Thursday, December 19, 2013

50 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa

Posted at  2:05 AM  |  in  Top10

Sebagai seorang gamer yang sempat menikmati masa-masa kejayaan Playstation 2, saya sering bertanya-tanya, apakah game PS2 yang layak diberi gelar sebagai yang terbaik sepanjang masa? Tentu saja ada ratusan game berkualitas luar biasa bagus yang sudah diproduksi untuk konsol ini, namun kira-kira yang manakah yang layak menduduki peringkat pertama?

Nah, dalam artikel berikut, saya akan menyajikan daftar 50 game PS2 paling "epic" sepanjang sejarah. Daftar ini dibuat dengan mempertimbangkan berbagai faktor, antara lain popularitas, nilai review, penjualan, dan tentu saja tingkat keasyikan saat memainkannya.




50. Ratchet & Clank 3

Permainan ini mengikuti cerita Ratchet dan Clank di alam fantasi dengan tujuan akhir untuk mengalahkan penjahat robot, Dr Nefarious, yang berniat untuk menghancurkan alam semesta. Permainan ini menawarkan beberapa fitur dasar dari sebuah permainan platform dan digabungkan dengan unsur pertempuran, sehingga dijuluki sebagai "combat-platformer". Ada berbagai jenis pertempuran yang bisa dilakukan, mulai dari pertempuran jarak dekat hingga pertempuran jarak jauh, dengan ratusan senjata canggih dan fantastis yang bisa dipilih oleh pemain.


49. Disgaea: Hour of Darkness


Disgaea adalah permainan "tactical RPG". Pertempuran dalam gameplay berlangsung di atas peta yang dibagi menjadi kotak-kotak persegi. Pemain mengontrol skuad unit humanoid dan monster, yang masing-masing menempati satu unit persegi, sama seperti bidak catur. Tokoh utama dari game ini adalah Laharl, seorang putra Raja Krichevskoy, yang berencana untuk menjadi penguasa setelah kematian ayahnya. Dia sangat arogan dan selalu berusaha untuk membuktikan bahwa ia adalah penguasa terkuat di Netherworld. Laharl akan menjadi sakit jika mendengar berbagai ucapan optimis, terutama "cinta". Ketika melihat wanita yang cantik, kekuatannya pun bisa turun drastis.


48. Alien Hominid

Permainan ini berjenis side-scrolling shooter yang mirip dengan game seperti Metal Slug, di mana satu hit tembakan bisa langsung membunuh musuh., Alien Hominid dapat dimainkan secara bersamaan dengan satu atau dua pemain. Pemain bermain sebagai hominid tituler yang harus menangkis gelombang serangan agen rahasia. Senjata utama karakter dalam game ini adalah blaster, sementara pemain juga bisa menyerang dari jarak dekat dan menggunakan sejumlah granat.


47. I-Ninja

Karakter utama dalam I-Ninja memiliki berbagai kemampuan akrobatik yang digunakan sepanjang game untuk mengalahkan tentara Ranx dipimpin oleh Guru O-Dor. Selain keterampilan dasar seperti berlari dan melompat, Ninja juga dapat melakukan double jump, memutar pedang untuk melayang di udara dalam waktu yang terbatas dan menggunakannya untuk memperlambat jatuh. Permainan ini seru, simpel, dan layak disebut sebagai salah satu game PS2 terbaik sepanjang masa.


46. Tony Hawk Pro Skater 3

Tony Hawk Pro Skater 3 adalah video game skateboard dalam serial Tony Hawk. Permainan ini telah terjual 2,4 juta kopi di seluruh dunia. Versi PS2-nya memperoleh skor review sempurna, 10, dari GameSpot, dan menjadi salah satu dari hanya tujuh game PS 2 yang pernah menerima nilai review sempurna.


45. Black

Black adalah first-person shooter video game yang dikembangkan oleh Criterion Games dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Black berlangsung di Ingushetia dan Chechnya, dua wilayah di Federasi Rusia. Protagonis game ini adalah seorang prajurit Black Ops bernama Sersan First Class Jack Kellar (diperankan oleh Marty Papazian). Kellar menceritakan sebagian besar cerita dalamsudut pandang orang pertama di dunia peperangan yang kelam dan realistis.


44. Dead to Rights

Dead to Rights adalah third-person shooter yang diproduksi oleh Namco. Game ini memiliki fitur "bullet time", kondisi di mana pemain bisa menembak lawan dalam keadaan slow motion. Pemain berperan sebagai seorang inspektur polisi Hong Kong yang berusaha membasmi aktivitas mafia setempat yang meresahkan warga.


43. Final Fantasy X-2

Final Fantasy X-2 adalah sekuel dari game Final Fantasy X, dirilis setelah anime Final Fantasy: Legend of the Crystals. Game ini menyajikan hanya tiga karakter yang bisa dimainkan, yaitu Yuna, Rikku dan Paine. Dalam sembilan bulan rilis pertamanya di Jepang, Final Fantasy X-2 terjual lebih dari satu juta kopi dan hampir empat juta kopi di seluruh dunia. Game ini dianggap revolusioner karena menyajikan elemen gameplay yang sangat berbeda dengan game Final Fantasy sebelumnya.


42. Viewtiful Joe

Gameplay dari Viewtiful Joe menyajikan fitur tradisional 2D side-scrolling platform yang bercampur dengan grafis 3 dimensi. Karakter utama dalam game ini memiliki kemampuan yang dikenal sebagai "VFX Powers", memberikan kemampuan khusus untuk memperlambat atau mempercepat waktu. Viewtiful Joe dipuji terutama dari segi gaya visual yang unik dan gameplay atraktif, serta telah meraih penghargaan dari berbagai media.


41. Final Fantasy XI

Game ini adalah salah satu pelopor serial Final Fantasy yang bisa dimainkan secara online. Kisah bersetting dalam dunia fantasi bernama Vana'diel, di mana pemain bisa membuat karakter, mengembangkan berbagai macam job, skill, dan berburu berbagai barang langka. Pemain juga dapat melakukan berbagai quest, bekerjasama, atau berduel dengan pemain lainnya. Sejak debutnya pada tahun 2002, lima paket ekspansi juga telah dirilis bersama dengan enam add-on skenario.


40. Guitar Hero 3: Legends of Rock


Guitar Hero III: Legends of Rock tetap memiliki gameplay dasar dari permainan sebelumnya dalam seri Guitar Hero, di mana pemain menggunakan kontroler berbentuk gitar untuk mensimulasikan bermain lead gitar, bass, dan gitar ritme dalam lagu-lagu rock. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mendapatkan poin setinggi mungkin dengan cara mengeksekusi gerakan-gerakan setepat mungkin.


39. NBA Street: Vol. 2

Dalam permainan, ada 29 tim NBA yang bisa dipilih untuk beradu basket di jalanan. Permainan ini juga dilengkapi empat mode yang berbeda untuk dipilih, termasuk Game Pick-Up (permainan Regular, default poin yang diperlukan untuk memenangkan game adalah 21 poin), NBA Challenge (Mengalahkan semua tim NBA dan termasuk tim legenda), Stret School (Mempelajari berbagai gerakan dan trik spesial dalam NBA jalan Vol. 2), dan Become a Legend (Buat pebasket Anda sendiri dan menjadikannya seorang legenda dunia basket jalanan).


38. Breath of Fire: Dragon Quarter

Breath of Fire: Dragon Quarter adalah video game role-playing yang sangat berbeda dengan judul-judul sebelumnya dalam franchise ini. Permainan disajikan menggunakan grafis full tiga dimensi. Pemain mengontrol karakter mereka. dari perspektif orang ketiga dan berkelana di daerah berbahaya seperti ruang bawah tanah dan kota-kota di mana mereka dapat berinteraksi dengan karakter NPC. Jika game sebelumnya disajikan dalam sebuah dunia fantasi klasik, Dragon Quarter bersetting di dunia fiksi ilmiah post-apocalypse yang menempatkan sebuah dunia di bunker bawah tanah, kurang lebih 1000 meter di bawah permukaan tanah.


37. The Warriors

The Warriors adalah action-adventure, game survival yang sangat berfokus pada pertempuran jalanan dengan menggunakan tangan kosong. The Warriors dibuat berdasarkan film tahun 1979 dengan judl yang sama. Permainan ini memiliki ruang lingkup yang besar, berfokus dalam berbagai jenis pertempuran, terkadang diselingi dengan misi lain seperti kejar-kejaran.


36. Maximo: Ghosts to Glory

Maximo berlangsung di dunia tiga dimensi yang dinamis. Karakter dikendalikan oleh pemain dan dapat bergerak bebas dalam area dengan berlari, melompat, berjongkok, dan melakukan berbagai gerakan lainnya. Gameplay berfokus pada mengalahkan sejumlah besar musuh, yang dapat dicapai dengan menyerang mereka dengan pedang, perisai, combo maupun berbagai gerakan khusus.


35. Burnout 3 : Takedown

Permainan ini adalah game balapan liar dengan menggunakan berbagai macam kendaraan dalam kota. Ada juga "Crash Mode", di mana tujuan utamanya adalah menghasilkan kehancuran sebesar-besarnya dengan cara menabrak berbagai objek sepanjang balapan. Burnout 3: Takedown memiliki 173 berbagai aktivitas untuk dimainkan dalam mode offline, dan 67 mobil rahasia yang bisa dibuka, termasuk Bus, Truck Cab, Fire Truck, dan Truck Sampah untuk digunakan dalam Crash Mode. Ada juga mode online dimana sampai enam pemain bisa bersaing dalam perlombaan, dan delapan pemain bisa bersaing dalam Crash Mode.


34. Manhunt

Manhunt adalah permainan horor psikologis berbasis stealth, dimainkan dari perspektif orang ketiga. Permainan ini terdiri dari dua puluh level, yang disebut "scenes", serta empat tingkat bonus unlockable.  Pemain harus mencoba membunuh anggota geng musuh, yang dikenal sebagai "Hunters", diutamakan dengan metode "stealth" atau membunuh tanpa menimbulkan keributan.


33. Soulcalibur 2

Soulcalibur II adalah game fighting di mana para petarungnya bisa menggunakan senjata. Plot game berkisah seputar kehidupan para petarung yang masing-masing memiliki tujuan untuk memenangkan turnamen dan mengalahkan rival-rivalnya.


32. Rez

Sebuah game "rail shooter" di mana pemain secara otomatis bergerak menuju ke lokasi tertentu setelah berhasil membunuh sejumlah musuh. Permainan ini hampir mirip dengan game "Time Crisis", dan merupakan salah satu game terbaik yang pernah diproduksi untuk PS2.


31. Twisted Metal Black

Twisted Metal: Black adalah game "Vehicle Combat", di mana anda harus bertempur dengan menggunakan mobil dan berbagai kendaraan lainnya. Game ini mendapatkan pujian dari berbagai website video game, menerima rating 9,5 dari GameSpot dan 9,6 dari IGN. Dalam GameSpot Best and Worst Game 2001, permainan ini dinominasikan dalam kategori Best Shooting Game dan menduduki peringkat kesembilan dalam kategori Game of the Year.


30. Suikoden III


Seperti permainan lainnya dalam serial Suikoden, Suikoden III memiliki jalan cerita yang kompleks. Cerita game ini disajikan melalui tiga sudut pandang yang berbeda, sehingga berbagai kejadian harus dilihat dari berbagai sisi. Ada tiga sudut pandang di Suikoden III, dan tidak ada yang benar-benar berperan sebagai "penjahat" atau "tokoh baik". Tiga sudut pandang itu disajikan dari perspektif, Hugo dari Karaya Clan yang merupakan prajurit Grasslander, Chris Lightfellow seorang Ksatria bangsa dari Zexen, dan Geddoe seorang anggota dari Angkatan Pertahanan Harmonian Southern Frontier.


29. Ico

Ico adalah sebuah game action-adventure. Protagonis game ini adalah seorang anak muda bernama Ico yang lahir dengan sepasang tanduk, yang oleh warga desanya dianggap sebagai pertanda buruk. Prajurit mengurung pemuda tersebut dalam sebuah benteng yang sudah ditinggalkan. Selama eksplorasinya dalam benteng, Ico bertemu dengan Yorda, putri dari istana seorang Ratu. Sang Ratu berencana untuk menggunakan tubuh Yorda untuk memperpanjang umurnya sendiri. Mengetahui hal ini, Ico berusaha untuk melarikan diri dari benteng bersama dengan Yorda. Sepanjang permainan, pemain mengendalikan Ico saat ia mengeksplorasi benteng, memecahkan teka-teki dan membantu Yorda melewati berbagai rintangan.


28. Final Fantasy X

Serial Final Fantasy pertama dalam konsol PS2. Game ini menyajikan petualangan Yuna dan Tidus, yang tidak hanya mengharukan namun juga sangat romantis. Dibandingkan game-game sebelumnya, Final Fantasy X mengalami peningkatan drastis, terutama dari segi grafis dan gameplay.


27. Gran Turismo 4

Game balap ini menampilkan ratusan mobil keren yang siap diadu di lintasan dari seluruh dunia. Pada bulan Maret 2013, Gran Turismo 4 telah terjual lebih dari 1,27 juta kopi di Jepang, 3,47 juta di Amerika Utara, 6.820.000 di Eropa, dan 180.000 di Asia dan total penjualan 11.730.000 kopi. Game ini menjadi salah satu game PS2 terpopuler sepanjang masa.


26. Bully

Game yang banyak dikritisi karena menyajikan kejahatan dan berbagai tindakan kriminal di kalangan pemuda. Dalam permainan ini, anda berperan menjadi seorang berandalan dari sebuah sekolah yang tujuan utamanya adalah melakukan berbagai tindakan jahat, dari mulai membolos kelas hingga melakukan pemerasan terhadap staf guru. Gameplay yang unik dan inovatif membuat permainan ini dianggap cukup menghibur bagi sebagian kalangan.


25. Devil May Cry

Devil May Cry adalah game action-adventure dalam dunia fantasi yang gelap, modern dan memiliki kesan gothic. Serial ini berpusat pada tujuan utama karakter yang bernama Dante untuk membalaskan kematian ibunya dengan cara menjadi seorang pembasmi setan. Permainan ini sangat populer, dan judul-judul selanjutnya secara reguler dibuat untuk konsol yang lebih canggih seperti PlayStation 3 dan PlayStation 4.


24. Odin Sphere

Odin Sphere adalah sebuah action RPG game yang disajikan dalam grafis 2 dimensi. Odin Sphere memiliki lima cerita yang berbeda. Protagonis dari setiap cerita terhubung ke lima negara yang bertikai di dunia Erion. Masing-masing protagonis ini bersenjatakan 'Psypher', senjata dengan kristal besar yang mampu menyerap 'Phozons', energi yang dilepaskan ketika seorang musuh terbunuh. Kelima cerita dalam game saling berhubungan satu sama lain. Seorang tokoh bisa berperan sebagai protagonis dalam satu cerita, namun bisa juga menjadi antagonis dalam cerita lainnya.


23.  Virtua Fighter 4: Evolution

Virtua Figher 4 adalah salah satu game fighting terbaik yang pernah diproduksi untuk konsol PlayStation 2. Sebuah fitur unik di Evolution adalah kemampuan untuk bermain quest mode, di mana pemain bisa bertarung ke berbagai tempat untuk menantang lawan mereka. Mode ini sangat populer karena kemampuan untuk membeli barang-barang serta aksesoris untuk mengkustomisasi petarung anda.


22. Dead or Alive 2

Game fighting yang dipenuhi dengan karakter-karakter wanita yang sangat seksi. Dead or Alive 2 menghasilkan lebih dari 2 juta US Dollar dalam penjualannya. Pada tahun 2010, UGO.com menempatkan permainan ini di peringkat kesembilan dalam daftar game fighting terbaik sepanjang masa. Tak hanya itu, game ini bahkan juga sudah dibuat versi filmnya.


21. Jak and Daxter: The Precursor Legacy

Permainan mengikuti cerita protagonis, Jak, ketika ia mencoba untuk membantu temannya, Daxter, setelah Daxter berubah menjadi sebuah "ottsel" (makhluk fiksi yang merupakan gabungan antara otter dan musang). Dengan bantuan dari Samos Sage, pasangan ini kemudian menyadari bahwa mereka harus menyelamatkan dunia dari tokoh antagonis Gol dan Maia. Permainan ini menawarkan berbagai macam misi dan mini games serta teka-teki menarik yang harus dipecahkan.


20. Okami


Okami adalah sebuah game petualangan bertema sejarah Jepang klasik, Okami menggabungkan beberapa mitos Jepang, legenda dan cerita rakyat untuk menceritakan kisah tentang bagaimana sebuah lokasi diselamatkan dari kegelapan dengan bantuan dewi matahari Shinto, bernama Amaterasu, yang menyamar menjadi seekor serigala putih. Game ini adalah salah satu judul terakhir yang dirilis untuk PlayStation 2. Meskipun tidak terlau sukses secara penjualan, Okami menerima banyak pujian, bahkan mendapatkan gelar IGN 2006 Game of the Year.


19. Psychonauts

Psychonauts menggabungkan unsur konsol platformer tradisional dengan jalan cerita yang kuat, penuh humor dan dialog yang sangat menarik. Psychonauts mengikuti cerita seorang karakter bernama Raz, seorang anak muda berbakat dengan kemampuan psikis (indera keenam) yang melarikan diri dari sirkus. Ia bermimpi untuk menjadi seorang "Psychonaut", agen rahasia yang mengandalkan kemampuan psikis. Pada akhirnya, Raz harus menyelamatkan dunia dari tangan musuh yang jahat.


18. Sly 3: Honor Among Thieves

Sly 3: Honor Among Thieves adalah video game platform berbasis stealth. Disajikan dengan grafis ala kartun yang menarik, game ini memiliki sebuah level opsional yang bisa dimainkan dengan mengenakan kacamata tiga dimensi. Secara gameplay, permainan ini termasuk jenis game yang bisa membuat anda menghabiskan puluhan jam di depan layar televisi tanpa terasa.


17. Jak 3

Seperti pendahulunya, gameplay dari Jak 3 adalah campuran dari game platforming, mengemudi, dan bertempur dengan senjata. Pemain harus menyelesaikan berbagai misi yang diberikan oleh berbagai karakter dalam permainan. Misi yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari mengalahkan musuh tertentu, mencapai lokasi tertentu, atau menyelesaikan teka-teki. Dengan pengecualian saat menyelesaikan misi dengan batas waktu tertentu, pemain bebas untuk menjelajahi dunia permainan sesuai dengan keinginan mereka.


16. Beyond Good and Evil

Beyond Good and Evil adalah sebuah game action-adventure dengan unsur memecahkan teka-teki dan memiliki basis stealth. Pemain mengontrol karakter utama, Jade, dari sudut pandang orang ketiga. Jade dapat berjalan, bergerak diam-diam, melompati rintangan dan lubang, memanjat tangga, atau menghancurkan pintu dan berbagai benda lainnya. Sebagai Jade, pemain harus menyelidiki sejumlah tempat untuk mencari kebenaran tentang ancaman bangsa alien yang ingin menginvasi bumi.


15. Silent Hill 2

Sering disebut-sebut sebagai game survival horor PS2 terbaik sepanjang masa, Silent Hill 2 akan menyajikan sebuah petualangan misterius di kota hantu. Anda tentu saja harus menyiapkan diri untuk menghadapi kemunculan makhluk-makhluk menyeramkan sembari memecahkan misteri di balik sebuah surat yang dikirimkan oleh istri anda yang sudah meninggal dunia.


14. Katamari Damacy

Katamari Damacy adalah game puzzle-action yang disajikan dalam perspektif third person. Plot game bercerita tentang seorang pangeran kecil dalam sebuah misi untuk membangun kembali kerajaan yang terdiri dari bintang-bintang, gugusan galaksi, dan bulan, yang sengaja dihancurkan oleh ayahnya, Raja All Cosmos. Hal ini dicapai dengan memanfaatkan kekuatan bola ajaib bernama Katamari yang bisa menarik objek-objek tertentu dari berbagai tempat. Permainan ini cocok untuk anda yang menggemari game berjenis puzzle-solving.


13. Prince of Persia: The Sands of Time

Prince of Persia: The Sands of Time adalah game 3D yang berfokus pada berbagai gerakan akrobat dan kelincahan pemain. Sepanjang game, pemain harus berusaha untuk melintasi istana dengan berjalan di dinding, naik atau turun jurang dengan melompat bolak-balik antara dinding, menghindari jebakan, mendaki bangunan dan melompat dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, pemain harus memecahkan teka-teki dan tentu saja bertempur melawan berbagai musuh.


12. Devil May Cry 3: Dante's Awakening

Permainan ini memiliki setting waktu sebelum game pertama Devil May Cry, menampilkan sosok Dante yang masih muda.Permainan mempertahankan unsur-unsur dari dua game sebelumnya dan memperluas sistem tempur dengan beberapa gaya bertarung. Kisah ini diceritakan melalui campuran cutscenes yang disajikan dalam grafis yang sangat indah. Devil May Cry 3 sangat sukses secara komersial, menjadi delapan game terlaris di Jepang selama minggu pertama rilisnya. Permainan ini terjual lebih dari 1.300.000 unit di seluruh dunia, sehingga mendapatkan status "Platinum Title" dari Capcom.


11. Grand Theft Auto III

GTA III berlokasi d Liberty City, sebuah kota metropolitan fiksi yang dibuat berdasarkan tata letak New York City. Permainan mengikuti kisah seorang penjahat bernama Claude yang dikhianati oleh pacarnya dalam pencurian bank. Ia pun berusaha untuk menduduki tingkat tertinggi dalam dunia kriminal di Liberty City. Permainan ini mengutamakan unsur pertempuran adu tembak yang disajikan dalam sudut pandang orang ketiga dan misi kejar-kejaran dengan mobil.


10. God of War

Game ini dibuat berdasarkan mitologi Yunani Kuno. Pemain mengontrol Kratos, seorang prajurit Spartan yang melayani para Dewa Olympus. Dewi Athena menugaskan Kratos untuk membunuh Ares, seorang dewa perang, yang mempengaruhi Kratos untuk membunuh keluarganya sendiri. Permainan ini menampilkan unsur pertempuran yang sangat seru, fantastis, dan disajikan dalam grafis yang menakjubkan. Satu hal yang harus diperhatikan, ada berbagai aspek dalam game yang penuh darah dan terkesan sadis.


9. Pro Evolution Soccer/ Winning Eleven

Sebuah serial game sepakbola yang sangat populer di seluruh dunia. PES dan Winning Eleven diproduksi oleh Konami dan menjadi judul yang wajib dimiliki oleh para pemilik rental PlayStation. Dengan gameplay yang cepat, Master League mode, dan puluhan tim dari berbagai negara yang bisa dipilih, PES dan Winning Eleven selalu dianggap sebagai game sepakbola terbaik pada masanya, sebelum disaingi oleh FIFA dalam lima tahun terakhir.


8. Kingdom Hearts

Permainan ini menandai keputusan Square Enix untuk menciptakan game RPG yang berbeda dari biasanya, memperkenalkan elemen action yang cukup dominan. Kingdom Hearts juga menampilkan jalan cerita yang sangat bagus, mengombinasikan karakter-karakter khas game Jepang dengan tokoh kartun Disney. Sejak dirilis, seri Kingdom Hearts telah terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia dan sampai saat ini menduduki peringkat kesembilan sebagai game PlayStation terlaris sepanjang masa.


7. Resident Evil 4

Kisah Resident Evil 4 bercerita tentang agen khusus Leon S. Kennedy yang dikirim pada misi untuk menyelamatkan Ashley Graham, putri Presiden AS, yang telah diculik oleh kelompok teroris beraliran sesat. Bepergian ke daerah pedesaan terpencil di Eropa, Leon kali ini harus melawan penduduk desa gila yang menyerupai zombie, monster hasil mutasi yang sangat kuat, dan kembali bertemu dengan seorang mata-mata misterius, Ada Wong.


6. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

Metal Gear Solid 2 mengusung tema "Tactical Espionage Action", dan sebagian besar permainan melibatkan unsur stealth di mana pemain harus menyelusup ke markas musuh tanpa terdeteksi. Cerita ini berkisah tentang "Big Shell", sebuah pembangkit nuklir lepas pantai yang telah diduduki oleh sekelompok teroris yang menyebut diri mereka "Sons of Liberty". Mereka menuntut uang tebusan besar dan mengancam untuk menghancurkan tempat tersebut dan menciptakan bencana lingkungan dahsyat jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. Di sinilah peran anda sebagai seorang agen khusus diperlukan untuk menggagalkan misi jahat tersebut.


5. Tekken Tag Tournament


Game fighting ini merupakan salah satu serial Tekken yang terbaik. Dibuat dengan grafis dan gameplay yang lebih keren, Tekken Tag mendapat review positif dari berbagai kritikus. GameSpot memberikan nilai 9,6 dari 10. Game ini juga mendapat skor agregat 85 pada Metacritic. IGN memberikan skor 8,7 dari 10 dan memuji grafis serta gerakan karakter yang sangat halus. Pada tahun 2007, IGN memasukkan Tekken Tag Tournament dalam urutan ke-23 dalam daftar game terbaik PlayStation 2 sepanjang masa.


4. Grand Theft Auto: San Andreas


Game ini mengisahkan kisah anda sebagai CJ, seorang mantan narapidana berkulit hitam di dunia yang penuh dengan kriminalitas dan kejahatan. Ia harus melindungi keluarga dan teman-teman terdekatnya dari serangan geng lawan, polisi pemeras, dan pihak-pihak lainnya. Hal inilah yang membuat CJ harus melakukan berbagai kejahatan seperti perampokan, pencurian, penyanderaan, pemerasan, hingga pembunuhan. Jalan cerita yang solid dan gameplay yang lebih variatif membuat San Andreas sangat populer di kalangan gamer PS2.


3. God of War 2


Masih berkisar tentang kisah Kratos yang kali ini sudah menjadi seorang Dewa Perang di dunia legenda Yunani Kuno, God of War 2 menampilkan sebuah game action-adventure yang nyaris sempurna. Monster-monster fantasi disajikan dalam grafis yang lebih indah, sistem pertempuran yang lebih sadis dan realistis, serta tentu saja jalan cerita yang lebih fantastis. Permainan ini wajib dimainkan bagi anda pemilik konsol PS2 yang ingin mengetahui arti dari sebuah "masterpiece" dalam dunia video game.


2. Grand Theft Auto: Vice City


Walaupun lebih kuno dari San Andreas, Vice City dianggap memiliki jalan cerita yang lebih baik. Berlokasi di Vice City, sebuah kota fiksi yang dibuat berdasarkan kota Miami, cerita berfokus di kehidupan seorang anggota mafia bernama Tommy Vercetti yang baru saja dibebaskan dari penjara. Game ini menceritakan petualangan Tommy dalam membangun sebuah kerajaan kriminal dan merebut kekuasaan dari organisasi kriminal lain di Vice City. Vice City juga dibangun dengan sangat indah, diisi dengan bangunan, kendaraan, dan orang-orang yang tampak nyata. Seperti permainan lainnya dalam seri GTA, Vice City memiliki unsur-unsur adu tembak dan kejar-kejaran dengan berbagai kendaraan, serta menjanjikan dunia yang luas untuk dijelajahi secara bebas.


1. Shadow of the Colossus



Alur cerita game action-adventure ini berfokus pada seorang pemuda bernama Wander yang memasuki sebuah tempat terlarang. Wander harus melakukan perjalanan melintasi hamparan luas di atas kuda dan mengalahkan enam belas monster raksasa yang dikenal dengan nama "colossi" untuk mengembalikan kehidupan seorang gadis bernama Mono. Tak hanya sekedar memiliki gameplay yang bagus dan menarik, kisah cinta antara Wander dan Mono bahkan dianggap sebagai salah satu kisah paling romantis dalam dunia game.

Shadow of Colossus sering dianggap sebagai sebuah karya besar dalam industri video game karena menampilkan desain yang minimalis namun indah, gameplay mendalam dan cerita yang sangat emosional. Unsur musik dan soundtrack dalam game ini juga banyak dipuji. Permainan ini memenangkan beberapa penghargaan untuk kategori audio, desain karakter, dan kualitas gameplay secara keseluruhan. Tak heran jika kemudian Wikugame menobatkan Shadow of Colossus sebagai game PS2 terbaik sepanjang masa yang wajib dimainkan oleh setiap gamer.

Selamat bernostalgia, dan jangan ragu untuk kembali memainkan game-game klasik nan berkualitas ini!

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top