Monday, February 10, 2014

10 Hal Paling Menyebalkan Dalam Video Game

Posted at  2:12 AM  |  in  Top10

Bermain video game memang sebuah aktivitas yang menyenangkan. Namun jangan salah, hal ini bisa berubah menjadi suatu aktivitas yang mengesalkan karena beberapa alasan. Nah, alasan-alasan yang membuat aktivitas bermain game berubah menjadi suatu hal yang mengesalkan adalah topik utama yang akan kita bahas dalam artikel Wikugame kali ini.

Setelah kita mengetahui hal-hal menjengkelkan tersebut, ada baiknya kita menghindari memainkan game yang justru membuat kita makin kesal. Ingat, bermain video game seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan hati, bukan membuat frustrasi dan marah-marah. Langsung saja, berikut daftarnya:


10. Waktu loading yang lama


Ada beberapa game yang sangat bagus, namun memiliki waktu loading yang sangat lama. Setiap kali berpindah area, pemain harus menunggu selama beberapa saat sebelum bisa melanjutkan permainan. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, bisa-bisa waktu bermain kita habis hanya untuk menunggu loading screen. Akibatnya, keasyikan dalam bermain game pun bisa berkurang dengan drastis. Salah satu game bagus yang memiliki waktu loading lama adalah Dead Rising 3, yang bisa membuat anda menunggu selama hampir semenit jika anda melakukan load checkpoint (secara manual atau karena karakter anda mati) di tengah-tengah permainan.


9. Server maintenance


Pernahkah anda sedang merasa sangat semangat memainkan suatu game online, namun harus mengalami kekecewaan berat karena server game tersebut sedang maintenance? Ya, maintenance secara rutin memang diperlukan untuk menjaga game online tetap bebas dari glitch, bug, dan hack. Namun jika server maintenance dilakukan terlalu sering, bisa-bisa game tersebut ditinggalkan pelanggan setianya.


8. Lag/ Server error

Satu lagi masalah yang sering melanda sebuah game online. Yang pertama adalah masalah "lag," di mana gerakan karakter anda dalam sebuah game online menjadi tersendat-sendat atau terpatah-patah. Hal ini bisa sangat menyebalkan dan berakibat fatal, terutama jika memainkan game-game FPS seperti Call of Duty atau Counter Strike. Saat mengalami lag, karakter anda bisa menjadi target empuk tembakan tim lawan.

Server error adalah fenomena yang lebih parah dari lag. Di sini, anda tiba-tiba akan dipaksa keluar dari permainan, atau bahkan sama sekali tidak bisa masuk ke dalam game. Kasus lag dan server error bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah kesalahan dari pihak server yang tidak mampu menampung terlalu banyak pemain dalam satu waktu, yang kedua diakibatkan karena koneksi internet anda sedang tidak stabil.


7. Credits/ Ending scene yang terlalu lama dan membosankan

Ending scene adalah tayangan yang disajikan setelah selesai menamatkan sebuah game. Di sini, akan ditampilkan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam pembuatan game tersebut. Memang, sebagai seorang gamer yang baik, tidak ada salahnya jika kita menghargai para pembuat game dengan menyaksikan ending scene yang ditampilkan.

Masalahnya, ending scene terkadang berjalan begitu lama, bisa mencapai 5 sampai 10 menit. Yang lebih parah lagi, ada game yang menyajikan ending scene hanya dalam bentuk tulisan berjalan, dengan latar belakang musik, dan sama sekali tidak bisa di-skip. Tentu hal ini bisa membuat kita kesal, apalagi jika sebelumnya sudah pernah menamatkan game tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya para pengembang game mencoba membuat ending scene menjadi lebih menarik. Contohnya dengan menyajikan musik yang bagus, animasi yang keren, atau dengan menambahkan beberapa adegan "behind the scene" seperti dalam game BioShock Infinite.


6. Inventory overload/ Terlalu banyak membawa barang


Kasus ini biasanya ditemui dalam game RPG. Anda ingin menyimpan banyak barang-barang berharga, namun inventory anda sudah penuh. Hasilnya adalah suatu dilema, di mana anda harus membuang salah satu barang dalam inventory untuk bisa menyimpan barang baru yang anda temukan. Sistem ini memang menyebalkan, namun menurut saya tidak boleh dihilangkan karena hal ini membuat game menjadi lebih realistis saat dimainkan.


5. Random Battle


Terutama random battle yang ada dalam game-game RPG klasik, seperti Final Fantasy dan Pokemon. Dalam game RPG klasik, musuh yang akan anda lawan tidak tampak di layar. Anda hanya berjalan melintasi sebuah dungeon, dan secara tiba-tiba karakter anda "terhisap" masuk ke dalam sebuah pertempuran acak. Pertempuran ini terjadi secara otomatis, dan tidak bisa dihindari. Jika random battle terjadi terlalu sering dan berulang-ulang, hal ini bisa menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika anda hanya memiliki waktu yang terbatas untuk memainkan game tersebut dan ingin cepat-cepat menyelesaikannya. Akan lebih menyebalkan lagi jika ada waktu loading di antara random battle dan gameplay aktual.


4. Save point terhapus/ corrupted

Pernahkah anda melakukan load sebuah save game, namun ternyata save game tersebut corrupted/ tidak bisa dimainkan? Jika hal ini terjadi, maka anda tak akan bisa lagi memainkan game dari titik save tersebut. Masih beruntung apabila anda memiliki save point lain dari titik lain yang tidak terlalu jauh. Namun jika tak ada save point lain, tak ada pilihan lain selain mengulangi lagi permainan dari awal.


3. Bug/ Glitches


Bug dan glitches adalah berbagai error yang bisa anda temukan dalam game, disebabkan karena kesalahan programming. Beberapa bug dan glitches memang bisa membuat kita tertawa, seperti misalnya bug dalam The Sims yang membuat bentuk karakter yang anda buat menjadi aneh. Namun ada pula beberapa bug dan glitches yang cukup fatal, yang membuat sebuah petualangan tidak bisa dilanjutkan sama sekali.

Untuk menghindari bug dan glitches, anda harus secara rutin mengupdate game yang anda miliki dengan patch resmi yang dirilis oleh developer game. 


2. Crash

Crash disebabkan oleh banyak hal, antara lain adalah bug/ glitches dalam game, kesalahan pemrograman, atau mungkin karena PC/ konsol yang anda miliki tidak cukup kuat untuk memainkan suatu game. Crash secara otomatis menutup aplikasi game yang sedang anda jalankan. Lebih parah lagi, terkadang crash menyebabkan komputer mengalami hang dan error, sehingga harus direstart secara manual.

Untuk meminimalisir resiko crash, pastikan komputer anda memenuhi Minimum Requirements sebuah game sebelum memutuskan untuk memainkannya. Menginstall patch dan update dari developer resmi juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya crash.


1. Pemain lain yang tidak tahu tata krama dan etika


Fenomena ini belakangan banyak ditemui di dunia game, terutama game online. Anda bermain bersama pemain lain yang tidak tahu tata krama, sering menggunakan kata-kata kotor dan memaki-maki pemain lainnya. Hal ini bisa menimbulkan emosi pemain lain, dan merusak kenyamanan dalam bermain game.

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menjaga etika dan tata krama dalam bermain game. Etika tidak hanya sebatas menahan diri dari mengeluarkan kata-kata kotor, namun juga harus selalu bermain jujur, tidak menggunakan cheat, atau tidak melakukan hacking terhadap akun orang lain. Jika semua pemain melakukan hal ini, pasti sebuah game akan menjadi lebih nyaman untuk dimainkan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top