Sunday, December 8, 2013

8 Game Mirip Harvest Moon

Posted at  11:17 PM  |  in  Top10

Harvest Moon adalah sebuah judul paling laris untuk kategori franchise game simulasi kehidupan yang menggabungkan unsur manajemen pertanian. Game ini memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia dan sudah diproduksi ke dalam puluhan judul yang berbeda. Pertanyaannya, adakah permainan lain yang bisa menjadi alternatif untuk franchise Harvest Moon?

Jika beberapa waktu yang lalu Wikugame menyajikan artikel tentang beberapa game Harvest Moon terbaik, kali ini kami akan menyajikan 8 judul permainan mirip Harvest Moon yang layak untuk dimainkan. Semua judul di bawah memiliki unsur simulasi kehidupan, memanajemen peternakan, dan adanya kemungkinan untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan baik dengan NPC di dalam game. Di antara delapan judul di bawah ini, yang manakah yang menjadi favorit anda?


8. Atelier Annie


Atelier Annie adalah RPG-simulasi yang sangat mirip dengan Harvest Moon, disajikan dengan menggabungkan aspek petualangan untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan menyenangkan.

Di Atelier Annie Anda bermain sebagai Annie, seorang gadis sederhana (dan malas) yang bercita-cita menjadi kaya melalui sebuah pernikahan. Khawatir dengan kemalasan Annie, orang tuanya meminta nasihat dari kakeknya yang merupakan seorang alkemis bijaksana. Akhirnya ia memutuskan untuk mengirim Annie ke Pulau Sera sehingga ia dapat mengatasi kemalasannya.

Gameplay utama Atelier Annie berfokus pada pembangunan sebuah resort wisata di mana Annie harus menguasai ilmu kimia untuk bisa menciptakan berbagai elemen baru untuk membangun bangunan yang canggih. Permainan ini menggabungkan unsur RPG, strategi dan sedikit aspek simulasi antara lain sistem quest dan juga pentingnya membangun interaksi dengan NPC.


7. River King: Mystic Valley


River King: Mystic Valley adalah judul terbaru untuk serial River King yang dirilis pada tahun 2007 untuk konsol Nintendo DS. Permainan ini dibuat oleh perusahaan yang mengembangkan serial Harvest Moon, sehingga kemiripan dalam kedua game ini cukup besar.

River King: Mystic Valley mengirimkan anda dalam perjalanan untuk menangkap ikan bernama River King dengan tujuan membangunkan sang adik yang tertidur karena pengaruh sihir. Permainan ini membawa Anda pada sebuah petualangan epik di mana Anda akan sibuk memancing, membeli umpan, mengkostumisasi alat pancing, dan kemudian berusaha menangkap ikan-ikan yang lebih langka.

Di River King, anda juga akan dapat mendapatkan hewan peliharaan tertentu yang bisa diberi makan ikan hasil tangkapan anda untuk membuat mereka tumbuh lebih kuat dan berkembang menjadi hewan peliharaan dengan kekuatan khusus.


6. Shepherd's Crossing


Shepherd's Crossing mengambil banyak aspek dari serial Harvest Moon untuk menghasilkan permainan simulasi yang membuat anda betah memainkannya dalam waktu yang lama.

Serial pertama Shepherd's Crossing dibuat untuk konsol PlayStation 2 dan selanjutnya serial keduanya dibuat untuk Nintendo DS dan versi remake serial pertamanya dirilis untuk konsol PSP. Versi kedua dan remake dari Shepherd's Crossing dianggap jauh lebih baik daripada versi yang dirilis untuk PS2.

Shepherd's Crossing menawarkan gameplay dengan unsur simulasi pertanian dengan aspek strategi yang mendalam yang telah dioptimalkan untuk memanfaatkan sistem layar sentuh di Nintendo DS. Shepherd's Crossing memungkinkan anda menjalin hubungan dengan warga kota dan akhirnya memungkinkan anda untuk menikah dengan seorang gadis pilihan.

Permainan ini juga menawarkan gaya gameplay non-linear yang memungkinkan anda untuk bermain game dengan cara yang anda inginkan, tidak ada alur cerita tertentu. Dari segi harga, game ini juga relatif murah sehingga sangat layak untuk dimainkan oleh pecinta simulasi pertanian.


5. Recettear: An Item Shop's Tale


Recettear: An Item Shop Tale adalah salah satu permainan yang lebih unik dari judul lainnya dalam daftar ini, namun juga memiliki berbagai aspek yang sangat mirip dengan Harvest Moon.

Recettear berlangsung di item shop di mana pemain memainkan peran sebagai penjaga toko yang membuka usahanya dengan tujuan untuk membayar hutang. Recettear memungkinkan pemain untuk memilih bagaimana cara mendapatkan barang dagangan untuk toko mereka, bisa dengan cara membeli barang dari pasar atau menuju ke sebuah dungeon untuk membunuh monster dan mendapatkan barang dari monster tersebut. Apapun pilihan yang anda putuskan, tugas anda sebagai penjaga toko tidak berhenti di situ. Anda juga harus melakukan tawar-menawar dengan pembeli untuk mendapatkan harga terbaik dan keuntungan maksimal.

Fitur lain dari Recettear adalah kemampuan untuk mendekorasi toko dengan berbagai perabotan, dungeons yang seru, dan juga berbagai mode permainan dan alur cerita yang sangat menarik untuk diikuti.


4. Animal Crossing


Animal Crossing adalah permainan yang sangat kami rekomendasikan apabila anda suka memainkan game sejenis Harvest Moon. Animal Crossing tersedia di Nintendo platform, untuk konsol GameCube, Wii, DS dan 3DS.

Animal Crossing adalah permainan simulasi sosial dimana pemain menghuni sebuah desa dan harus melakukan berbagai kegiatan dan menyelesaikan berbagai tugas untuk membuat desa yang mereka tinggali menjadi lebih baik. Gameplay dari Animal Crossing sangat "terbuka" (open-ended), memungkinkan pemain untuk bermain game dengan cara yang mereka inginkan.

Fitur yang paling menonjol dari Animal Crossing adalah banyaknya elemen yang bisa dikustomisasi yang juga dapat berdampak pada ending permainan. Animal Crossing juga sangat menyenangkan untuk dimainkan berulang-ulang.

Di antara semua aktivitas yang tersedia, aktivitas paling populer dalam game ini adalah mengumpulkan item melalui eksplorasi yang nantinya bisa dijual atau ditukar dengan item yang lebih langka.


3. Viva Pinata


Viva Pinata adalah game simulasi kehidupan yang unik seperti Harvest Moon di mana pemain mencoba untuk menarik Pinatas (sejenis monster aneh) untuk tinggal di kebun yang mereka bangun. Terjual hampir 2 juta kopi, Viva Pinata adalah judul terpopuler yang kami tampilkan di daftar ini.

Viva Pinata pertama kali dirilis untuk Xbox 360 pada tahun 2006 dan sejak itu telah dibuat untuk Windows (2007) dan Nintendo DS (2008).

Viva Pinata adalah jenis permainan yang disukai anak-anak dengan gameplay yang berwarna-warni dan mudah untuk dimainkan, namun juga tetap menarik untuk gamer yang sudah dewasa. Pemain mulai dengan sebidang tanah kecil yang harus anda ubah menjadi taman yang megah.

Untuk meningkatkan menarik perhatian Pinatas ( yang terdiri dari lebih dari 60 spesies yang berbeda), anda harus mendekorasi dan membangun kebun anda sehingga terlihat lebih indah. Ketika kebun anda masih sederhana, Pinatas yang datang hanya berwarna hitam dan putih. Ketika kebun anda menjadi indah, perlahan-lahan mereka akan menjadi berwarna-warni cerah, membuat suasana menjadi lebih ramai.


2. Stardew Valley



Stardew Valley adalah sebuah game RPG open-ended yang bisa dimainkan hingga 4 pemain secara co-op!
Anda memiliki kebebasan yang sangat tinggi untuk memainkan permainan sesuai dengan keinginan.

Ada berbagai fitur menarik di dalamnya, antara lain:

- Menanami tanah pertanian dengan berbagai tanaman. 
- Meningkatkan skill Anda dari waktu ke waktu. 
- Menjadi bagian dari komunitas warga desa Stardew Valley

Ada sistem level up di mana anda akan mendapatkan skill point yang bisa digunakan untuk meningkatkan 6 aspek skill, yaitu: pertanian, pertambangan, penggalian, memancing, mengumpulkan bahan makanan, dan keberuntungan. Anda bisa juga memasak, mengumpulkan resep dan mengeksplorasi dunia untuk menemukan daerah-daerah baru. Yang lebih menarik lagi, game ini juga memungkinkan anda untuk menikah dan membangun keluarga dengan gadis desa yang anda sukai.


1. Rune Factory


Rune Factory adalah game simulasi RPG yang merupakan spin-off (variasi) dari serial Harvest Moon.

Permainan ini tersedia pada sejumlah platform termasuk Nintendo DS, Nintendo 3DS, PlayStation 3 dan Wii. Gameplay dari game Rune Factory mirip dengan Harvest Moon di mana pemain bisa bercocok tanam dan mengupgrade berbagai peralatan untuk membantu menyelesaikan tugas harian.

Namun, Rune Factory memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang memungkinkan pemain menjelajahi dungeon untuk membunuh atau menjinakkan berbagai monster (yang kemudian dapat membantu pemain dalam mengurus peternakan). Sama seperti di Harvest Moon, pemain bisa membuka berbagai jenis tanaman langka dengan menyelesaikan misi tertentu, berinteraksi dengan warga desa, dan bahkan menikah dengan gadis pilihan. Sejauh ini, sudah 6 judul Rune Factory yang rilis di pasaran, yang terbaru adalah Rune Factory 4 yang dibuat untuk konsol Wii.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top