senjata, armor, gold (uang dalam game), karakter, atau jasa menaikkan level. Barang-barang virtual tersebut ditukar dengan uang Rupiah (atau bisa juga dalam bentuk pulsa) untuk para pembeli yang berminat. Prospeknya juga cukup bagus, dan saya sendiri mengenal seorang gamer yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan menjual berbagai barang maupun karakter di game online.


6. Bisnis rental/ penjualan kaset dan aksesoris game


Kecintaan dan hobi anda pada dunia game bisa mendorong anda untuk melakukan bisnis nyata yang berhubungan dengan hal ini. Menurut Steve Jobs, bisnis yang dilakukan dengan dasar "passion" dan "love" memiliki peluang sukses yang lebih besar dari bisnis yang bertujuan untuk mencari keuntungan finansial semata. Pengalaman anda memainkan game-game tertentu dan kecintaan anda pada dunia ini pastinya bisa menghasilkan sebuah bisnis yang unik dan berbeda. Pastikan untuk menyediakan berbagai service untuk pelanggan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pastikan pula untuk menyediakan stok game-game berkualitas yang langka, yang menurut anda wajib dimainkan oleh gamer lain. Jalin hubungan baik dengan pelanggan dengan bertukar pengalaman anda memainkan game-game tersebut. Update info pelanggan dengan berbagai informasi tentang game-game baru yang sedang hot. Jika ditunjang dengan strategi bisnis yang tepat, metode ini juga bisa menjadi penghasil uang yang luar biasa.


5. Menciptakan video game anda sendiri


Metode ini cukup sulit dan memerlukan kemampuan khusus serta ketelatenan. Intinya, anda di sini harus membuat sebuah game yang cukup menarik, yang mampu mendatangkan sponsor dan investor yang bersedia untuk memberi anda sejumlah uang untuk memproduksi game tersebut. Biasanya, untuk membuat game diperlukan kemampuan bahasa programming, desain, marketing, dan masih banyak lagi. Karena membuat sebuah game bukanlah sebuah pekerjaan yang sederhana, biasanya diperlukan satu tim untuk merampungkannya.

Namun jangan salah, game yang dibuat secara sederhana pun bisa meraih sukses yang luar biasa. Masih ingat sosok Dong Nguyen, seorang anak muda pembuat game Flappy Bird? Flappy Bird adalah game yang sangat sederhana yang bisa dikerjakan oleh satu orang. Namun karena gameplay-nya yang unik dan menarik (ditambah dengan sedikit faktor keberuntungan), permainan tersebut menjadi populer di seluruh dunia.

Menurut data dari Wikipedia, Nguyen mampu menghasilkan sekitar $50,000 (sekitar Rp. 500.000.000,00) PER HARI di puncak popularitas Angry Bird.

Saat ini, sudah banyak aplikasi sederhana yang bisa didownload untuk membuat sebuah game. Tak hanya game sejenis Angry Bird, ada pula aplikasi pembuat game bernama RPG Maker yang cukup sederhana. Ingat, sesederhana apapun sebuah game, anda tetap harus menguasai bahasa pemrograman (setidaknya ActionScript sederhana), desain, dan tentu saja mental baja untuk menyelesaikan game tersebut.

Sebagai referensi, sudah ada banyak video game buatan Indonesia yang beredar di pasar internasional.


4. Menulis e-book/ buku/ majalah tentang video game

Anda bisa mencoba untuk menulis dan menerbitkan buku atau majalah yang berhubungan tentang dunia game. Di dalamnya, anda bisa menulis berbagai hal, mulai dari informasi terbaru, walkthrough, cheat, maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan video game. Di Indonesia sempat ada GameStation dan HotGame yang memimpin industri majalah video game.

Anda bisa juga memanfaatkan teknologi dengan membuat e-book alias buku digital. Intinya, anda tidak perlu mencetak majalah game tersebut, melainkan cukup menjualnya dalam bentuk file. Hal ini lebih mudah dilakukan, di mana anda bisa membuka toko hanya dengan membuat akun eBay atau Amazon dan pembeli bisa melakukan transaksi melalui internet.

Metode ini akan lebih cepat menghasilkan uang jika anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang bagus. Otomatis, jangkauan pasar anda akan jauh lebih luas, tidak terbatas hanya di Indonesia saja.


3. Mengikuti kompetisi game


Hal ini sudah jelas. Anda mengikuti kompetisi game yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya, game yang dipertandingkan adalah game-game populer seperti Starcraft, DotA, Call of Duty, PES, Fifa, dan sebagainya. Hadiahnya bervariasi, antara ratusan ribu rupiah hingga puluhan ribu US dollar, tergantung pihak yang menyelenggarakan acara ini.

Sebuah kompetisi game internasional, seperti "Independent Game Festival" menyediakan hadiah hingga $30,000 (sekitar Rp 300.000.000,00) untuk pemenang pertama. 

Karena potensi yang cukup bagus, baik secara finansial maupun popularitas, beberapa negara seperti Korea Selatan dan Singapura memiliki semacam akademi yang melatih para gamer untuk berkompetisi di dunia internasional. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan game yang anda miliki, tak ada ruginya untuk mencoba mendapatkan uang dengan cara ini.


2. Membuat website video game

Metode ini juga relatif mudah selama anda memiliki kemampuan menulis, sedikit pengetahuan desain website, dan konsistensi. Anda bisa mencoba membuat website tentang video game, yang di dalamnya berisi informasi, walkthrough, cheat, review, atau artikel-artikel lainnya. Website tersebut juga bisa dikombinasikan dengan berbagai video yang diupload melalui YouTube. Contoh website video game yang sukses meraih jutaan dollar antara lain adalah IGN dan GameSpot.

Satu hal yang perlu diperhatikan, agar sebuah website bisa sukses, diperlukan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus. Anda setidaknya memerlukan 200 artikel dan 10.000 pengunjung perhari untuk bisa menghasilkan uang yang signifikan setiap bulannya. Perlu diperhatikan juga, artikel-artikel dalam website tersebut juga harus original dan berkualitas, tidak bisa hanya sekedar copy-paste dari website lain karena hal itu akan berpengaruh buruk terhadap ranking web anda di Google. Selain memiliki kemampuan untuk menulis artikel dan mendesain website, pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization) juga akan sangat membantu dalam bisnis jenis ini.


1. Menggunakan hobi bermain video game sebagai suatu motivasi untuk mempelajari hal baru

Brian Wong, seorang pecandu game sekaligus pendiri perusahaan
bernilai jutaan dollar.

Brian Wong, seorang pemuda kelahiran tahun 1991 yang merupakan co-founder Kiip adalah seorang maniak video game. Saat berusia 19 tahun, ia sudah menghasilkan jutaan dollar dari Kiip, sebuah aplikasi mobile yang berhubungan dengan dunia game. Dalam film dokumenter yang berjudul "The Start Up Kids,"

Wong mengaku bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam sehari untuk bermain Counter Strike. Ia bahkan menduduki ranking satu di beberapa server internasional Counter Strike. 

Kegilaannya terhadap dunia game tersebut ternyata membuatnya ingin menciptakan game-nya sendiri. Wong-pun mempelajari programming dan desain, pembuatan website, dan hal-hal yang erat kaitannya dengan teknologi. Mimpinya tersebut menghasilkan sebuah perusahaan bernama Kiip, yang membuatnya menjadi salah satu jutawan termuda di dunia.

Dari cerita Brian Wong ini, kita bisa mempelajari bahwa video game bisa menjadi sesuatu yang memotivasi kita untuk menciptakan karya yang lebih nyata. Seperti kasus Brian Wong, jangan hanya puas jika sudah bisa menyelesaikan sebuah game, atau memecahkan rekor tertentu. Jadikanlah hobi anda untuk bermain game sebagai pendorong untuk membuat sesuatu yang lebih besar. Tak perlu berlebihan, anda bisa menggunakan video game sebagai motivasi untuk lebih rajin belajar, lebih rajin menulis, dan menjadi individu yang lebih berkualitas. Jadikanlah momen-momen bermain video game sebagai suatu "hadiah" untuk diri anda ketika anda berhasil menyelesaikan suatu tugas.

Nah, itu tadi berbagai tips dari Wikugame untuk mendapat uang melalui video game. Nantikan juga artikel selanjutnya yang masih berhubungan dengan topik ini, tentang "Sumber-sumber dana untuk mencari uang dari video game" dan "Berbagai keterampilan yang bisa membantu anda untuk mencari uang dari video game." All the best!

SUMBER: "Tips Rahasia Menghasilkan Milyaran Rupiah dari Video Game"

8 Cara Mendapat (Banyak) Uang Lewat Video Game

Posted at  7:48 AM  |  in  Tips dan Trik  |  Baca lebih lanjut»

Ternyata, aktivitas bermain game tidak hanya menyenangkan. Jika kita cukup jeli dan tekun, kita bisa mengubah hobi bermain video game menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Pasti menyenangkan bukan jika kita bisa mencari uang dengan sesuatu yang sangat kita sukai, seperti bermain game?

Bagaimana caranya? Inilah topik yang akan dibahas secara mendalam di artikel Wikugame berikut. Ingat, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan niat, ketekunan, disiplin, dan strategi yang tepat. Di sini, saya akan mencoba membahas beberapa langkah umumnya, dan di artikel lainnya nanti saya akan menulis tentang langkah-langkah yang lebih mendetail. 



8.  Youtube

Ada tiga cara utama yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah (atau bahkan dollar) dengan memanfaatkan YouTube. Sumber dana utama dalam metode ini adalah iklan (akan dijelaskan lebih lanjut lagi di artikel lain)

a. Mengupload video "let's play" di YouTube

Yang dimaksud dengan video "Let's Play" adalah video di mana anda sedang memainkan game tertentu. Untuk melakukan hal ini cukup mudah, anda hanya memerlukan sebuah akun Youtube, sebuah Software yang bisa merekam seluruh aktivitas di monitor anda saat sebuah game dimainkan, software untuk mengedit video, serta mikrofon (tidak wajib). Semakin menarik dan bermanfaat video Let's Play yang anda sajikan, makin banyak pula orang yang mengunjungi channel anda. Jika anda secara rutin mengupload video yang berkualitas, maka pengunjung tak akan segan-segan melakukan "subscribe" (berlangganan) ke channel anda.

Sudah ada banyak contoh gamer yang sukses menjadi jutawan karena mengupload video-video Let's Play mereka di YouTube. Contoh paling terkenal adalah Felix Kjellberg, seorang pria Swedia kelahiran tahun 1989 yang lebih dikenal dengan nama PewDiePie. Hingga artikel ini dibuat, channel YouTube PewDiePie sudah memiliki lebih dari 26 juta pelanggan dan setiap hari menghasilkan puluhan juta views.

Menurut data dari SocialBlade (sebuah perusahaan yang memonitor channel-channel di YouTube), PewDiePie menghasilkan sekitar $140 juta hingga $1,4 juta (antara 1,4 hingga 14 miyar Rupiah) setiap bulannya. 

Tak hanya itu, ia juga secara rutin diundang mengunjungi berbagai konvensi game di seluruh dunia dengan gratis, bahkan mendapat bayaran.



Pertanyaannya, apa yang membuat PewDiePie begitu sukses? Ada tiga faktor: unik (original), konsisten, dan interaktif. 

Faktor pertama adalah keunikan. Video-video PewDiePie memiliki keunikan tersendiri. Namanya mulai dikenal ketika ia mengupload videonya saat bermain game horror. Reaksi ketakutan PewDiePie yang terlihat lucu dan konyol ternyata sangat disukai oleh viewers, dan dalam waktu singkat ia langsung mendapatkan banyak subscribers. Menyadari kesuksesannya ini, PewDiePie mencoba mempertahankan kesan lucu dan konyol dalam video Let's Play, dan hingga saat ini strategi tersebut ternyata sangat tepat.

Faktor kedua adalah konsistensi. Dari mulai terkenal hingga sekarang, PewDiePie sangat aktif dalam mengupload video. Hampir setiap hari kita bisa menemui satu video baru di channel-nya. Terkadang, ia bahkan mengupload 2 sampai 3 video per hari. Konsistensinya ini membuat pelanggan channelnya terhibur, namanya makin populer, dan mengundang pengunjung baru untuk menyaksikan video-videonya.

Faktor ketiga adalah interaktivitas, di mana anda seolah-olah melibatkan viewers anda di dalam video sehingga ada rasa "memiliki." Di setiap akhir videonya, PewDiePie selalu mengajak pengunjungnya untuk melakukan "brofist" virtual melalui monitor komputer. Tak hanya itu, ia juga selalu memperhatikan komentar, kritik, dan saran dari para pengunjung yang menyaksikan videonya. Jika digabungkan dengan keunikan dan konsistensi, interaktivitas ini bisa menjadi senjata maut anda untuk meraih pundi-pundi dollar dari YouTube.


b. Membuat review tentang game tertentu

Video review (ulasan) adalah video yang memuat tentang pendapat seseorang tentang kualitas sebuah game. Singkatnya, review adalah sebuah penilaian sebuah game ditinjau dari berbagai aspek, mulai dari kualitas gambar, suara, gameplay, tingkat kesulitan, dan lain-lain.

Review perseorangan terkadang lebih dicari daripada review yang dibuat oleh perusahaan besar karena dianggap lebih jujur. Contoh gamer yang sukses meraup jutaan dollar dengan membuat review video game adalah Joe Vargas. Channelnya, AngryJoeShow, sudah memiliki lebih dari 1,4 juta pelanggan.

Kesuksesannya tersebut bahkan membuat channel AngryJoe "dibeli" oleh Walt Disney, dan selain mendapat pemasukan dari iklan, ia juga mendapat royalti dari WaltDisney. Hal ini membuat Joe Vargas berani keluar dari pekerjaan rutinnya dan bekerja sepenuhnya sebagai pembuat review video game. 

Sama seperti PewDiePie, video-video Joe memiliki keunikan, konsistensi, dan interaktivitas yang sangat tinggi.



c. Membuat karya seni yang berhubungan dengan video game

Metode ini bisa berhasil jika anda memiliki bakat seni yang tinggi. Cara yang populer adalah dengan menyanyikan lagu soundtrack sebuah video game dan menguploadnya ke YouTube. Jika orang-orang menyukai hasil karya anda, video anda dengan cepat pasti akan menjadi populer, dan uang pun akan berdatangan dengan sendirinya.

Contoh nyata dari Youtuber jenis ini adalah Malukah, seorang musisi wanita asal Meksiko. Ia menyanyikan cover soundtrack game Skyrim yang sangat populer, membuatnya bahkan diundang secara langsung oleh Bethesda (produser game Skyrim) untuk datang ke markas mereka. Tak hanya itu, Malukah juga beberapa kali diminta mengisi konser live di berbagai negara dalam berbagai acara video game yang bergengsi.


7. Menjual barang-barang virtual di dunia game online

Metode ini mulai populer di Indonesia sejak zaman Ragnarok Online di awal tahun 2000-an. Di sini, anda menjual berbagai barang dalam video game online seperti senjata, armor, gold (uang dalam game), karakter, atau jasa menaikkan level. Barang-barang virtual tersebut ditukar dengan uang Rupiah (atau bisa juga dalam bentuk pulsa) untuk para pembeli yang berminat. Prospeknya juga cukup bagus, dan saya sendiri mengenal seorang gamer yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan menjual berbagai barang maupun karakter di game online.


6. Bisnis rental/ penjualan kaset dan aksesoris game


Kecintaan dan hobi anda pada dunia game bisa mendorong anda untuk melakukan bisnis nyata yang berhubungan dengan hal ini. Menurut Steve Jobs, bisnis yang dilakukan dengan dasar "passion" dan "love" memiliki peluang sukses yang lebih besar dari bisnis yang bertujuan untuk mencari keuntungan finansial semata. Pengalaman anda memainkan game-game tertentu dan kecintaan anda pada dunia ini pastinya bisa menghasilkan sebuah bisnis yang unik dan berbeda. Pastikan untuk menyediakan berbagai service untuk pelanggan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pastikan pula untuk menyediakan stok game-game berkualitas yang langka, yang menurut anda wajib dimainkan oleh gamer lain. Jalin hubungan baik dengan pelanggan dengan bertukar pengalaman anda memainkan game-game tersebut. Update info pelanggan dengan berbagai informasi tentang game-game baru yang sedang hot. Jika ditunjang dengan strategi bisnis yang tepat, metode ini juga bisa menjadi penghasil uang yang luar biasa.


5. Menciptakan video game anda sendiri


Metode ini cukup sulit dan memerlukan kemampuan khusus serta ketelatenan. Intinya, anda di sini harus membuat sebuah game yang cukup menarik, yang mampu mendatangkan sponsor dan investor yang bersedia untuk memberi anda sejumlah uang untuk memproduksi game tersebut. Biasanya, untuk membuat game diperlukan kemampuan bahasa programming, desain, marketing, dan masih banyak lagi. Karena membuat sebuah game bukanlah sebuah pekerjaan yang sederhana, biasanya diperlukan satu tim untuk merampungkannya.

Namun jangan salah, game yang dibuat secara sederhana pun bisa meraih sukses yang luar biasa. Masih ingat sosok Dong Nguyen, seorang anak muda pembuat game Flappy Bird? Flappy Bird adalah game yang sangat sederhana yang bisa dikerjakan oleh satu orang. Namun karena gameplay-nya yang unik dan menarik (ditambah dengan sedikit faktor keberuntungan), permainan tersebut menjadi populer di seluruh dunia.

Menurut data dari Wikipedia, Nguyen mampu menghasilkan sekitar $50,000 (sekitar Rp. 500.000.000,00) PER HARI di puncak popularitas Angry Bird.

Saat ini, sudah banyak aplikasi sederhana yang bisa didownload untuk membuat sebuah game. Tak hanya game sejenis Angry Bird, ada pula aplikasi pembuat game bernama RPG Maker yang cukup sederhana. Ingat, sesederhana apapun sebuah game, anda tetap harus menguasai bahasa pemrograman (setidaknya ActionScript sederhana), desain, dan tentu saja mental baja untuk menyelesaikan game tersebut.

Sebagai referensi, sudah ada banyak video game buatan Indonesia yang beredar di pasar internasional.


4. Menulis e-book/ buku/ majalah tentang video game

Anda bisa mencoba untuk menulis dan menerbitkan buku atau majalah yang berhubungan tentang dunia game. Di dalamnya, anda bisa menulis berbagai hal, mulai dari informasi terbaru, walkthrough, cheat, maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan video game. Di Indonesia sempat ada GameStation dan HotGame yang memimpin industri majalah video game.

Anda bisa juga memanfaatkan teknologi dengan membuat e-book alias buku digital. Intinya, anda tidak perlu mencetak majalah game tersebut, melainkan cukup menjualnya dalam bentuk file. Hal ini lebih mudah dilakukan, di mana anda bisa membuka toko hanya dengan membuat akun eBay atau Amazon dan pembeli bisa melakukan transaksi melalui internet.

Metode ini akan lebih cepat menghasilkan uang jika anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang bagus. Otomatis, jangkauan pasar anda akan jauh lebih luas, tidak terbatas hanya di Indonesia saja.


3. Mengikuti kompetisi game


Hal ini sudah jelas. Anda mengikuti kompetisi game yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya, game yang dipertandingkan adalah game-game populer seperti Starcraft, DotA, Call of Duty, PES, Fifa, dan sebagainya. Hadiahnya bervariasi, antara ratusan ribu rupiah hingga puluhan ribu US dollar, tergantung pihak yang menyelenggarakan acara ini.

Sebuah kompetisi game internasional, seperti "Independent Game Festival" menyediakan hadiah hingga $30,000 (sekitar Rp 300.000.000,00) untuk pemenang pertama. 

Karena potensi yang cukup bagus, baik secara finansial maupun popularitas, beberapa negara seperti Korea Selatan dan Singapura memiliki semacam akademi yang melatih para gamer untuk berkompetisi di dunia internasional. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan game yang anda miliki, tak ada ruginya untuk mencoba mendapatkan uang dengan cara ini.


2. Membuat website video game

Metode ini juga relatif mudah selama anda memiliki kemampuan menulis, sedikit pengetahuan desain website, dan konsistensi. Anda bisa mencoba membuat website tentang video game, yang di dalamnya berisi informasi, walkthrough, cheat, review, atau artikel-artikel lainnya. Website tersebut juga bisa dikombinasikan dengan berbagai video yang diupload melalui YouTube. Contoh website video game yang sukses meraih jutaan dollar antara lain adalah IGN dan GameSpot.

Satu hal yang perlu diperhatikan, agar sebuah website bisa sukses, diperlukan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus. Anda setidaknya memerlukan 200 artikel dan 10.000 pengunjung perhari untuk bisa menghasilkan uang yang signifikan setiap bulannya. Perlu diperhatikan juga, artikel-artikel dalam website tersebut juga harus original dan berkualitas, tidak bisa hanya sekedar copy-paste dari website lain karena hal itu akan berpengaruh buruk terhadap ranking web anda di Google. Selain memiliki kemampuan untuk menulis artikel dan mendesain website, pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization) juga akan sangat membantu dalam bisnis jenis ini.


1. Menggunakan hobi bermain video game sebagai suatu motivasi untuk mempelajari hal baru

Brian Wong, seorang pecandu game sekaligus pendiri perusahaan
bernilai jutaan dollar.

Brian Wong, seorang pemuda kelahiran tahun 1991 yang merupakan co-founder Kiip adalah seorang maniak video game. Saat berusia 19 tahun, ia sudah menghasilkan jutaan dollar dari Kiip, sebuah aplikasi mobile yang berhubungan dengan dunia game. Dalam film dokumenter yang berjudul "The Start Up Kids,"

Wong mengaku bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam sehari untuk bermain Counter Strike. Ia bahkan menduduki ranking satu di beberapa server internasional Counter Strike. 

Kegilaannya terhadap dunia game tersebut ternyata membuatnya ingin menciptakan game-nya sendiri. Wong-pun mempelajari programming dan desain, pembuatan website, dan hal-hal yang erat kaitannya dengan teknologi. Mimpinya tersebut menghasilkan sebuah perusahaan bernama Kiip, yang membuatnya menjadi salah satu jutawan termuda di dunia.

Dari cerita Brian Wong ini, kita bisa mempelajari bahwa video game bisa menjadi sesuatu yang memotivasi kita untuk menciptakan karya yang lebih nyata. Seperti kasus Brian Wong, jangan hanya puas jika sudah bisa menyelesaikan sebuah game, atau memecahkan rekor tertentu. Jadikanlah hobi anda untuk bermain game sebagai pendorong untuk membuat sesuatu yang lebih besar. Tak perlu berlebihan, anda bisa menggunakan video game sebagai motivasi untuk lebih rajin belajar, lebih rajin menulis, dan menjadi individu yang lebih berkualitas. Jadikanlah momen-momen bermain video game sebagai suatu "hadiah" untuk diri anda ketika anda berhasil menyelesaikan suatu tugas.

Nah, itu tadi berbagai tips dari Wikugame untuk mendapat uang melalui video game. Nantikan juga artikel selanjutnya yang masih berhubungan dengan topik ini, tentang "Sumber-sumber dana untuk mencari uang dari video game" dan "Berbagai keterampilan yang bisa membantu anda untuk mencari uang dari video game." All the best!

SUMBER: "Tips Rahasia Menghasilkan Milyaran Rupiah dari Video Game"

Sunday, March 16, 2014

Masih ingatkah anda saat pertama kali bermain video game? Anda cukup beruntung jika masih bisa mengingat hal tersebut. Terus terang, saya sendiri tak bisa mengingat dengan jelas video game pertama yang saya mainkan. Nah, di artikel ini, saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman saya di dunia game, mulai dari game pertama yang saya mainkan, game pertama yang saya beli, game paling mengharukan, hingga akhirnya memutuskan untuk aktif menulis blog tentang game.

Saya harap, artikel dari saya ini mampu membuat anda mengenang masa-masa indah bersama video game favorit. Pastikan juga untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini jika anda ingin berbagi tentang kisah sejenis.

Video game yang pertama kali saya beli



Game pertama yang saya beli adalah sebuah "gamewatch" peperangan yang mengandalkan dua batu baterai A4 sebagai sumber energi. Game ini saya beli di pertengahan tahun 1990-an, saat saya baru saja masuk SD. Permainan ini memiliki genre tower defense, di mana anda harus menembak tentara musuh sebelum mereka mencapai benteng. Di sini, pemain hanya mengendalikan satu orang tokoh yang menyerupai sosok Rambo. Setiap kali menembak satu musuh, pemain akan mendapatkan satu poin. Setiap seratus poin, pemain akan naik ke level selanjutnya. Makin tinggi level, makin cepat pula pergerakan tentara lawan menuju benteng pemain. Skor maksimal yang bisa didapatkan adalah 999, dan jika melebihi skor ini, maka pemain akan secara otomatis mengulang lagi ke level satu, dari skor 000.


Game pertama yang saya selesaikan

Setelah membeli game watch peperangan tersebut, saya mulai jatuh cinta pada dunia video game. Walaupun begitu, saat itu saya masih menganggap video game hanya sekedar hiburan. Saya menikmati saat-saat numpang bermain Nintendo di rumah saudara atau keluarga, namun tidak pernah memiliki keinginan untuk memiliki Nintendo karena saya merasa game-game di dalamnya hanya sekedar permainan ketangkasan tangan.

Saya benar-benar tertarik pada dunia game ketika duduk di kelas 5 atau 6 SD, saat di mana PlayStation sedang sangat populer. Game-game yang tersedia untuk konsol PlayStation benar-benar digarap dengan sangat detail dan bagus. Tak hanya sekedar mengutamakan keasyikan, namun ada pula elemen-elemen seni yang disisipkan di dalamnya. Desain karakter, jalan cerita, musik, penggalan-penggalan film tiga dimensi; semua hal itu membuat game-game di PlayStation seolah-olah menjadi sebuah dunia tersendiri yang sangat asyik untuk dijelajahi.



Game "serius" pertama yang saya selesaikan adalah Final Fantasy IX. Saya merasa permainan ini akan terus membekas dalam kenangan. Saya masih ingat kekaguman saat melihat FMV video yang begitu realistis dan musik di main menu yang sangat sejuk di telinga. Saat memainkannya, saya juga merasa benar-benar masuk ke dalam diri sang karakter utama dan tidak hanya sekedar mengendalikannya dengan sebuah joystick. Dengan pengetahuan bahasa Inggris yang masih pas-pasan dan keterbatasan informasi (saat itu, saya belum mengenal istilah cheat dan walkthrough yang bisa dengan mudah ditemukan di internet), saya berhasil menamatkan Final Fantasy IX dalam waktu kurang lebih 60 jam. Saya menghabiskan seluruh masa-masa liburan sekolah untuk memainkan game ini, berkali-kali mengalami frustrasi karena tidak bisa mengalahkan boss atau memecahkan puzzle, namun sama sekali tidak bisa berhenti untuk memainkannya. Saking semangatnya, saya bahkan sering bangun jam tiga pagi, menyelinap diam-diam saat orangtua saya masih tidur, dan mencoba menamatkan Final Fantasy IX. Momen ketika akhirnya saya berhasil mengalahkan boss terakhir dan mendengarkan lagu "Melodies of Life" yang diputar di credit screen membuat saya merasa benar-benar puas sekaligus terharu.

Sejak menyelesaikan Final Fantasy IX ini, saya mulai sadar bahwa video game adalah sebuah ciptaan manusia yang luar biasa. Produk ini layak disejajarkan dengan karya-karya lain yang dianggap sebagai sebuah seni, seperti film dan musik. Video game bukan hanya sekedar sarana hiburan, namun juga merupakan hasil budaya yang harus diapresiasi dan tidak sekedar dijadikan kambing hitam perilaku negatif sehari-hari.

Setelah momen yang dramatis bersama Final Fantasy IX, saya juga kembali menemukan momen-momen yang berkesan dalam beberapa game lainnya. Saya masih ingat jelas bagian pembuka dari game Harvest Moon: Back to Nature, di mana sang tokoh utama melakukan flashback saat ia bertemu dengan seorang gadis desa dan bernyanyi  bersama di atas bukit. Setelah menyelesaikan game ini, kita bisa mengetahui bahwa ternyata gadis tersebut tak lain adalah istri yang dinikahi sang tokoh utama. Momen ini juga membuat saya merasa sangat tersentuh.


Saya juga sangat terharu ketika memainkan dua game RPG, Suikoden 2 dan Legend of Mana. Saya menamatkan kedua game ini lebih dari lima kali. Suikoden 2 memukau saya dengan banyaknya karakter yang bisa direkrut dan kemampuan untuk mengembangkan kastil anda. Selain itu, desain karakter dan jalan ceritanya benar-benar luar biasa. Video game ini membuka mata saya bahwa kualitas gameplay bisa dikesampingkan apabila sebuah game memiliki jalan cerita yang benar-benar bagus. 

Bagi saya, Legend of Mana lebih dari sekedar game. Walaupun banyak yang memberikan kritik tentang gameplay yang terkesan kurang bagus, saya merasa setiap elemen di game ini benar-benar sempurna. Anda bisa menentukan sendiri jalan cerita yang akan diambil, membangun dunia anda, dan memainkan puluhan mini game yang mengasyikkan, mulai dari berkebun, membuat senjata, hingga merawat monster. Momen-momen dalam skenario utama juga sangat mengharukan, dan saya masih ingat saya benar-benar meneteskan air mata saat mengetahui akhir cerita dari game ini yang begitu indah.

Setelah Final Fantasy IX, Legend of Mana, dan Suikoden 2; saya mulai menjadi lebih dari sekedar gamer. Saya mencoba menulis artikel dan aktif berpartisipasi di berbagai forum game internasional. Aktivitas ini terus berlangsung hingga akhir tahun 2013 lalu, di mana saya pada akhirnya memutuskan untuk merilis blog Wikugame. 



Dalam proses pembuatan game ini, saya benar-benar terinspirasi oleh dua game: Bioshock Infinite dan The Walking Dead (versi Telltale). Kedua game ini benar-benar mengharukan dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Saya memainkan kedua game tersebut berulang-ulang, hingga akhirnya memutuskan untuk merilis Wikugame sebagai media yang saya harapkan mampu memberikan persepsi baru tentang video game di Indonesia.

Nah, itu tadi adalah cerita dan pengalaman saya. Bagaimana dengan anda?

Video Game Paling Berkesan dan Mengharukan | Pengalaman Pribadi

Posted at  3:50 AM  |  in  Serba-Serbi  |  Baca lebih lanjut»

Masih ingatkah anda saat pertama kali bermain video game? Anda cukup beruntung jika masih bisa mengingat hal tersebut. Terus terang, saya sendiri tak bisa mengingat dengan jelas video game pertama yang saya mainkan. Nah, di artikel ini, saya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman saya di dunia game, mulai dari game pertama yang saya mainkan, game pertama yang saya beli, game paling mengharukan, hingga akhirnya memutuskan untuk aktif menulis blog tentang game.

Saya harap, artikel dari saya ini mampu membuat anda mengenang masa-masa indah bersama video game favorit. Pastikan juga untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini jika anda ingin berbagi tentang kisah sejenis.

Video game yang pertama kali saya beli



Game pertama yang saya beli adalah sebuah "gamewatch" peperangan yang mengandalkan dua batu baterai A4 sebagai sumber energi. Game ini saya beli di pertengahan tahun 1990-an, saat saya baru saja masuk SD. Permainan ini memiliki genre tower defense, di mana anda harus menembak tentara musuh sebelum mereka mencapai benteng. Di sini, pemain hanya mengendalikan satu orang tokoh yang menyerupai sosok Rambo. Setiap kali menembak satu musuh, pemain akan mendapatkan satu poin. Setiap seratus poin, pemain akan naik ke level selanjutnya. Makin tinggi level, makin cepat pula pergerakan tentara lawan menuju benteng pemain. Skor maksimal yang bisa didapatkan adalah 999, dan jika melebihi skor ini, maka pemain akan secara otomatis mengulang lagi ke level satu, dari skor 000.


Game pertama yang saya selesaikan

Setelah membeli game watch peperangan tersebut, saya mulai jatuh cinta pada dunia video game. Walaupun begitu, saat itu saya masih menganggap video game hanya sekedar hiburan. Saya menikmati saat-saat numpang bermain Nintendo di rumah saudara atau keluarga, namun tidak pernah memiliki keinginan untuk memiliki Nintendo karena saya merasa game-game di dalamnya hanya sekedar permainan ketangkasan tangan.

Saya benar-benar tertarik pada dunia game ketika duduk di kelas 5 atau 6 SD, saat di mana PlayStation sedang sangat populer. Game-game yang tersedia untuk konsol PlayStation benar-benar digarap dengan sangat detail dan bagus. Tak hanya sekedar mengutamakan keasyikan, namun ada pula elemen-elemen seni yang disisipkan di dalamnya. Desain karakter, jalan cerita, musik, penggalan-penggalan film tiga dimensi; semua hal itu membuat game-game di PlayStation seolah-olah menjadi sebuah dunia tersendiri yang sangat asyik untuk dijelajahi.



Game "serius" pertama yang saya selesaikan adalah Final Fantasy IX. Saya merasa permainan ini akan terus membekas dalam kenangan. Saya masih ingat kekaguman saat melihat FMV video yang begitu realistis dan musik di main menu yang sangat sejuk di telinga. Saat memainkannya, saya juga merasa benar-benar masuk ke dalam diri sang karakter utama dan tidak hanya sekedar mengendalikannya dengan sebuah joystick. Dengan pengetahuan bahasa Inggris yang masih pas-pasan dan keterbatasan informasi (saat itu, saya belum mengenal istilah cheat dan walkthrough yang bisa dengan mudah ditemukan di internet), saya berhasil menamatkan Final Fantasy IX dalam waktu kurang lebih 60 jam. Saya menghabiskan seluruh masa-masa liburan sekolah untuk memainkan game ini, berkali-kali mengalami frustrasi karena tidak bisa mengalahkan boss atau memecahkan puzzle, namun sama sekali tidak bisa berhenti untuk memainkannya. Saking semangatnya, saya bahkan sering bangun jam tiga pagi, menyelinap diam-diam saat orangtua saya masih tidur, dan mencoba menamatkan Final Fantasy IX. Momen ketika akhirnya saya berhasil mengalahkan boss terakhir dan mendengarkan lagu "Melodies of Life" yang diputar di credit screen membuat saya merasa benar-benar puas sekaligus terharu.

Sejak menyelesaikan Final Fantasy IX ini, saya mulai sadar bahwa video game adalah sebuah ciptaan manusia yang luar biasa. Produk ini layak disejajarkan dengan karya-karya lain yang dianggap sebagai sebuah seni, seperti film dan musik. Video game bukan hanya sekedar sarana hiburan, namun juga merupakan hasil budaya yang harus diapresiasi dan tidak sekedar dijadikan kambing hitam perilaku negatif sehari-hari.

Setelah momen yang dramatis bersama Final Fantasy IX, saya juga kembali menemukan momen-momen yang berkesan dalam beberapa game lainnya. Saya masih ingat jelas bagian pembuka dari game Harvest Moon: Back to Nature, di mana sang tokoh utama melakukan flashback saat ia bertemu dengan seorang gadis desa dan bernyanyi  bersama di atas bukit. Setelah menyelesaikan game ini, kita bisa mengetahui bahwa ternyata gadis tersebut tak lain adalah istri yang dinikahi sang tokoh utama. Momen ini juga membuat saya merasa sangat tersentuh.


Saya juga sangat terharu ketika memainkan dua game RPG, Suikoden 2 dan Legend of Mana. Saya menamatkan kedua game ini lebih dari lima kali. Suikoden 2 memukau saya dengan banyaknya karakter yang bisa direkrut dan kemampuan untuk mengembangkan kastil anda. Selain itu, desain karakter dan jalan ceritanya benar-benar luar biasa. Video game ini membuka mata saya bahwa kualitas gameplay bisa dikesampingkan apabila sebuah game memiliki jalan cerita yang benar-benar bagus. 

Bagi saya, Legend of Mana lebih dari sekedar game. Walaupun banyak yang memberikan kritik tentang gameplay yang terkesan kurang bagus, saya merasa setiap elemen di game ini benar-benar sempurna. Anda bisa menentukan sendiri jalan cerita yang akan diambil, membangun dunia anda, dan memainkan puluhan mini game yang mengasyikkan, mulai dari berkebun, membuat senjata, hingga merawat monster. Momen-momen dalam skenario utama juga sangat mengharukan, dan saya masih ingat saya benar-benar meneteskan air mata saat mengetahui akhir cerita dari game ini yang begitu indah.

Setelah Final Fantasy IX, Legend of Mana, dan Suikoden 2; saya mulai menjadi lebih dari sekedar gamer. Saya mencoba menulis artikel dan aktif berpartisipasi di berbagai forum game internasional. Aktivitas ini terus berlangsung hingga akhir tahun 2013 lalu, di mana saya pada akhirnya memutuskan untuk merilis blog Wikugame. 



Dalam proses pembuatan game ini, saya benar-benar terinspirasi oleh dua game: Bioshock Infinite dan The Walking Dead (versi Telltale). Kedua game ini benar-benar mengharukan dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Saya memainkan kedua game tersebut berulang-ulang, hingga akhirnya memutuskan untuk merilis Wikugame sebagai media yang saya harapkan mampu memberikan persepsi baru tentang video game di Indonesia.

Nah, itu tadi adalah cerita dan pengalaman saya. Bagaimana dengan anda?

Monday, February 10, 2014

Bermain video game memang sebuah aktivitas yang menyenangkan. Namun jangan salah, hal ini bisa berubah menjadi suatu aktivitas yang mengesalkan karena beberapa alasan. Nah, alasan-alasan yang membuat aktivitas bermain game berubah menjadi suatu hal yang mengesalkan adalah topik utama yang akan kita bahas dalam artikel Wikugame kali ini.

Setelah kita mengetahui hal-hal menjengkelkan tersebut, ada baiknya kita menghindari memainkan game yang justru membuat kita makin kesal. Ingat, bermain video game seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan hati, bukan membuat frustrasi dan marah-marah. Langsung saja, berikut daftarnya:


10. Waktu loading yang lama


Ada beberapa game yang sangat bagus, namun memiliki waktu loading yang sangat lama. Setiap kali berpindah area, pemain harus menunggu selama beberapa saat sebelum bisa melanjutkan permainan. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa-bisa waktu bermain kita habis hanya untuk menunggu loading screen. Akibatnya, keasyikan dalam bermain game pun bisa berkurang dengan drastis. Salah satu game bagus yang memiliki waktu loading lama adalah Dead Rising 3, yang bisa membuat anda menunggu selama hampir semenit jika anda melakukan load checkpoint (secara manual atau karena karakter anda mati) di tengah-tengah permainan.


9. Server maintenance


Pernahkah anda sedang merasa sangat semangat memainkan suatu game online, namun harus mengalami kekecewaan berat karena server game tersebut sedang maintenance? Ya, maintenance secara rutin memang diperlukan untuk menjaga game online tetap bebas dari glitch, bug, dan hack. Namun jika server maintenance dilakukan terlalu sering, bisa-bisa game tersebut ditinggalkan pelanggan setianya.


8. Lag/ Server error

Satu lagi masalah yang sering melanda sebuah game online. Yang pertama adalah masalah "lag," di mana gerakan karakter anda dalam sebuah game online menjadi tersendat-sendat atau terpatah-patah. Hal ini bisa sangat menyebalkan dan berakibat fatal, terutama jika memainkan game-game FPS seperti Call of Duty atau Counter Strike. Saat mengalami lag, karakter anda bisa menjadi target empuk tembakan tim lawan.

Server error adalah fenomena yang lebih parah dari lag. Di sini, anda tiba-tiba akan dipaksa keluar dari permainan, atau bahkan sama sekali tidak bisa masuk ke dalam game. Kasus lag dan server error bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah kesalahan dari pihak server yang tidak mampu menampung terlalu banyak pemain dalam satu waktu, yang kedua diakibatkan karena koneksi internet anda sedang tidak stabil.


7. Credits/ Ending scene yang terlalu lama dan membosankan

Ending scene adalah tayangan yang disajikan setelah selesai menamatkan sebuah game. Di sini, akan ditampilkan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam pembuatan game tersebut. Memang, sebagai seorang gamer yang baik, tidak ada salahnya jika kita menghargai para pembuat game dengan menyaksikan ending scene yang ditampilkan.

Masalahnya, ending scene terkadang berjalan begitu lama, bisa mencapai 5 sampai 10 menit. Yang lebih parah lagi, ada game yang menyajikan ending scene hanya dalam bentuk tulisan berjalan, dengan latar belakang musik, dan sama sekali tidak bisa di-skip. Tentu hal ini bisa membuat kita kesal, apalagi jika sebelumnya sudah pernah menamatkan game tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya para pengembang game mencoba membuat ending scene menjadi lebih menarik. Contohnya dengan menyajikan musik yang bagus, animasi yang keren, atau dengan menambahkan beberapa adegan "behind the scene" seperti dalam game BioShock Infinite.


6. Inventory overload/ Terlalu banyak membawa barang


Kasus ini biasanya ditemui dalam game RPG. Anda ingin menyimpan banyak barang-barang berharga, namun inventory anda sudah penuh. Hasilnya adalah suatu dilema, di mana anda harus membuang salah satu barang dalam inventory untuk bisa menyimpan barang baru yang anda temukan. Sistem ini memang menyebalkan, namun menurut saya tidak boleh dihilangkan karena hal ini membuat game menjadi lebih realistis saat dimainkan.


5. Random Battle


Terutama random battle yang ada dalam game-game RPG klasik, seperti Final Fantasy dan Pokemon. Dalam game RPG klasik, musuh yang akan anda lawan tidak tampak di layar. Anda hanya berjalan melintasi sebuah dungeon, dan secara tiba-tiba karakter anda "terhisap" masuk ke dalam sebuah pertempuran acak. Pertempuran ini terjadi secara otomatis, dan tidak bisa dihindari. Jika random battle terjadi terlalu sering dan berulang-ulang, hal ini bisa menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk memainkan game tersebut dan ingin cepat-cepat menyelesaikannya. Akan lebih menyebalkan lagi jika ada waktu loading di antara random battle dan gameplay aktual.


4. Save point terhapus/ corrupted

Pernahkah anda melakukan load sebuah save game, namun ternyata save game tersebut corrupted/ tidak bisa dimainkan? Jika hal ini terjadi, maka anda tak akan bisa lagi memainkan game dari titik save tersebut. Masih beruntung apabila anda memiliki save point lain dari titik lain yang tidak terlalu jauh. Namun jika tak ada save point lain, tak ada pilihan lain selain mengulangi lagi permainan dari awal.


3. Bug/ Glitches


Bug dan glitches adalah berbagai error yang bisa anda temukan dalam game, disebabkan karena kesalahan programming. Beberapa bug dan glitches memang bisa membuat kita tertawa, seperti misalnya bug dalam The Sims yang membuat bentuk karakter yang anda buat menjadi aneh. Namun ada pula beberapa bug dan glitches yang cukup fatal, yang membuat sebuah petualangan tidak bisa dilanjutkan sama sekali.

Untuk menghindari bug dan glitches, anda harus secara rutin mengupdate game yang anda miliki dengan patch resmi yang dirilis oleh developer game. 


2. Crash

Crash disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah bug/ glitches dalam game, kesalahan pemrograman, atau mungkin karena PC/ konsol yang anda miliki tidak cukup kuat untuk memainkan suatu game. Crash secara otomatis menutup aplikasi game yang sedang anda jalankan. Lebih parah lagi, terkadang crash menyebabkan komputer mengalami hang dan error, sehingga harus direstart secara manual.

Untuk meminimalisir resiko crash, pastikan komputer anda memenuhi Minimum Requirements sebuah game sebelum memutuskan untuk memainkannya. Menginstall patch dan update dari developer resmi juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya crash.


1. Pemain lain yang tidak tahu tata krama dan etika


Fenomena ini belakangan banyak ditemui di dunia game, terutama game online. Anda bermain bersama pemain lain yang tidak tahu tata krama, sering menggunakan kata-kata kotor dan memaki-maki pemain lainnya. Hal ini bisa menimbulkan emosi pemain lain, dan merusak kenyamanan dalam bermain game.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menjaga etika dan tata krama dalam bermain game. Etika tidak hanya sebatas menahan diri dari mengeluarkan kata-kata kotor, namun juga harus selalu bermain jujur, tidak menggunakan cheat, atau tidak melakukan hacking terhadap akun orang lain. Jika semua pemain melakukan hal ini, pasti sebuah game akan menjadi lebih nyaman untuk dimainkan.

10 Hal Paling Menyebalkan Dalam Video Game

Posted at  2:12 AM  |  in  Top10  |  Baca lebih lanjut»

Bermain video game memang sebuah aktivitas yang menyenangkan. Namun jangan salah, hal ini bisa berubah menjadi suatu aktivitas yang mengesalkan karena beberapa alasan. Nah, alasan-alasan yang membuat aktivitas bermain game berubah menjadi suatu hal yang mengesalkan adalah topik utama yang akan kita bahas dalam artikel Wikugame kali ini.

Setelah kita mengetahui hal-hal menjengkelkan tersebut, ada baiknya kita menghindari memainkan game yang justru membuat kita makin kesal. Ingat, bermain video game seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan hati, bukan membuat frustrasi dan marah-marah. Langsung saja, berikut daftarnya:


10. Waktu loading yang lama


Ada beberapa game yang sangat bagus, namun memiliki waktu loading yang sangat lama. Setiap kali berpindah area, pemain harus menunggu selama beberapa saat sebelum bisa melanjutkan permainan. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa-bisa waktu bermain kita habis hanya untuk menunggu loading screen. Akibatnya, keasyikan dalam bermain game pun bisa berkurang dengan drastis. Salah satu game bagus yang memiliki waktu loading lama adalah Dead Rising 3, yang bisa membuat anda menunggu selama hampir semenit jika anda melakukan load checkpoint (secara manual atau karena karakter anda mati) di tengah-tengah permainan.


9. Server maintenance


Pernahkah anda sedang merasa sangat semangat memainkan suatu game online, namun harus mengalami kekecewaan berat karena server game tersebut sedang maintenance? Ya, maintenance secara rutin memang diperlukan untuk menjaga game online tetap bebas dari glitch, bug, dan hack. Namun jika server maintenance dilakukan terlalu sering, bisa-bisa game tersebut ditinggalkan pelanggan setianya.


8. Lag/ Server error

Satu lagi masalah yang sering melanda sebuah game online. Yang pertama adalah masalah "lag," di mana gerakan karakter anda dalam sebuah game online menjadi tersendat-sendat atau terpatah-patah. Hal ini bisa sangat menyebalkan dan berakibat fatal, terutama jika memainkan game-game FPS seperti Call of Duty atau Counter Strike. Saat mengalami lag, karakter anda bisa menjadi target empuk tembakan tim lawan.

Server error adalah fenomena yang lebih parah dari lag. Di sini, anda tiba-tiba akan dipaksa keluar dari permainan, atau bahkan sama sekali tidak bisa masuk ke dalam game. Kasus lag dan server error bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah kesalahan dari pihak server yang tidak mampu menampung terlalu banyak pemain dalam satu waktu, yang kedua diakibatkan karena koneksi internet anda sedang tidak stabil.


7. Credits/ Ending scene yang terlalu lama dan membosankan

Ending scene adalah tayangan yang disajikan setelah selesai menamatkan sebuah game. Di sini, akan ditampilkan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam pembuatan game tersebut. Memang, sebagai seorang gamer yang baik, tidak ada salahnya jika kita menghargai para pembuat game dengan menyaksikan ending scene yang ditampilkan.

Masalahnya, ending scene terkadang berjalan begitu lama, bisa mencapai 5 sampai 10 menit. Yang lebih parah lagi, ada game yang menyajikan ending scene hanya dalam bentuk tulisan berjalan, dengan latar belakang musik, dan sama sekali tidak bisa di-skip. Tentu hal ini bisa membuat kita kesal, apalagi jika sebelumnya sudah pernah menamatkan game tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya para pengembang game mencoba membuat ending scene menjadi lebih menarik. Contohnya dengan menyajikan musik yang bagus, animasi yang keren, atau dengan menambahkan beberapa adegan "behind the scene" seperti dalam game BioShock Infinite.


6. Inventory overload/ Terlalu banyak membawa barang


Kasus ini biasanya ditemui dalam game RPG. Anda ingin menyimpan banyak barang-barang berharga, namun inventory anda sudah penuh. Hasilnya adalah suatu dilema, di mana anda harus membuang salah satu barang dalam inventory untuk bisa menyimpan barang baru yang anda temukan. Sistem ini memang menyebalkan, namun menurut saya tidak boleh dihilangkan karena hal ini membuat game menjadi lebih realistis saat dimainkan.


5. Random Battle


Terutama random battle yang ada dalam game-game RPG klasik, seperti Final Fantasy dan Pokemon. Dalam game RPG klasik, musuh yang akan anda lawan tidak tampak di layar. Anda hanya berjalan melintasi sebuah dungeon, dan secara tiba-tiba karakter anda "terhisap" masuk ke dalam sebuah pertempuran acak. Pertempuran ini terjadi secara otomatis, dan tidak bisa dihindari. Jika random battle terjadi terlalu sering dan berulang-ulang, hal ini bisa menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk memainkan game tersebut dan ingin cepat-cepat menyelesaikannya. Akan lebih menyebalkan lagi jika ada waktu loading di antara random battle dan gameplay aktual.


4. Save point terhapus/ corrupted

Pernahkah anda melakukan load sebuah save game, namun ternyata save game tersebut corrupted/ tidak bisa dimainkan? Jika hal ini terjadi, maka anda tak akan bisa lagi memainkan game dari titik save tersebut. Masih beruntung apabila anda memiliki save point lain dari titik lain yang tidak terlalu jauh. Namun jika tak ada save point lain, tak ada pilihan lain selain mengulangi lagi permainan dari awal.


3. Bug/ Glitches


Bug dan glitches adalah berbagai error yang bisa anda temukan dalam game, disebabkan karena kesalahan programming. Beberapa bug dan glitches memang bisa membuat kita tertawa, seperti misalnya bug dalam The Sims yang membuat bentuk karakter yang anda buat menjadi aneh. Namun ada pula beberapa bug dan glitches yang cukup fatal, yang membuat sebuah petualangan tidak bisa dilanjutkan sama sekali.

Untuk menghindari bug dan glitches, anda harus secara rutin mengupdate game yang anda miliki dengan patch resmi yang dirilis oleh developer game. 


2. Crash

Crash disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah bug/ glitches dalam game, kesalahan pemrograman, atau mungkin karena PC/ konsol yang anda miliki tidak cukup kuat untuk memainkan suatu game. Crash secara otomatis menutup aplikasi game yang sedang anda jalankan. Lebih parah lagi, terkadang crash menyebabkan komputer mengalami hang dan error, sehingga harus direstart secara manual.

Untuk meminimalisir resiko crash, pastikan komputer anda memenuhi Minimum Requirements sebuah game sebelum memutuskan untuk memainkannya. Menginstall patch dan update dari developer resmi juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya crash.


1. Pemain lain yang tidak tahu tata krama dan etika


Fenomena ini belakangan banyak ditemui di dunia game, terutama game online. Anda bermain bersama pemain lain yang tidak tahu tata krama, sering menggunakan kata-kata kotor dan memaki-maki pemain lainnya. Hal ini bisa menimbulkan emosi pemain lain, dan merusak kenyamanan dalam bermain game.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menjaga etika dan tata krama dalam bermain game. Etika tidak hanya sebatas menahan diri dari mengeluarkan kata-kata kotor, namun juga harus selalu bermain jujur, tidak menggunakan cheat, atau tidak melakukan hacking terhadap akun orang lain. Jika semua pemain melakukan hal ini, pasti sebuah game akan menjadi lebih nyaman untuk dimainkan.

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top