Wednesday, December 25, 2013

50 Game GBA Terbaik Sepanjang Masa

Posted at  9:59 AM  |  in  Top10

GBA atau Game Boy Advance adalah salah satu konsol game genggam paling populer yang pernah diproduksi. Konsol ini telah melahirkan ribuan judul permainan yang kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa game dari GBA bahkan dianggap menjadi inspirasi bagi game-game yang dirilis untuk konsol generasi selanjutnya.

Nah, di sini Wikugame akan memberikan ranking 50 game GBA terbaik sepanjang masa yang mungkin masih ingin anda mainkan, baik menggunakan konsolnya secara langsung ataupun melalui emulator. Sudahkah anda pernah memainkan semua judul di bawah ini?

50. Tactics Ogre: The Knight of Lodis


Tactics Ogre: The Knight of Lodis menawarkan sebuah game strategi dengan elemen RPG di dalamnya. Pemain dapat menyewa atau merekrut karakter lain untuk digunakan dalam pertempuran, dan setiap karakter memiliki kelas, ability dan beragam senjata, peralatan dan mantra sihir yang bisa digunakan. Game ini memiliki lima ending yang berbeda yang bisa didapatkan, dan dianggap sebagai salah satu permainan bergenre strategi dengan nilai review tertinggi untuk konsol GBA.


49. Tekken Advance

Tekken Advance adalah permainan bergenre pertarungan yang dirilis untuk Game Boy Advance. Game ini menggunakan karakter yang muncul dalam serial Tekken 3, disajikan dalam grafis yang lebih sederhana dan gameplay dengan alur pertarungan yang lebih cepat.


48. Mario Tennis: Power Tour

Dalam game ini, pemain bermain tenis dengan karakter lain, baikdalam nomor  ganda dan single, dan ada beberapa jenis pukulan khusus seperti topspin, slice, dan "Power Shots". Ada pula Offensive Power Shots dan Defensive Power Shots yang membuat permainan menjadi lebih menarik. Offensive Power Shots adalah serangan yang sangat kuat, di mana pemain yang terkena serangan ini bisa terlempar dan terpental Defensive Power Shots berfungsi sebagai perisai yang bisa mencegah dan mengurangi efek dari Offensive Power Shots.


47. Puyo Pop

Puyo Pop adalah game sejenis tetris yang sudah dirilis sejak tahun 1991. Bedanya, dalam game ini digunakanlah monster-monster lucu sebagai pengganti blok-blok tetris. Permainan yang simpel ini ternyata cukup bisa membuat kita kecanduan dan menghabiskan waktu yang lama di depan konsol GBA.


46. Dragon Ball Z: The Legacy of Goku

Permainan ini mengikuti kisah Dragon Ball Z sampai kehancuran Planet Namek. Goku adalah satu-satunya karakter yang dapat dimainkan. Goku menempuh perjalanan melalui tahapan yang berbeda dengan versi koiknya, termasuk beberapa lokasi bumi dan planet Namek. Anda bisa meningkatkan kemampuan Goku dengan cara mengumpulkan poin pengalaman yang bisa diperoleh tidak hanya dengan mengalahkan musuh, tetapi juga dengan menyelesaikan misi sampingan. Pada level akhir Goku berubah menjadi Super Saiyan untuk mengalahkan Frieza yang merupakan lawan utama di dalam game.


45. Riviera: The Promised Land

Dalam game RPG ini, pemain berperan sebagai Ein, seorang Grim Angel, yang harus berperang melawan setan serta tokoh antagonis yang dikenal dengan sebutan "Accursed". Dia ditemani oleh empat karater lain-Fia, Lina, Serene dan Cierra-serta seekor kucing yang akrab disapa dengan panggilan Rose. Riviera juga mengandung unsur-unsur game simulasi kencan, di mana anda bisa memperoleh ending yang berbeda dengan mengambil beberapa keputusan yang dibuat sepanjang permainan.


44. Metal Slug Advance

Game ini kurang lebih sama dengan Metal Slug versi PlayStation, di mana pemain harus menembak berbagai musuh untuk mencapai level selanjutnya. Pemain bermain sebagai anggota baru, Walter Ryan atau Tyra Elson, dalam sebuah misi survival di mana mereka harus mencoba menembus pertahanan musuh dan mengalahkan berbagai boss dalam setiap level.


43. Super Monkey Ball Jr.

Super Monkey Ball Jr adalah permainan puzzle untuk Game Boy Advance yang dibuat berdasarkan game Super Monkey Ball yamg dirilis untuk GameCube. Permainan ini adalah salah satu dari sedikit game di GBA yang disajikan dalam grafis tiga dimensi. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menggerakkan seekor monyet yang  terjebak dalam sebuah bola dengan memiringkan labirin dan mencapai titik finish.


42. Mario VS Donkey Kong

Dalam Mario vs Donkey Kong, pemain berperan sebagai Mario yang sedang mengejar Donkey Kong melalui sebuah pabrik mainan. Donkey Kong dikejar mencuri beberapa lusin mainan Mini-Mario. Permainan ini memiliki gameplay yang sama (dan memiliki ending yang serupa) dengan  permainan Donkey Kong versi GameBoy Color. Selain itu, Mario juga memiliki kemampuan untuk melakukan handstand dan backflips (salto) dalam kejar-kejarannya dengan Donkey Kong.


41. Boktai: The Sun is in Your Hand

Dalam game ini, pemain mengambil peran Django, seorang pemburu vampir, yang menggunakan senjata yang disebut "Gun Del Sol" (Solar Gun). Senjata ini menyalurkan energi matahari untuk membakar musuh, dan bisa dimainkan dengan sensor yang terdapat pada cartridge Game Boy. Untuk mengisi senjata dalam game, pemain harus benar-benar memainkan Game Boy Advance di luar ruangan di siang hari (agar sinar matahari dunia nyata bisa ditangkap oleh sensor cahaya). Jika pistol pemain kehabisan cadangan cahaya dan tidak ada sinar matahari yang tersedia, maka pemain tak bisa menggunakan senjatanya dan satu-satunya opsi yang tersedia adalah dengan menghindari musuh.


40. Broken Sword: Shadow of the Templars


Broken Sword: The Shadow of the Templar (juga dikenal dengan judul Circle of Blood di Amerika Serikat) adalah game petualangan point-and-click yang dikembangkan oleh Revolution Software pada tahun 1996. Pemain berperan sebagai George Stobbart, seorang turis Amerika di Paris, saat ia mencoba untuk mengungkap sebuah konspirasi misterius. Permainan berlangsung di lokasi nyata maupun fiksi di Eropa dan Timur Tengah.


39. Iridion II

Iridion II adalah video game berjenis "shooter-scrolling" yang dikembangkan oleh Shin'en. Dalam game ini, pemain berperan sebagai pilot kendaraan tempur yang bernama SHN-27 dan harus melalui tiga mode permainan yang berbeda. Setelah berhasil menyelesaikan Story Mode, pemain bisa membuka mode lainnya seperti "Arcade" dan "Challenge".


38. Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah game pertama dalam konsol Game Boy Advance untuk serial Harvest Moon, dan merupakan versi remake dari Harvest Moon: Back to Nature. Pemain berperan sebagai seorang petani yang tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin dari berbagai aktivitas seperti menanam tanaman dan memelihara ternak. IGN memberi nilai review game ini dengan skor 8,9, dan memuji keindahan grafis yang disajikan di dalam game. GameRankings memberi skor revuew yang cukup tinggi, yaitu 82,4% , membuatnya dianggap sebagai salah satu judul game Harvest Moon terbaik sepanjang masa.


37. Bomberman Tournament

Game ini cukup seru, di mana anda harus bertanding di suatu lokasi dan mencoba meledakkan musuh-musuh anda dengan bom. Ada delapan arena (dalam mode Battle) yang bisa dipilih untuk bertempur dengan musuh anda. Di dalam arena, ada pula berbagai objek berbahaya seperti perangkap yang bisa mengurangi Health Point karakter pemain. Selain itu, ada pula berbagai Power-Up yang membuat game menjadi jauh lebih seru dan menantang.


36. Mario Golf: Advance Tour

Permainan ini menggabungkan game golf dengan unsur RPG. Mario Golf: Advance  Tour dilengkapi dengan peta overworld, di mana pemain bisa berkeliling dan berinteraksi dengan lintasan golf dan objek yang berbeda. Dalam game ini, ada empat karakter yang bisa dipilih (Marion, Palms, Dunes, Links) untuk berpartisipasi dalam turnamen. Pemain harus berkompetisi di turnamen ini membuktikan diri menjadi "pegolf terbaik", untuk bisa bertarung melawan Mario. 


35. Rayman Advance

Rayman adalah permainan berjenis "side-scrolling". Pemain mengendalikan makhluk bernama Rayman, yang harus melakukan perjalanan melalui enam dunia (The Dream Forest, Band Land, Blue Mountains, Picture City, The Caves of Skops dan Candy Château) untuk membebaskan semua Electoons yang terjebak dalam sangkar. Enam sangkar tersebut terletak dalam lokasi tertentu dalam setiap level. Jika semua Electoons berhasil dibebaskan, Rayman dapat mencapai level terakhir menghadapi Mr Dark di sarangnya di Candy Château.


34. Lunar Legends

Lunar Legends adalah game RPG yang dirilis untuk Nintendo Game Boy Advance yang dikembangkan oleh Japan Art Media dan dipublikasikan secara internasional oleh Ubisoft, yang juga menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Game ini menampilkan ulang peristiwa yang terjadi dalam Lunar: The Silver Star dengan sedikit perubahan. Semua karakter dari game sebelumnya juga dimunculkan kembali dalam game ini, hanya beberapa dialog dan adegan saja yang dibuat berbeda.


33. Klonoa: Empire of Dreams

Klonoa: Empire of Dreams dimainkan seperti kebanyakan game 2D sidescroller di mana pemain menggerakkan Klonoa dari kiri ke kanan dan mengalahkan musuh dengan menggunakan "wind bullet", sebuah cincin khusus yang bisa menembakkan embusan angin kecil. Game ini disajikan dalam desain karakter yang imut-imut dan lucu serta grafis yang cukup indah.


32. Ultimate Card Games

Sekumpulan kompilasi permainan kartu klasik seperti Soliter, Rummy, Hearts, Spades, Bridges dan masih banyak lagi. Selain itu, ada permainan kasino seperti BlackJack dan Poker. Game ini simpel, namun sangat efektif untuk mengisi kebosanan.


31. Fire Emblem: The Sacred Stones

Sebuah game RPG-strategi yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam konsol GBA. Ada puluhan karakter yang bisa direkrut, puluhan skill dan kelas yang berbeda, dan jalan cerita dengan ending bercabang. Sebagian besar skor review untuk game ini sangatlah positif. The Sacred Stones menerima nilai  8,8 dari GameSpot dan 4.5 bintang dari Gamespy. The Sacred Stones juga dinominasikan untuk kategori "Role-Playing Game Terbaik"dan" Best GBA Game"di penghargaan tahunan GameSpot tahun 2005.


30. Wario Land 4


Wario Land 4 adalah game berjenis "platformer" (sama seperti versi klasik Super Mario) yang dikembangkan oleh Nintendo dan dirilis untuk Game Boy Advance. Dalam permainan ini, Wario harus mengumpulkan empat harta karun untuk membuka piramida dan menyelamatkan Princess Shokora dari The Golden Diva. Wario dianggap sebagai "versi jahat" dari Mario dan sudah sering tampil dalam beberapa judul game khususnya untuk konsol  GBA.


29. Mega Man Zero

Seperti dalam serial Mega Man X, Mega Man Zero adalah permainan platform dua dimensi dengan sistem run and shoot dengan penekanan pada menghafal pola serangan boss dan memilih senjata yang tepat untuk digunakan melawan musuh. Sebuah tambahan baru dalam game ini adalah adanya sistem senjata elemental. Menggunakan jenis elemen yang tepat dengan menganalisa kelemahan musuh bisa menimbulkan damage yang jauh lebih besar dan efektif.


28.  F-Zero: Maximum Velocity

F-Zero Maximum Velocity adalah video game balap futuristik yang dikembangkan oleh Nd Cube dan diterbitkan oleh Nintendo untuk Game Boy Advance (GBA). Pemain mengontrol pesawat ruang angkasa super cepat dan bisa memperoleh power up sepanjang balapan. Tujuan game ini hanya satu, finish secepat mungkin di posisi pertama.


27. Tony Hawk's Underground

Tony Hawk Underground adalah video game dengan tema skateboard. Untuk pertama kalinya dalam seri, pemain bisa berjalan, berlari dan memanjat lingkungan sekitar tanpa perlu menggunakan berbagai trik di atas skateboard. Pemain juga dapat turun dari skateboard di tengah combo trik dan melanjutkan combo di tempat lain, asalkan ia masih berada dalam batas waktu yang ditentukan. Game ini juga memiliki berbagai trik skateboard lain yang terkesan lebih canggih dan realistis.


26. Kirby & The Amazing Mirror

Game ini menampilkan petualangan Kirby, salah satu karakter video game paling imut yang pernah dibuat. Sama seperti pendahulunya, di sini anda harus menemukan jalan di setiap level dengan menghadapi berbagai musuh yang lucu dan menggemaskan.


25. Gunstar Super Heroes

Dalam permainan ini, anda berperan sebagai seorang super hero dari dunia di masa depan. Ia harus menyelamatkan dunia dari kehancuran dengan menghadapi berbagai monster maupun robot musuh. Selain karakter utama "Red" dan "Blue", ada pula sosok "Yellow" yang bertempur di sisi anda untuk menghadapi pasukan Golden Silver yang jahat. Game ini dipuji oleh banyak kalangan, bahkan mendapat penghargaan sebagai "GBA Game of the Year" dalam E3 Conference tahun 2005.


24. Sonic Advance

Permainan mengikuti petualangan Sonic dan teman-temannya saat mereka melakukan perjalanan melalui berbagai zona untuk menghentikan Dr Eggman mengambil alih Southern Island. Permainan ini memiliki empat karakter yang bisa dimainkan, Sonic, Tails, Knuckles dan Amy. Setiap karakter memiliki moveset yang sama seperti yang mereka lakukan di Sonic the Hedgehog 3 dan Sonic & Knuckles, dengan penambahan serangan melee. Masing-masing karakter memiliki kemampuan khusus, seperti Sonic yang mampu  membentuk perisai sambil berlari atau Knuckles yang mampu melayang dan meluncur.


23. Advance Wars 2: Black Hole Rising

Permainan ini adalah salah satu seri dalam franchise Advance Wars yang bertemakan game perang dalam grafis dua dimensi ala anime. Seperti permainan lainnya dalam franchise, game ini menerima review yang cukup baik, mencapai skor agregat 89 persen dari Metacritic dan 89,96 persen dari GameRankings. Game ini juga memenangkan European Trade Computer Show untuk kategori Permainan Handheld Terbaik pada tahun 2003.


22. Ninja Five-O

Pemain mengambil peran ninja polisi Joe Osugi, yang bertempur melawan sekelompok master ninja jahat dan organisasi teroris yang bekerja di bawah kendali mereka. Ninja Five-O memungkinkan pemain bertarung menggunakan pedang ninja shuriken, sihir ninjutsu dan hook khusus ninja untuk membuat gerakan akrobatik dalam pertarungan. Walaupun sederhana, permainan ini mendapatkan review yang cukup bagus dari berbagai media.


21. The Legend of Zelda: The Four Swords

Permainan bercerita tentang tokoh utama bernama Link yang melakukan sebuah petualangan untuk mengembalikan perdamaian di Hyrule dari kemunculan penjahat bernama Shadow Link. Four Swords Adventures dianggap sebagai game ke-48 terbaik yang pernah dibuat pada sistem Nintendo dengan Nintendo Power, dan menerima agregat skor review 86% dari Metacritic. Game ini juga merupakan game terlaris ketiga pada bulan Juni 2004 di Amerika Utara, dengan jumlah penjualan mencapai 155.000 unit, dan hingga kini telah terjual total  250.000 unit.


20. Golden Sun: The Lost Age


The Lost Age adalah sebuah game RPG yang menempatkan pemain dalam peran sebagai seorang ahli sihir bernama Felix yang berusaha untuk mengembalikan kekuatan alchemy ke dunia Weyard. Sepanjang jalan, pemain menggunakan Psynergy untuk mengalahkan musuh dan menemukan lokasi baru, membantu penduduk setempat, dan menemukan "elemental djinn" yang bisa meningkatkan kekuatan dan kemampuan khusus karakter.


19. Drill Dozer

Drill Dozer adalah game action platformer di mana pemain mengontrol Jill yang bersenjatakan senjata yang menyerupai bor bernama "Drill Dozer". Ada tujuh belas level yang dipenuhi musuh, hambatan, dan teka-teki yang memaksa Jill untuk menggunakan bor Drill Dozer-nya dalam berbagai cara. Bor ini diaktifkan dengan hanya menekan salah satu tombol di konsol GBA. Tombol R berfungsi untuk memutar bor ke depan dan tombol L berfungsi untuk memutar bor ke belakang.


18. Warioware: Twisted

Permainan ini dari berbagai teka-teki dan puzzle. Dalam permainan, Wario dan temannya Dr Crygor menciptakan sebuah Game Boy Advance yang hanya bereaksi ketika dimiringkan. Permainan mengikuti gameplay WarioWare di mana berbagai puzzle berlangsung hanya beberapa detik. Game ini dimainkan dengan cartridge yang menggunakan sensor gyro, di mana pemain harus berputa-putar sambil memegang gameboy-nya untuk memainkan game.


17. Castlevania: Harmony of Dissonance

Sebuah game petualangan dua dimensi yang mengikuti kisah seorang pemburu drakula. Harmony of Dissonance bersetting di alam semesta fiksi dari seri Castlevania, di mana di dalamnya terjadi konflik abadi antara pemburu vampir dari klan Belmont dan vampir bernama Dracula. Dengan periode waktu lima puluh tahun setelah Simon Belmont memusnahkan kutukan Dracula, Harmony of Dissonance berfokus pada kisah cuccunya, Juste Belmont dan usahanya untuk menyelamatkan teman masa kecilnya yang diculik oleh sekelompok vampir.


16. Astro Boy: Omega Factor

Omega Factor adalah game bergenre "beat 'em up" yang menampilkan sosok Astro Boy, karakter utama dari media franchise Astro Boy. Astro menyerang musuh dengan menggunakan pukulan bertenaga tinggi dan tendangan maut yang bisa menghancurkan lawan-lawannya seketika. Astro juga mampu melakukan serangan khusus yang lebih kuat, serta terbang menggunakan tenaga roket, yang meningkatkan kecepatannya dengan drastis.


15. Sonic Advance 3

Permainan memiliki tujuh level utama yang masing-masing memiliki "Zone Map" tersendiri. Tiap Zone Map memiliki tiga level yang dapat dimainkan dalam urutan bebas, tapi ketiga harus diselesaikan untuk melawan boss. Tiap Zone Map juga memiliki dua mini game di mana pemain dapat memperoleh Extra Life. Pemain dapat beralih antar Zone Map dengan masuk ke "Sonic Factory".  Selain level yang menantang, game ini juga memiliki dua ending yang berbeda.


14. Fire Emblem

Fire Emblem adalah turn-based tactics role-playing game di mana pemain menggerakan sekelompok kecil pasukan di atas medan tempur yang terbagi dalam petak persegi. Pemain harus memerangi musuh-musuh mereka dalam rangka menyelesaikan tujuan dan misi tertentu. Game ini memiliki elemen yang terdapat dalam RPG tactics lainnya dengan fitur seperti kelas karakter dan kemampuan untuk naik level. Fire Emblem telah menerima pujian terutama untuk jalan cerita yang dinilai sangat bagus dan pengembangan karakter yang luar biasa mendalam serta gameplay yang seru.


13. Metroid Zero Mission

Game action-adventure yang dibuat untuk konsol GBA ini bercerita tentang petualangan Samus Aran dalam perjalanannya ke Zebes setelah mengetahui bahwa Space Pirates sedang melakukan sebuah eksperimen ilegal. Permainan ini terkesan klasik dan sederhana, namun sangat seru dan menuntut anda untuk memutar otak saat memainkannya. Game ini menerima beberapa penghargaan, di antaranya adalah ditempatkan di peringkat ke-46 dalam daftar Top 200 Game Nintendo terbaik sepanjang masa.


12. Final Fantasy Tactics Advance

Dalam permainan ini, pemain mendirikan sebuah klan dan mengontrol mereka di atas medan perang yang berpetak-petak. Pemain bebas untuk menentukan kelas, kemampuan, dan statistik karakter dalam klan mereka.

Permainan berpusat pada cerita pada empat anak, Marche, Mewt, Ritz, dan Doned, yang tinggal di sebuah kota kecil bernama St Ivalice. Anak-anak tersebut masuk ke dalam dunia khayalan bernama "Ivalice", setelah menemukan sebuah buku sihir kuno. Cerita kemudian berfokus pada perjuangan Marche saat ia mencoba untuk kembali ke dunia nyata. Untuk melakukan hal itu, ia harus melawan berbagai musuh dan monster yang ada di dunia khayalan.


11. Kingdom Hearts: Chain of Memories

Game ini adalah salah satu game GBA pertama yang bisa menampilkan full motion video (FMV). Cerita berpusat di sekitar tokoh utama dari franchise ini, Sora, yang menjelajahi sebuah kastil misterius untuk mencari teman-temannya. Game ini memperkenalkan beberapa karakter baru dan berperan sebagai penghubung cerita antara Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II. Selain gameplay yang menarik, faktor yang paling dipuji dari permainan ini adalah grafisnya yang sangat indah.


10. Castlevania: Aria of Sorrow

Aria of Sorrow mengambil setting waktu pada tahun 2035, di mana Dracula telah lama dikalahkan dalam pertempuran besar di tahun 1999. Cerita mengikuti perjalanan Soma Cruz, remaja yang mewarisi kekuatan dari sosok Drakula. Ia berusaha untuk melawan makhluk-makhluk kegelapan yang ingin merebut kekuatannya. Aria of Sorrow menerima pujian yang sangat tinggi dari beberapa media video game, dan dianggap sebagai permainan terbaik dalam seri Castlevania sejak Symphony of the Night yang dirilis untuk konsol PSX.


9. Mario Kart: Super Circuit

Mario Kart: Super Circuit adalah judul ketiga dalam seri Mario Kart yang dirilis untuk Game Boy Advance. Tujuan dalam permainan ini adalah untuk meraih posisi pertama dalam balapan, seperti kebanyakan game balap lainnya. Setiap balapan diikutii delapan kontestan, semua berusaha untuk menang. Pemain dapat mengambil Item Box yang berisi item maupun senjata. Menggunakan barang-barang ini sangat membantu, tapi karakter yang dikendalikan komputer juga dapat menggunakan item dan senjata yang mereka dapatkan. Singkat kata, game ini hampir mirip dengan Crash Team Racing di konsol PSX.


8. Pokemon Ruby & Sapphire

Pokémon Ruby, Sapphire, dan Emerald merupakan bagian dari generasi ketiga dari seri video game Pokémon, juga dikenal sebagai "Advanced Generation". Seperti game sebelumnya, tujuan utama dalam permainan ini  adalah untuk menangkap semua Pokemon dalam permainan dan mengalahkan Elite Four (sekelompok Pokémon trainer). Ada pula subplot utama permainan di mana karakter utama harus mengalahkan sebuah organisasi kriminal yang mencoba untuk mengambil alih wilayah tersebut. Fitur-fitur baru, seperti pertempuran ganda dan skill Pokémon ditambahkan dan disajikan dengan lebih detail.


7. WarioWare: Mega MicroGames$

WarioWare berkisar pada konsep "microgames", kumpulan minigames yang berlangsung hanya beberapa detik. Dalam microgames ini, pemain harus mencari tahu apa yang seharusnya mereka lakukan, dibantu oleh sebuah kata atau frase yang muncul sebentar di layar. Aktivitas dalam microgames ini antara lain dari menembak nomor-nomor tertentu dari target, memilih jawaban pilihan ganda, atau hanya bertahan sampai waktu yang ditentukan berlalu. Pemain diberi empat lifes (nyawa), dengan permainan berakhir jika pemain kehilangan semua lifes mereka.


6. Sonic Advance 2

Permainan ini adalah sekuel Sonic Advance yang mengalami modifikasi cukup besar. Gameplay terdiri dari beberapa level yang disebut dengan "defeating zone" masing-masing level memiliki karakteristik mereka sendiri yang unik. Setelah menyelesaikan semua defeating zone, pemain akan menghadapi Doctor Eggman, tokoh antagonis utama dalam permainan ini. Dibandingkan seri pertama atau seri ketiganya, game Sonic Advance dianggap yang paling unggul dari segi gameplay.


5. Advance Wars


Game strategi perang dengan grafis dua dimensi ini dinilai merupakan salah satu yang terbaik dalam konsol GBA. Permainan ini awalnya direncanakan hanya rilis di Jepang karena Nintendo merasa bahwa konsumen dari negara Barat tidak akan tertarik dalam permainan turn-based, atau dalam permainan rumit seperti Advance Wars. Untuk memungkinkan permainan ini dirilis di luar Jepang, akhirnya para pengembang membuat mekanik game menjadi lebih mudah dimengerti dan menambahkan tutorial mendalam yang tidak membutuhkan pemain untuk membaca manual. Hasilnya, game ini disambut dengan sangat baik oleh para gamer internasional.


4. Golden Sun


Golden Sun adalah game RPG GBA yang dirilis pada tahun 2001. Kisah Golden Sun ini mengikuti sebuah kelompok ahli sihir yang bertempur untuk melindungi dunia yang bernama Weyard dari alchemy, kekuatan terlarang yang sangat mematikan. Selama petualangan mereka, para ahli sihir ini mendapatkan kemampuan baru (disebut Psynergy) yang mereka gunakan membantu orang lain. Cerita berlanjut menjadi lebih menarik ketika para ahli sihir mempelajari lebih lanjut tentang mengapa alchemy sangat berbahaya sehingga harus disegel selama bertahun-tahun.


3. Mario & Luigi: Superstar Saga


Sebuah role-playing game, berpusat pada sistem pertempuran yang berbeda dari kebanyakan RPG lainnya, dengan penekanan pada timing serangan. Cerita dimulai di Mushroom Kingdom, tetapi berkembang ke Beanbean Kingdom di mana pemain menghabiskan sebagian besar waktu petualangan. Dalam permainan, Mario dan Luigi harus bertempur melawan Cackletta, tokoh antagonis utama. Konflik dimulai ketika Cackletta, dengan bantuan asistennya Fawful, mencuri suara Princess Peach setelah menyamar sebagai seorang duta utusan dari Beanbean Kingdom.


2. Metroid Fusion


Metroid Fusion adalah sebuah game action-adventure shooter di mana pemain mengontrol Samus Aran, seorang prajurit luar angkasa yang bertempur melawan para alien jahat. Seperti permainan sebelumnya dalam serial Metroid, Metroid Fusion diatur dalam dunia open world dengan lift yang menghubungkan antar daerah. Berkat gameplaynya yang luar biasa menarik, game ini meraih sukses besar di pasaran. Dalam bulan debutnya bulan November 2002 di Amerika Serikat, 199.723 eksemplar dari Metroid Fusion berhasil terjual, dengan total pendapatan sebesar $ 5.590.768, menjadikannya sebagai permainan Game Boy Advance terlaris ketiga pada bulan tersebut dan terlaris kesepuluh di semua platform. Kesuksesan berlanjut ketika game ini terjual lebih dari 1,08 juta kopi di Amerika Utara pada bulan Agustus tahun 2006, dengan pendapatan lebih dari $ 27 juta.


1. The Legend of Zelda: The Minish Cap


Game petualangan ini bercerita tentang sebuah topi ajaib yang bisa berbicara bernama Ezlo, yang dapat mengecilkan Link (tokoh utama) ke ukuran Picori, ras berukuran jempol yang hidup di Hyrule. Permainan mempertahankan beberapa fitur umum dalam game Zelda sebelumnya dan menambah fitur gameplay baru yang sangat menarik

Dalam game ini, Protagonis utama, Link, harus menjelajahi beberapa dungeons untuk mendapatkan barang atau perangkat tambahan. Setiap  "boss" yang dikalahkan memiliki item langka yang bisa menambah kekuatan. Permainan juga mencakup beberapa "side quest" atau misi opsional yang bukan merupakan bagian dari petualangan utama tetapi jika diselesaikan akan memberikan imbalan yang cukup menarik bagi pemain.

Segala unsur dalam The Minish Cap disajikan dengan sangat sempurna, membuat banyak pihak menilai permainan ini layak disebut sebagai game GBA terbaik sepanjang masa yang layak dimainkan oleh setiap gamer.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top