Sunday, December 8, 2013

9 Game RPG Offline Terbaik

Posted at  1:21 AM  |  in  Top10

Berpetualang di dunia fantasi, melawan ratusan monster jahat, menaikkan level karakter, dan berburu berbagai persenjataan serta barang langka adalah fitur-fitur yang membuat sebuah game RPG sangat menarik untuk dimainkan. Tak hanya itu, permainan Role-Playing Game (RPG) juga ditunjang dengan jalan cerita yang membuat anda seolah-olah hidup di dalamnya.

Dalam kesempatan ini, Wikugame akan memberikan daftar 9 judul dan serial RPG terbaik yang cukup seru untuk dimainkan secara offline. Beberapa game dalam daftar ini dijamin bisa membuat anda seolah-olah hidup dalam dunia fantasi tanpa batas dan tanpa sadar akan menghabiskan ratusan jam untuk memainkannya.

9. Fable


Fable adalah permainan action RPG yang tersedia untuk Xbox, Xbox 360, Windows dan Mac. Seri game ini memiliki tiga judul yang dirilis pada tahun 2004, 2008 dan 2010.

Seri Fable berlangsung di dunia fiksi dan berkisah tentang kehidupan bangsa Albion. Sebagai RPG Fable memiliki fokus yang kuat pada pengembangan karakter dan juga aspek lainnya seperti NPC, perdagangan, jalan cerita, quest dan pertempuran.

Pemain bisa dengan bebas melakukan kustomisasi dan menaikkan skill tertentu dari karakter mereka, seperti kekuatan, sihir, dan keterampilan sosial. Seperti banyak RPG modern yang lain, Fable juga menyertakan elemen keputusan moral ke dalam gameplay-nya, di mana anda bisa memilih menjadi seorang karakter yang baik atau karakter berhati jahat.

Fable 2 dan Fable 3 juga memiliki fitur single player, sehingga membuat permainan ini menjadi sebuah alternatif ideal untuk dimainkan secara online maupun offline.


8. Mass Effects


Mass Effect adalah serial yang sangat populer, bertema sci-fi RPG dan memiliki dunia yang sangat luas untuk dijelajahi. Di sini anda berperan sebagai seorang komandan pasukan luar angkasa yang harus melawan sekelompok alien jahat.

Mass Effect memiliki trilogi cerita yang dimainkan dari perspektif orang ketiga, berkisah tentang perjalanan Commander Shepard dalam menyelamatkan galaksi dari kehancuran.

Anda akan dapat memilih sendiri pasukan yang diajak dalam medan pertempuran, bahkan bisa terlibat dalam sebuah hubungan asmara dengan mereka.

Serial Mass Effect terbukti mampu memuaskan banyak penggemar RPG dengan alur cerita yang menarik, AI cerdas, misi sampingan yang tak terhitung jumlahnya dan keputusan moral yang bisa mempengaruhi jalan cerita.

Saking besarnya, anda bisa dengan mudah tersesat di dunia Mass Effects. Aspek setting tempat game ini dibuat dengan sangat mendetail, disajikan dalam grafis tiga dimensi yang nyaris mendekati sempurna.


7. Kingdoms of Amalur: Reckoning


Kingdoms of Amalur: Reckoning adalah RPG aksi dengan elemen hack and slash yang tersedia untuk Windows (PC), Xbox 360 dan PlayStation 3.

Permainan ini menawarkan 5 wilayah permainan yang berbeda, 4 ras yang bisa dipilih dan 3 pohon kelas yang berbeda (Warrior, Rogue dan Mage) dengan masing-masing kelas maupun ras menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan.

Ketika berhasil naik level, anda akan mendapatkan skill point untuk meningkatkan keterampilan tertentu. Pemain juga bisa mendapatkan tambahan kekuatan positif untuk karakter mereka dengan menyelesaikan quest untuk faksi tertentu.

Kingdoms of Amalur: Reckoning menggunakan sistem tempur menarik yang melibatkan campuran cutscenes dan timing yang tepat untuk menekan tombol tertentu. Pemain juga memiliki akses ke mode "slow-motion" jika mereka mendapatkan cukup "fate point" selama pertempuran.


6. Red Dead Redemption


Red Dead Redemption menawarkan dunia besar yang bisa dijelajahi secara bebas, membuatnya layak disebut sebagai salah satu game RPG Offline terbaik sepanjang masa.

Permainan berlangsung di dunia koboi "Wild West" pada tahun 1911 dan mengikuti kisah seorang mantan penjahat berdarah dingin. Ia memutuskan untuk bertobat dan memenjarakan mantan teman satu geng-nya.

Permainan ini juga dilengkapi side quests, peristiwa acak (penyergapan, serangan hewan dan situasi penyanderaan), misi tambahan (berburu harta, duel dan perjudian) untuk menciptakan pengalaman gameplay yang menarik.

Dengan dunia yang terbuka sangat besar, pemain bisa menyelesaikan ratusan jam hanya untuk menjelajahi seluruh wilayah dalam game. Walaupun dijual dengan harga yang cukup mahal dan eksklusif dirilis untuk konsol PS3, Red Dead Redemption adalah salah satu judul yang harus dicoba oleh penggemar game action-RPG.


5. Fallout 3 dan Fallout New Vegas


Fallout 3 dan Fallout New Vegas dikenal sebagai salah satu game post-apocalypse terbaik. Kedua judul tersebut merupakan yang terbaru untuk seri game Fallout dan menawarkan campuran antara game FPS dan elemen RPG dalam gameplay-nya.
Fallout game menempatkan anda di tengah-tengah wilayah Amerika Serikat yang hancur karena radiasi nuklir dan memungkinkan anda untuk mengontrol jalan cerita, baik menjadi penjahat yang ditakuti atau pahlawan yang baik hati. Ketika anda menjelajahi lingkungan yang luas, anda akan naik level dan bisa meningkatkan berbagai skill tertentu yang bisa dipilih secara bebas.

Kebebasan untuk menentukan sendiri nasib anda dan berbagai karakter dalam game Fallout membuat permainan ini menjadi salah satu serial open world game terbaik sepanjang masa.


4. The Witcher


The Witcher adalah video game yang dibuat berdasarkan novel seri karya penulis Polandia, Andrzej Sapkowski.

Permainan berlangsung dalam dunia yang sangat mirip dengan Skyrim dan berfokus pada kisah seorang Witcher, pemburu monster yang memiliki berbagai kemampuan khusus.

Permainan ini menawarkan grafis yang memukau dan sistem tempur yang asyik. Dikombinasikan dengan alur cerita yang menarik, serial game The Witcher adalah salah satu franchise RPG tersukses dari segi penjualan. Game pertama The Witcher mendapat skor review 81 dari Metacritic dan game keduanya mendapat skor yang lebih tinggi, 88.

Fitur gameplay yang paling menarik dan unik adalah keputusan moral yang bisa dibuat oleh pemain sepanjang perjalanan mereka. Keputusan ini tidak sesimpel memilih antara "jahat" dan "baik"  atau "hitam" dan "putih", namun jauh lebih rumit, realistis, dan memiliki hasil yang lebih mengejutkan.


3.  The Elder Scrolls


Nama besar The Elder Scrolls sebagai sebuah game RPG Offline terbaik sudah dikenal sejak sepuluh tahun yang lalu. Serial ini telah memproduksi permainan-permainan yang sangat berkualitas, mulai dari Morrowind, Oblivion, dan Skyrim, game luar biasa yang dinobatkan sebagai Game of the Year 2011.

Game-game dari serial Elder Scrolls memiliki grafis di atas rata-rata dan dunia super besar untuk dijelajahi. Di sini, anda bisa tampil sebagai seorang ksatria baik hati, atau raksasa kanibal yang mengerikan. Anda bisa pula berperan sebagai orang biasa yang tidak memiliki kemampuan bertarung, namun ahli dalam mencuri dan memanipulasi pikiran orang lain. Singkatnya, serial Elder Scrolls adalah permainan yang wajib dimainkan oleh pecinta game RPG.


2. Dark Souls


Dark Souls adalah action-RPG yang awalnya dikembangkan untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, dan kemudian versi PC-nya dirilis pada bulan Agustus 2012. Dark Souls adalah salah satu dari beberapa permainan yang datang dekat dengan menawarkan tingkat grafis yang bisa menyamai Skyrim, dengan tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi.

Permainan ini terkenal karena tingkat kesulitan yang bisa membuat setiap gamer merasa frustrasi. Gameplay dalam Dark Souls sebagian besar menuntut pemain untuk menjelajahi dungeon dalam dunia fantasi nan gelap dan dipenuhi monster ganas. Kesulitan game terletak pada sistem hukuman (penalti) setiap kali pemain mati atau kehabisan HP, dan sistem check point yang terbilang sangat sedikit.

Satu-satunya daerah yang aman dalam permainan ini terletak di sekitar api unggun yang tersebar hampir di seluruh dunia game. Api unggun ini berfungsi sebagai titik save point dan memungkinkan pemain untuk menaikkan berbagai statistik. Namun demikian, mengaktifkan api unggun juga berarti menghidupkan lagi semua monster yang sudah dikalahkan di sepanjang permainan.

Jika Anda setelah permainan menantang yang disajikan dengan gaya seperti Skyrim maka Dark Souls adalah sebuah alternatif yang tidak akan mengecewakan.


1. Dragon Age


Dragon Age adalah seri RPG populer dengan setting dunia fantasi yang gelap. Game pertama dari serial ini, Dragon Age: Origins, dirilis pada tahun 2009 dan Dragon Age 2 dirilis dua tahun setelahnya.

Dragon Age menawarkan banyak fitur yang mirip dengan Skyrim, mulai dari kemampuan memilih jenis gender, ras, dan kelas karakter.

Pemain akan cepat jatuh cinta dengan para karakter dan lingkungan dalam dunia Dragon Age. Dikombinasikan dengan pilihan kustomisasi yang luas dan gameplay yang bisa dimainkan hingga ratusan jam, Dragon Age adalah game RPG offline yang bisa membuat anda merasa terhipnotis. Semua elemen dalam game ini disajikan dengan sangat baik. Jalan ceritanya sangat indah, dengan kemampuan anda untuk memilih sendiri alur cerita yang akan dilalui.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top