Tuesday, December 10, 2013

9 Game Virtual World Terbaik

Posted at  1:09 AM  |  in  Top10

Yang dimaksud dengan game virtual world adalah permainan di mana pemain bisa hidup di dunia khayalan, mengobrol dengan pemain lain dari seluruh dunia menggunakan karakter yang mereka ciptakan sendiri (disebut juga dengan nama "avatar"). Berbeda dengan game MMORPG, permainan virtual world biasanya tidak memiliki misi ataupun jalan cerita tertentu.

Dalam permainan jenis ini, hal yang paling diutamakan adalah interaksi sosial, seperti chatting, diskusi, dan saling memberi komentar. Kira-kira, apakah permainan virtual world paling populer dan terbaik di dunia? Simak saja artikel dari Wikugame berikut ini:

9. Twinity


Twinity pada awalnya berfokus pada dunia virtual yang lokasinya mirip dengan dunia nyata, namun akhir-akhir ini juga menambahkan elemen fantasi dan fiksi di dalamnya.

Sistem avatar di Twinity cukup unik karena pengguna didorong untuk menggunakan nama asli mereka dan bahkan dapat membuat avatar mereka terlihat mirip dengan foto aslinya, dengan menggunakan software khusus yang mengubah foto asli kita menjadi karakter tiga dimensi.

Dengan menggunakan mata uang dalam game (disebut Globals) pemain dapat membeli sejumlah besar barang termasuk pakaian, perabotan, aksesoris dan bahkan apartemen. Sebagian besar pengguna Twinity (disebut dengan nama Twinizens) mencurahkan waktu mereka untuk membeli, mengembangkan, membuat dan menjual barang virtual mereka. Selain apartemen, pemain juga bisa memiliki klub, bar, lounge dan toko-toko di dunia Twinity.


8. IMVU


IMVU menampilkan berbagai fitur standar dari game virtual termasuk avatar 3D, chatting dan berbagai mini game.

IMVU memiliki jumlah user yang besar dan seperti kebanyakan game virtual world, permainan ini menawarkan akses gratis namun juga memiliki mata uang yang bisa dibeli dengan kartu kredit.

Daya tarik terbesar untuk IMVU adalah IMVU Catalog dimana anggota dapat mengembangkan konten mereka sendiri dan menjual barang virtual kepada pengguna lain. Hal ini membuat IMVU tidak hanya sekedar menjadi sebuah game, namun juga permainan yang menghasilkan uang.


7. Moove


Moove adalah game virtual world yang mendapat rating tinggi, memiliki fitur seperti chatting, di mana pemain bisa membangun persahabatan, bahkan hubuungan cinta. Moove menawarkan avatar 3D dan bahkan memungkinkan pemain untuk melacak di mana user lain yang sudah terdaftar sebagai "friends"/ kawan.

Moove berfokus pada pengembangan 3D chat room di mana pemain bertemu dan chatting menggunakan avatar 3D yang disesuaikan dengan karakteristik mereka (fitur chatiing ini juga menunjang penggunaan webcam dan voice chat). Pengguna juga memiliki kontrol atas rumah mereka sendiri, di mana mereka dapat menghiasinya dengan berbagai benda (termasuk gambar Anda sendiri, furnitur, kertas dinding dan lampu-lampu).


6. Active Worlds


Active Worlds (kadang-kadang disingkat 'AW') adalah sebuah platform sosial online berbasis tiga dimensi. Permainan ini memiliki banyak kesamaan dengan Second Life di mana pemain bisa menjelajahi berbagai lokasi yang telah dibuat oleh pemain lain.

Semua fitur dalam game virtual bisa anda temui di Active Worlds, termasuk text chatting, voice chat dan beberapa fitur instant messaging (seperti media sharing). Perangkat lunak ini juga menawarkan kesempatan unik untuk berbisnis dan belajar.

Building (membangun bangunan tertentu) merupakan fitur utama dari Active Worlds yang dianggap unggul dari game sejenis. Permainan ini memiliki lebih dari setengah juta objek yang bisa anda gunakan untuk mempercantik berbagai lokasi maupun bangunan yang anda buat sendiri, yang nantinya bisa dipamerkan ke pemain lain.


5. Kaneva


Kaneva diluncurkan pada tahun 2004 dan merupakan salah satu game virtual world terpopuler dalam hal jumlah pengguna (saat ini ada lebih dari 7 juta akun yang terdaftar). Kaneva menawarkan lingkungan 3D yang diintegrasikan dengan fitur jejaring sosial.

Kaneva adalah kota metropolis digital yang menawarkan banyak lokasi yang bagus untuk dijelajahi, mencari teman baru atau hanyasekedar menikmati pemandangan. Kaneva menawarkan semua fitur standar yang bisa anda temui dalam game sejenis termasuk mini-game, shopping, dan rumah yang bisa dikostumisasi. Kemampuan untuk hidup di dunia virtual yang indah sekaligus membangun jejaring sosial inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dalam Kaneva.


4. Habbo


Habbo (sebelumnya dikenal dengan nama Habbo Hotel) dianggap sebagai salah satu game virtual world untuk remaja paling populer, dengan jumlah user yang cukup banyak.

Habbo dimainkan secara online melalui browser internet dan menghubungkan pengguna melalui berbagai "room" yang bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan para pemain. Ada juga sejumlah fitur yang tersedia bagi pengguna melalui website Habbo termasuk forum diskusi, toolbar, dan komunitas yang aktif mengadakan pertemuan di dunia nyata.

Sebagian besar fitur dalam game dan room bisa diakses dengan gratis, namun pemain juga bisa membeli Habbo Coin (atau Habbo Credits) untuk mendapatkan fitur unik termasuk room VIP dan akses untuk mendapatkan furnitur eksklusif.


3. There


"There" adalah permainan virtual world yang sangat populer, dengan penekanan pada hubungan sosial antarpemain yang tergabung di dalamnya. Permainan ini bisa dimainkan dengan cara membayar biaya keanggotaan $ 10 per bulan. Ada menawarkan banyak fitur permainan yang membuat anda betah hidup di dalamnya, termasuk sistem voice chat (ThereVoice), avatar 3D, shopping, kustomisasi rumah, sistem peringkat, permainan kartu, paintball, pesta, fashion show, sistem lelang dan masih banyak lagi. Walaupun tidak gratis, eksklusivitas dan fitur yang menarik membuat There menjadi sangat populer untuk dimainkan di seluruh dunia.


2. Second Life


Second Life memiliki fokus besar pada interaksi sosial dan memiliki user yang kebanyakan sudah berusia dewasa. Tak heran jika permainan ini memiliki fitur khusus dewasa yang tidak bisa ditemukan pada game sejenis.

Second Life diluncurkan sejak tahun 2003 dan memungkinkan pengguna (disebut dengan nama "Resident") untuk berkomunikasi satu sama lain, berpartisipasi dalam kegiatan mendesain berbagai barang virtual (yang kemudian dapat diperdagangkan).

Second Life menawarkan sistem ekonomi yang menarik, yang memungkinkan pengguna untuk menjual berbagai barang virtual dengan mata uang nyata. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa orang user yang kreatif, yang berhasil menciptakan barang virtual yang indah, dijual dengan harga yang cukup mahal. Dengan gabungan unsur pertemanan, dunia virtual, dan kemungkinan untuk menghasilkan uang, tak heran jika kemudian Second Life sangat digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia.


1. Onverse


Onverse adalah permainan gratis dengan berbagai fitur seperti 3D chat, avatar, belanja, membangun rumah, kontes dance, memelihara hewan peliharaan, balap mobil dan berbagai mini games lain yang tak terhitung jumlahnya (yang dapat anda mainkan sendiri atau dengan teman-teman).

Onverse adalah singkatan dari 'online universe' atau  'alam semesta online' dan diluncurkan pada tahun 2009 untuk Windows dan segera diikuti dengan rilis untuk Mac. Permainan memiliki ukuran yang relatif ringan dan bisa dimainkan di komputer dengan spesifikasi rendah.

Onverse juga menawarkan sejumlah fitur jejaring sosial di situsnya termasuk membuat halaman profil, berbagi foto, blogging, saling memberi komentar dan berdiskusi di forum.

Jika Anda mencari permainan virtual world yang sebagian besar kontennya bisa diakses dengan gratis, maka Onverse adalah pilihan yang cocok. Permainan ini secara rutin diupdate, dan diprediksi bakal terus eksis hingga beberapa tahun ke depan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top