Thursday, January 9, 2014

50 Game PC Terbaik Sepanjang Masa

Posted at  2:22 AM  |  in  Top10

Tak lengkap rasanya bila seseorang mengaku sebagai gamer namun belum pernah memainkan game-game terbaik yang dirilis untuk konsol PC. Ya, Personal Computer atau yang sering disingkat dengan nama PC dianggap sebagai mesin paling kompeten yang sanggup menjalankan berbagai game kelas dunia yang kualitasnya layak untuk diapresiasi.

Di kesempatan kali ini, Wikugame akan menyajikan daftar 50 game PC terbaik sepanjang masa. Jangan kaget jika anda menemukan beberapa judul yang dirilis di tahun 90-an, karena aspek utama yang kami nilai di sini adalah "gameplay", bukan "grafis". Dalam artikel ini kami ingin menunjukkan bahwa game-game jaman dulu dengan grafis sederhana namun dikemas dengan gameplay yang menarik, spesifikasi yang ringan, dan cerita yang bagus mampu mengalahkan game modern yang sepintas terlihat lebih keren. Hal inilah yang membuat beberapa game jaman dulu yang disajikan dengan tampilan visual seadanya bisa mengalahkan berbagai permainan masa kini yang disajikan dalam grafis yang sangat realistis. Langsung saja, simak daftar dari kami berikut ini!


50. Dragon Age: Origins (Rilis tahun 2009)


Dragon Age: Origins adalah sebuah permainan yang menampilkan kustomisasi karakter mendalam dan unsur role-playing yang kompleks, berbagai pilihan yang dilematis, sistem tempur berbasis taktik, dan tentu saja jalan cerita yang sangat bagus. Permainan fantasi heroik ini menggabungkan semua unsur RPG terbaik yang dikemas dalam satu kesatuan.

Dalam Dragon Age, pilihan yang anda ambil sepanjang permainan akan mengubah dunia dan mempengaruhi reaksi karakter lain di sekitar anda. Situasi tertentu, alur cerita, dan pilihan percakapan akan berubah secara drastis tergantung pada keputusan yang Anda anda tentukan sebelumnya.


49. The Operative: No One Lives Forever (2000)

The Operative: No One Lives Forever (biasanya disingkat menjadi Nolf) adalah first-person shooter video game dengan unsur-unsur gameplay stealth yang dikembangkan oleh Monolith Productions dan diterbitkan oleh Fox Interactive, dirilis untuk Windows pada tahun 2000. Pemain mengendalikan protagonis perempuan Cate Archer yang bekerja untuk sebuah organisasi rahasia yang mengawasi perdamaian dunia. Selain berbagai senjata api, permainan juga menampilkan beberapa gadget canggih yang disamarkan sebagai berbagai peralatan wanita.

Pada saat peluncurannya, banyak media yang menganggap bahwa No One Lives Forever adalah game first-person shooter terbaik sejak 1998, bersaing ketat dengan serial Half-Life.


48. Battlefield 2 (2005)

Battlefield 2 adalah game FPS yang memiliki unsur strategi dan elemen role-playing game. Misi singel player menempatkan pemain dalam pertempuran yang melibatkan bentrokan antara Marinir AS, Cina dan Koalisi Timur Tengah. Aspek multiplayer dalam game memungkinkan pemain untuk mengatur sebuah skuad yang berperang di bawah kepemimpinan seorang komandan tunggal, di mana kerja sama tim dan koordinasi sangatlah penting untuk mencapai kemenangan.


47. Fallout 3 (2008)

Fallout 3 adalah salah satu judul game post-apocalypse terbaik. Fallout 3 terjadi pada tahun 2277, 200 tahun setelah kiamat nuklir yang menghancurkan dunia, di mana konflik internasional antara Amerika Serikat dan China memuncak dalam perang Sino-Amerika di tahun 2077. Perang tersebut terjadi karena kelangkaan cadangan minyak bumi yang mengakibatkan kehancuran ekonomi kedua negara.

Sepanjang permainan, pemain harus melawan segudang musuh dan monster yang mendiami daerah padang pasir Amerika Serikat sekarang dikenal dengan nama "Capital Wasteland".


46. Batman: Arkham City (2011)

Permainan ini disajikan dari perspektif orang ketiga dengan fokus utama pada pertempuran dan kemampuan stealth, keterampilan detektif, dan penggunaan berbagai gadget untuk memecahkan berbagai misteri. Arkham City menawarkan struktur dunia yang lebih terbuka, yang memungkinkan pemain untuk menyelesaikan misi sampingan yang tidak berhubungan dengan alur cerita utama.

Dalam alur cerita utama permainan, Batman harus mengungkap rahasia di balik skema jahat yang dinamai "Protokol 10", yang dijalankan oleh seorang tokoh antagonis bernama Hugo Strange.


45. Far Cry 3 (2012)

Far Cry 3 adalah game FPS yang juga menampilkan unsur-unsur role-playing game termasuk poin pengalaman, skill tree, dan sistem crafting.

Far Cry 3 berlokasi di sebuah pulau tropis antara Samudra Hindia dan Pasifik. Berlibur ke pulau tropis dalam rangka liburan, protagonis Jason Brody justru terlibat sebuah petualangan menyeramkan di mana ia harus menyelamatkan teman-temannya yang telah diculik oleh penjahat setempat. Tak hanya itu, ia juga harus menghadapi suku lokal yang kejam, binatang buas, dan perang saudara dalam pulau tersebut.


44. Crysis (2007)

Permainan ini berbasis di dunia masa depan di mana sebuah bangunan yang diduga merupakan hasil karya makhluk luar angkasa ditemukan terkubur di dalam sebuah gunung di Kepulauan Lingshan, dekat pantai Filipina Timur. Single-player campaign mengharuskan pemain berperan sebagai US Army Delta Force tentara Jake Dunn yang dikenal dengan nama sandi "Nomad". Nomad dipersenjatai dengan berbagai senjata futuristik dan peralatan canggih, terutama sebuah "Nano Suit" yang terinspirasi oleh konsep militer kehidupan nyata. Dalam Crysis, pemain harus melawan pasukan Korea Utara dan makhluk-makhluk alien di berbagai lokasi sekitar pulau tersebut.


43. The Longest Journey (2000)

The Longest Journey adalah game petualangan point-and-klik di mana pemain berinteraksi dengan objek pada layar untuk memecahkan teka-teki dan melanjutkan petualangan.

Permainan berlangsung di alam semesta fantasi yang bernama Arcadia. Protagonis, April Ryan, adalah seorang mahasiswa seni 18 tahun yang tinggal di sebuah kota industri bernama Stark, yang diidentifikasi sebagai 'Shifter'. Shifter adalah seseorang yang mampu menjelajah alam nyata dan alam sihir, dan ia memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan dalam dua dunia tersebut.


42.  IL-2 Sturmovik (2001)

IL-2 Sturmovik adalah video game simulasi pesawat tempur yang dirilis tahun 2001. Game ini berfokus pada pertempuran udara dari Front Timur selama Perang Dunia II. Nama permainan ini diambil dari Soviet Ilyushin Il-2, sebuah pesawat tempur yang memainkan peran penting dalam Perang Dunia II dan merupakan pesawat militer yang paling banyak diproduksi sampai saat ini. IL-2 Sturmovik dianggap salah satu simulator penerbangan Perang Dunia II terbaik hingga sekarang.


41. Baldur's Gate (1998)

Baldur's Gate  adalah fantasi role-playing video game yang dikembangkan oleh BioWare dan diterbitkan pada tahun 1998. Game ini berlokasi di pantai barat Faerûn sepanjang Sea of Swords, yang disebut Sword Coast, yang di dalamnya terdapat pegunungan, hutan, dataran, kota, dan reruntuhan. Game ini sering dibanding-bandingkan dengan serial Diablo, dan menerima review positif dari berbagai media.


40. Medal of Honor Allied Assault (2002)


Dalam permainan FPS ini, pemain mengambil peran sebagai Letnan Mike Powell dari Army Rangers yang bekerja untuk OSS. Misi pemain termasuk menyerang pangkalan Jerman di Aljazair dan Norwegia, menyerbu Pantai Omaha pada D-Day Perang Dunia II, dan menyelamatkan kawan-kawan di belakang garis musuh yang diduduki Perancis. Berbagai level dalam permainan ini sering dibandingkan dengan film karya Steven Spielberg yang berjudul "Saving Private Ryan".


39. Dishonored (2012)

Dishonored adalah sebuah game FPS action-stealth. Bersetting di kota industri Dunwall, anda mengendalikan Corvo Attano, pengawal pribadi ratu kerajaan tersebut. Suatu hari, Corvo difitnah membunuh sang Ratu. Ia dipenjara, namun berhasil melarikan diri. Misi selanjutnya yang harus anda lakukan membalas dendam pada orang-orang yang memfitnah Corvo. Dalam usahanya, Corvo dibantu oleh "The Loyalist", sebuah kelompok yang berjuang untuk merebut kembali Dunwall dari tangan para pengkhianat.


38. Borderlands 2 (2012)

Sebuah game action yang memungkinkan anda untuk memilih satu dari beberapa karakter yang tersedia, yang masing-masing memiliki kemampuan unik. Di sini, anda berperan sebagai seorang Vault Hunter di sebuah dunia bernama Pandora. Tujuan anda hanya satu, berburu harta karun sebanyak-banyaknya sambil mengalahkan musuh utama bernama Handsome Jack. Borderlands 2 adalah salah satu game yang sangat fresh untuk dimainkan karena memiliki grafis yang bagus dan banyak unsur humor yang bisa membuat anda tertawa selama memainkannya.


37. Myth: The Fallen Lords (1997)

Mitos adalah real-time tactics game, di mana pemain tidak perlu khawatir pada aspek mengumpulkan sumber daya dan membangun berbagai bangunan. Dalam game ini, pemain sudah diberi sejumlah unit perang yang siap untuk digunakan. Simpel, taktis, namun menarik. Faktor-faktor inilah yang membuat The Fallen Lords tetap asyik untuk dimainkan hingga saat ini.


36. Unreal Tournament (1999)

Unreal Tournament dirancang sebagai game duel FPS, dengan fokus utama pada head-to-head deathmatches multiplayer. Single-player campaign dalam game ini pada dasarnya adalah serangkaian pertandingan arena yang menampilkan pemain melawan bot komputer. Permainan ini sangat populer, bahkan selama beberapa tahun secara rutin sering diselenggarakan lomba Unreal Tournament internasional yang diikuti oleh gamer dari berbagai negara.


35. Galactic Civilizations II: Twilight of the Arnor (2008)

Galactic Civilizations II: Twilight Arnor adalah pak ekspansi kedua untuk strategi turn-based video game Galactic Civilizations II: Dread Lords. Dalam game ini, ada dua ras luar angkasa yang berperang, yaitu Drengin dan Korath. Mereka berusaha mengalahkan satu sama lain untuk menguasai galaksi. Konon, kedua belah pihak diadu domba oleh Dread Lords, yang mengulur waktu dalam persiapan untuk menjalankan rencana jahatnya. Di sinilah tugas anda sebagai pasukan luar angkasa untuk menggagalkan niat jahat Dread Lords dan mengembalikan perdamaian di alam semesta.


34. Age of Empires II: The Age of Kings (1999)

The Age of Kings diatur dalam Abad Pertengahan dan berisi tiga belas peradaban yang bisa dimainkan. Peradaban tersebut adalah Inggris, Bizantium, Celtic, Goth, Teuton, Franks, Mongol, Cina, Jepang, Persia, Saracen, Turks dan Viking. Pemain bertujuan untuk mengumpulkan sumber daya yang mereka gunakan untuk membangun kota, merekrut tentara, dan mengalahkan musuh-musuh mereka. Ada lima campaign berbasis historis yang bisa dimainkan, dan ada juga mode multiplayer yang cukup seru.


33. Sid Meier's Alpha Centauri (1999)

Sebuah game strategi yang berfokus pada pertempuran di luar angkasa. Game ini bersetting di abad ke-22 di mana tujuh kelompok yang berbeda mendarat di planet Chiron dalam sistem bintang Alpha Centauri. Alpha Centauri dibuat dengan engine game Civilization II yang sudah dimodifikasi. Selain peperangan luar angkasa dalam single player dan multiplayer, ada juga unsur diplomasi dan manajemen yang membuat permainan ini sangat asyik untuk dimainkan.


32. Rome: Total War (2004)

Game strategi ini memungkinkan anda untuk berperang dan menaklukkan kerajaan lawan sebagai seorang kaisar Roma. Cerita utama permainan terjadi pada masa pemerintahan akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi (270 SM - 14 SM), di mana pemain mengontrol salah satu dari tiga keluarga Romawi yang berkuasa. Gameplay terdiri dari real-time tactics combat, dibingkai dalam berbagai misi turn-based strategy di mana anda harus bertempur di Eropa, Afrika Utara dan Near East.


31. Thief: The Dark Project (1998)

Thief: The Dark Project adalah permainan stealth pertama yang menggunakan aspek cahaya dan suara sebagai salah satu elemen penting dalam gameplay dan yang pertama disajikan sudut pandang orang pertama. Gameplay Thief menekankan pada kemampuan untuk menghindari pertempuran karena karakter utama memiliki kekuatan dan pertahanan yang sangat terbatas. Thief bersetting di sebuah kota metropolis yang disebut "The City", dalam dunia Abad Kegelapan pada masa Revolusi Industri.


30. System Shock 2 (1999)


System Shock 2 adalah action role-playing survival horror video game yang dirilis untuk Microsoft Windows dan OS X. Permainan berlangsung di kapal luar angkasa dalam dunia fantasi tahun 2114. Pemain mengasumsikan peran seorang prajurit yang mencoba untuk membendung wabah infeksi genetik yang telah menghancurkan kapal. Gameplay terdiri dari first person shooter dan eksplorasi. Ada juga unsur-unsur sistem role-playing, di mana pemain dapat mengembangkan berbagai skill khusus, seperti hacker dan kemampuan psionic.


29. Tom Clancy's Splinter Cell Chaos Theory (2005)

Sebuah game stealth di mana pemain berperan sebagai seorang agen rahasia bernama Sam Fisher. Chaos Theory telah menerima pujian dari berbagai media review dengan skor rata-rata 94% dari Game Rankings, MobyRanks, dan Metacritic.


28. The Sims 3 (2009)

Sebuah game simulasi kehidupan yang meraih sukses besar secara komersial, terjual sebanyak 1,4 juta kopi dalam minggu pertama peluncurannya. The Sims 3 dibangun dengan konsep yang sama seperti pendahulunya. Pemain mengontrol aktivitas sosok manusia yang disebut "Sim", mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, mengatur karir, edukasi, hingga pernikahan dengan Sim lainnya.


27. Team Fortress 2 (2007)

Team Fortress 2 adalah first-person shooter video game multiplayer berbasis tim yang dikembangkan oleh Valve Corporation. Pemain dapat memilih untuk bermain sebagai salah satu dari sembilan kelas dari sebuah tim, masing-masing kelas memiliki kekuatan, kelemahan dan senjata yang berbeda. Dalam permainan, pemain bersenjatakan satu senjata utama, satu senjata sekunder, dan satu senjata jarak dekat. Permainan ini dirilis. dengan enam map resmi, 44 map tambahan, 9 map arena, dan ratusan jenis arena yang berbeda di mana pemain bisa saling bertempur satu sama lain.


26. Call of Duty: Ghosts (2013)

Salah satu game FPS terbaru dengan kualitas grafis yang luar biasa dan gameplay single-player dan multiplayer yang sama-sama mengasyikkan. Call of Duty: Ghosts bersetting dalam dunia fantasi setelah kehancuran nuklir di Timur Tengah. Negara-negara penghasil minyak di Amerika Selatan membentuk "the Federation" dalam menanggapi krisis ekonomi global berikutnya dan mereka berencana untuk menyerang dan menaklukkan Amerika Tengah dan Karibia. Antagonis utama permainan adalah Gabriel Rorke mantan tentara Amerika Serikat yang menjadi pengkhianat setelah ditangkap dan dicuci otak, dan sekarang bekerja sebagai salah satu komandan utama untuk Federation.


25. World of Warcraft (2004)

World of Warcraft (WoW) adalah massively multiplayer online role-playing game (MMORPG) yang dibuat oleh Blizzard Entertainment. Seperti MMORPG lainnya, pemain mengontrol avatar karakter, menjelajahi map, melawan berbagai monster, menyelesaikan quest, dan berinteraksi dengan NPC atau pemain lain. 

World of Warcraft ditampilkan dengan elemen fantasi, steampunk, dan fiksi ilmiah; di mana di dalamnya anda bisa menemukan berbagai makhluk seperti gryphons, naga, dan elf, mesin raksasa bertenaga uap, zombie, manusia serigala, dan monster horor lainnya. Ada juga unsur fiksi ilmiah seperti penjelajahan waktu, pesawat ruang angkasa, dan dunia alien.



24. FIFA

Serial game sepakbola terpopuler di seluruh dunia. Game buatan EA Sports ini selalu menampilkan berbagai fitur baru setiap tahunnya. Kualitas grafis meningkat tajam, lisensi resmi yang semakin banyak, gameplay yang makin realistis, dan tentu saja mode online yang sangat populer di seluruh dunia. Hingga saat ini, FIFA layak disebut sebagai game olahraga terbaik yang pernah dibuat untuk konsol PC.


23. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Memperluas ukuran peta dalam game dari judul GTA sebelumnya, GTA: San Andreas berlokasi dalam kota fiksi San Andreas (dibuat berdasarkan California dan Nevada) dan tiga kota metropolitan lain: Los Santos (berdasarkan Los Angeles), San Fierro (berdasarkan San Francisco), dan Las Venturas (berdasarkan Las Vegas). Mengambil setting pada tahun 1992, permainan berkisar pada kisah Carl "CJ" Johnson, seorang anggota geng dari Los Santos.

Seperti permainan lainnya dalam seri, GTA: San Andreas terdiri dari unsur-unsur mengemudi dan third-person shooter, menyajikan fitur gameplay open world, di mana pemain dapat berinteraksi dengan dunia game di waktu luang mereka. Permainan memperkenalkan beberapa elemen gameplay baru, termasuk perang geng, kustomisasi mobil, dan kemampuan untuk membeli properti.


22. Grand Theft Auto: Vice City (2002)

Game pendahulu San Andreas ini berkisah tentang Tommy Vercetti, seorang mantan anggota keluarga mafia Forelli. Ia baru saja bebas dari penjara pada tahun 1986, setelah dikurung selama 15 karena membunuh 11 orang di distrik Harwood dari Liberty City pada awal tahun 1971. Di sinilah cerita Tommy dimulai, di mana ia berusaha kembali membangun kejayaannya sebagai salah satu anggota organisasi kriminal terbesar di Amerika Serikat.


21. Star Wars: Knight of the Old Republic (2003)

Sebuah game RPG yang diambil dari kisah Star Wars. Knights of the Old Republic dinobatkan sebagai Game of the Year oleh berbagai media, termasuk IGN, Computer Gaming World, PC Gamer, GMR, The Game Developers Choice Awards, Xbox Magazine, dan G4. Game ini memungkinkan anda untuk mengkostumisasi dan mengembangkan karakter sesuai dengan keinginan.


20. Minecraft  (2011)


Minecraft adalah game sandbox indie awalnya dibuat oleh programmer Swedia Markus "Notch" Persson dan kemudian dikembangkan dan diterbitkan oleh Mojang. Aspek kreatif dan bangunan Minecraft memungkinkan pemain untuk membangun dunia dari balok bertekstur 3 dimensi. Kegiatan lain dalam permainan meliputi eksplorasi, mengumpulkan sumber daya, crafting, dan berperang. Gameplay dalam rilis komersial memiliki dua mode utama: survival, yang mengharuskan pemain untuk memperoleh sumber daya dan menjaga health point dan rasa lapar mereka tetap penuh; serta creative mode, di mana pemain memiliki pasokan sumber daya tidak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada pengurangan health atau rasa lapar.


19. Homeworld (1999)

Permainan berlangsung di luar angkasa dimana tidak ada gravitasi dan kapal dapat melakukan perjalanan ke segala arah dalam dunia tiga dimensi. Beberapa elemen, seperti asteroid, awan debu dan radiasi dapat mengganggu gerakan kapal luar angkasa. Pemain dapat memilih untuk bermain sebagai ras Kushan atau Taiidan, baik online maupun single-player. Tujuannya hanya satu, menguasai sumber daya sebanyak-banyaknya, atau mengalahkan ras saingan anda.


18. Unreal Tournament 2004 (2004)

Unreal Tournament 2004, juga dikenal sebagai UT2K4 dan UT2004, adalah FPS futuristik yang dikembangkan oleh Epic Games dan Digital Extremes. Di antara perubahan yang signifikan dari serial sebelumnya adalah mekanik gameplay dan presentasi visual yang lebih bagus. Dalam pertempuran, pemain juga bisa menggunakan kendaraan. Ada pula mode Onslaught, memungkinkan untuk melakukan sebuah pertempuran dalam skala besar.


17. Starcraft II: Wings of Liberty (2010)

Sebuah game strategi peperangan luar angkasa yang sangat populer di seluruh dunia. Permainan ini berkisah tentang tiga spesies: Terrans, kelompok manusia terbuang dari Bumi; Zerg, super-spesies berbentuk seperti alien; dan Protoss, sebuah spesies berteknologi maju dengan kekuatan mental yang hebat. Setiap spesies memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang apabila dimanfaatkan dengan tepat bisa membantu anda memenangkan pertempuran.


16. Sid Meier's Civilization IV (2005)

Civilization IV adalah game strategi turn-based, sebuah genre di mana pemain mengendalikan sebuah kerajaan dengan tujuan untuk "mengeksplorasi, mengembangkan, memanfaatkan, dan memusnahkan". Pemain berperan sebagai seorang raja yang memimpin kelompok masyarakat sederhana dari peradaban kuno yang pada akhirnya menjadi sebuah negara besar yang mampu menguasai dunia. Unsur taktik dan strategi dalam Civilization IV sangatlah membuat ketagihan, membuat anda bisa menghabiskan ratusan jam untuk memainkannya.


15. Company of Heroes (2006)

Sebuah game real-time strategy yang cukup mengesankan. Company of Heroes bersetting selama Perang Dunia II. Dalam single-player, pemain mengendalikan dua unit militer AS selama Pertempuran Normandia dan Pembebasan Perancis. Tergantung pada misi, pemain bisa mengontrol 116 Divisi Infanteri ke-29, atau Fox Compdari Divisi Airborne ke-101 PIR 506.


14. Grim Fandango (1998)

Permainan ini bersetting dalam dunia yang bernama Land of the Dead, di mana jiwa-jiwa dari orang yang sudah mati hidup. Jiwa-jiwa tersebut harus melakukan perjalanan sebelum mereka mencapai tujuan akhir mereka, disebut dengan nama Ninth Underworld. Cerita mengikuti kisah seorang "agen perjalanan alam akhirat",  Manuel "Manny" Calavera saat ia mencoba untuk menyelamatkan Mercedes "Meche" Colomar, dalam sebuah perjalanan yang panjang dan penuh dengan drama.


13. Diablo II (2000)

Diablo II adalah action RPG hack-and-slash video game yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment pada tahun 2000 untuk Windows dan Mac OS. Diablo II memungkinkan pemain untuk memilih satu di antara lima karakter kelas yang berbeda: Amazon, Necromancer, Barbarian, Sorceress, dan Paladin. Setiap karakter memiliki kekuatan dan kelemahan dan set keterampilan yang berbeda, serta berbagai atribut awal. Level maksimum yang dapat dicapai oleh setiap karakter adalah level 99. Selain memiliki single player campaign yang menarik, Diablo II juga cukup seru dimainkan secara multiplayer.


12. BioShock: Infinite (2012)

Bersetting di tahun 1912 pada masa pertumbuhan ekonomi yang pesat di tanah Amerika, anda mengontrol seorang agen bernama Booker DeWitt. Ia dikirim ke kota yang dibangun di udara bernama Columbia untuk menemukan seorang wanita muda, Elizabeth, yang telah disekap di sana selama sebagian besar hidupnya. Booker menyelamatkan Elizabeth, dan mereka terlibat dalam perang saudara antar dua organisasi: kelompok pribumi dan orang-orang kaya yang berusaha untuk menjaga kemurnian Columbia; melawan Vox Populi, pemberontak yang mewakili masyarakat umum dan kaum dari ras marginal (kulit hitam, imigran Cina, dan masih banyak lagi). Selama konflik ini, Booker mengetahui bahwa Elizabeth memiliki kekuatan aneh untuk menembus ruang, waktu, dan dimensi yang berbeda. Misteri inilah yang menjadi awal game FPS yang memiliki gameplay maupun jalan cerita yang sangat bagus.


11. The Elder Scrolls IV: Oblivion (2006)

Sebuah game open-world RPG yang hingga kini masih sering diangkat sebagai bahan diskusi di kalangan para gamer. Cerita utama Oblivion itu berkisar tentang usaha karakter pemain untuk menggagalkan kultus fanatik yang dikenal sebagai "Mythic Dawn" yang berencana untuk membuka gerbang ke dunia yang disebut "Oblivion". Permainan memungkinkan pemain untuk melakukan perjalanan kemanapun dan kapanpun, mengabaikan atau menunda menyelesaikan misi utama tanpa batas waktu yang ditentukan. Tujuan bagi pemain adalah untuk meningkatkan skill karakter mereka. Unsur fantasi yang dipadukan dengan kebebasan yang penuh yang dimiliki oleh pemain membuat Oblivion layak disebut sebagai salah satu game PC terbaik yang pernah dibuat.


10. Left 4 Dead 2 (2009)


Salah satu game zombie paling populer yang diproduksi untuk PC. Left 4 Dead 2 berfokus pada empat survivor yang harus bertahan hidup melawan warga kota yang terinfeksi dan berubah menjadi mayat hidup. Para Survivor harus berjuang melalui beberapa level dalam sebuah campaign, tiap level diselingi dengan sebuah safe house yang berisikan senjata, amunisi, dan obat-obatan. Tujuan akhir dalam game ini adalah mencoba mencari titik evakuasi yang terletak di level terakhir setiap campaign, di mana pemain harus bertahan hidup dari serangan zombie sambil menunggu bantuan yang berupa helikopter, kapal, maupun kendaraan lainnya.


9. Quake (1996)

Quake adalah first-person shooter video game, dikembangkan dan diterbitkan oleh id Software pada tahun 1996.Dalam permainan, pemain harus menemukan jalan keluar melalui berbagai map yang didesain seperti labirin dalam lingkungan abad pertengahan. Sembari mencari jalan keluar, mereka juga harus melawan berbagai monster dengan menggunakan beragam senjata. Quake tidak hanya bisa dimainkan secara single-player, namun juga multiplayer.


8. Mass Effect 2 (2010)

Sebuah game third-person shooter RPG yang dianggap terbaik dari judul lain di franchise Mass Effect. Permainan berlangsung dalam galaksi Milky Way selama abad ke-22, di mana kehidupan umat manusia  terancam oleh spesies alien berbentuk serangga yang dikenal sebagai Collectors. Pemain mengasumsikan peran sebagai Commander Shepard, seorang tentara elit yang harus membangun dan mendapatkan loyalitas dari sebuah tim yang terdiri dari berbagai anggota, untuk mengalahkan musuh dalam sebuah misi bunuh diri. Mass Effects memiliki jalan cerita yang sangat bagus, grafis memukau, dan tentu saja gameplay yang mengasyikkan.


7. Grand Theft Auto IV (2008)

Grand Theft Auto IV dimainkan dari sudut pandang orang ketiga dalam lingkungan dunia yang terbuka, yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan dunia game saat tidak terlibat dalam sebuah misi. Permainan diatur dalam sebuah kota bernama Liberty City, yang dibuat berdasarkan bentuk New York City. Cerita berkisah tentang Niko Bellic, seorang veteran perang dari Eropa Timur yang datang ke Amerika Serikatuntuk mencari seseorang, tapi dengan cepat menjadi terjerat dalam dunia geng, kriminalitas, dan korupsi. Mode multiplayer online disertakan dengan permainan, yang memungkinkan hingga 16 pemain untuk terlibat dalam pertempuran, atau bekerja sama untuk mengalahkan geng musuh.


6. Command & Conquer (1995)

Sebuah game real time strategy klasik yang dianggap sangat revolusioner dan memiliki gameplay yang asyik untuk dimainkan hingga saat ini. Plot diatur dalam dunia masa depan di mana bumi terinfeksi oleh sumber daya misterius yang dikenal dengan nama Tiberium. Perebutan sumber daya tersebut berujung pada sebuah perang global antara Global Defense Initiative yang dibentuk oleh PBB dan organiasi bernama Brotherhood of Nod yang dipimpin oleh sosok misterius bernama Kane.


5. The Elder Scrolls V: Skyrim (2011)

Cerita utama Skyrim yang berkisar tentang petualangan karakter utama untuk mengalahkan Alduin, seorang Naga yang berencana untuk menghancurkan dunia. Bersetting dua ratus tahun setelah Oblivion, permainan berlangsung di negara fiksi bernama Skyrim. Selama permainan, pemain menyelesaikan berbagai quest dan mengembangkan karakter dengan meningkatkan skill mereka. Tidak seperti game Elder Scrolls sebelumnya, Skyrim tidak memerlukan pemain untuk memilih kelas karakter di awal permainan. Skill bisa dipilih tanpa harus masuk ke dalam kelas tertentu, menciptakan gameplay yang jauh lebih bebas dan fleksibel. Skyrim juga menyajikan open-world yang sangat besar, memungkinkan pemain untuk melakukan perjalanan di manapun di dunia game kapan saja tanpa harus terikat dengan misi utama.


4. Baldur's Gate II: Shadows of Amn (2000)

Baldur's Gate II: Shadows of Amn melanjutkan kisah protagonis, Gorion's Ward. Misi utama dari permainan ini bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih 60 jam, sedangkan permainan lengkap, termasuk semua side quests bisa memakan waktu total hingga sekitar 300 jam. Dalam battle, pemain mengontrol satu grup yang maksimal terdiri dari enam karakter, salah satunya adalah karakter utama. Karakter-karakter ini memiliki berbagai kelas, skill, dan kemampuan unik yang sangat berguna sepanjang permainan.


3. Portal 2 (2011)


Sebuah game first person puzzle platform yang diciptakan dengan konsep yang cukup unik. Dalam Portal 2, anda bisa bermain dalam single player maupun multiplayer dengan sebuah senjata unik bernama "portal gun", pistol yang memungkinkan anda melakukan teleport dari satu tempat ke tempat lainnya. Sepintas sederhana, namun game ini memiliki nilai replayability yang tinggi dan mode multiplayer yang bisa membuat ketagihan. Saksikan saja video reviewnya di atas untuk mengetahui lebih detail tentang Portal 2.


2. Half-Life 2 (2004)


Seperti pendahulunya, Half-Life 2 adalah single-player first-person shooter di mana petualangan terbagi menjadi beberapa chapter. Pemain berperan sebagai sosok ilmuwan bernama Gordon Freeman yang juga memiliki keahlian dalam bertempur.

Half-Life 2 menyajikan kehidupan fantasi masa depan di Bumi, di mana sumber daya dari planet tersebut, termasuk umat manusia, sedang dieksploitasi oleh kerajaan jahat yang dikenal dengan nama Combine. Permainan bersetting di lokasi fiktif bernama City 17, sekitar 20 tahun setelah peristiwa pendahulunya Half-Life.

Beberapa media seperti Gamespy, The Cincinnati Enquirer, dan The New York Times telah memberikan skor review sempurna untuk game ini. Kualitas gameplay yang bagus, grafis yang indah pada masanya, dan storyline yang sangat indah membuat Half-Life 2 layak dinobatkan sebagai salah satu game PC terbaik sepanjang masa.


1. BioShock (2007)


Sebuah game first-person shooter yang memiliki kualitas sempurna, baik dari segi gameplay, grafis, maupun jalan cerita. BioShock menggabungkan elemen action, RPG, shooter, dan horror dengan kombinasi yang sangat pas. Game ini bersetting pada tahun 1960, di mana pemain berperan sebagai sosok protagonis bernama Jack. Ia mengalami kecelakaan kapal, membuatnya terdampar ke kota bawah laut bernama Rapture.

Didirikan oleh raja bisnis Andrew Ryan, Rapture dibangun untuk menjadi sebuah tempat isolasi. Penemuan zat baru bernama ADAM, plasmid yang memberikan kekuatan super, membuat kota tersebut bergolak dan mengalami kekacauan. Jack mencoba untuk menemukan cara untuk melarikan diri, berjuang melalui gerombolan musuh yang menggunakan ADAM sebagai senjata mematikan, dan bertemu dengan warga kota yang menjadi korban kerusuhan. Jack mampu mengalahkan musuh dalam beberapa cara, antara lain dengan menggunakan senjata atau dengan memanfaatkan plasmid yang memberikan kekuatan semacam sihir yang cukup unik. Bioshock juga menyajikan beberapa unsur-unsur role-playing game yang memberikan berbagai alternatif untuk menyelesaikan sebuah level. Contohnya, ada berbagai cara untuk mengalahkan musuh, seperti menyerangnya secara langsung atau dengan mode stealth. Ada pula pilihan moral yang harus diambil, misalkan membunuh atau menyelamatkan suatu karakter, yang nantinya akan berpengaruh pada ending yang akan anda dapatkan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top