Monday, December 16, 2013

10 Game Merawat Hewan Terbaik

Posted at  1:03 AM  |  in  Top10

Memelihara dan merawat hewan tak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, namun juga di alam virtual melalui video game. Dalam game, anda bahkan memiliki lebih banyak pilihan hewan peliharaan yang tidak terbatas. Ada yang berupa binatang-binatang yang biasa kita temui seperti anjing, kucing, dan ikan; namun ada pula hewan-hewan fantastis seperti monster yang hanya ada dalam khayalan.

Dalam artikel ini, Wikugame akan memberikan ulasan tentang sepuluh game merawat hewan terbaik. Karena temanya tentang pemeliharaan hewan, kami akan mencoba mengesampingkan beberapa judul seperti Pokemon dan Digimon yang lebih mementingkan unsur pertempuran daripada pemeliharaannya. Langsung saja, berikut daftar dari kami:



10. Spore


Spore adalah game merawat hewan yang di dalamnya terdapat unsur action, strategi real-time, dan role-playing game (RPG). Spore memungkinkan pemain untuk mengontrol perkembangan spesies dari awal, mulai dari organisme bersel satu (masih berbentuk bakteri) hingga melalui proses evolusi sampai mereka menjadi makhluk yang cerdas dan mampu melakukan berbagai eksplorasi. Game ini memiliki lingkup permaianan yang sangat besar, gameplay open-ended dan jalan cerita yang anda tentukan sendiri. Pemain dapat juga menciptakan spesies monster peliharaan mereka sendiri, mengembang-biakannnya, dan menguploadnya untuk dimainkan oleh pemain lain di seluruh dunia.


9. The Sims 3: Pets


The Sims 3: Pets adalah expansion pack kelima untuk The Sims 3 yang dirilis untuk PC dan Mac. Dalam game ini, ada sebuah kota baru yang disebut Appaloosa Plains. Kota baru tersebut memiliki toko khusus hewan peliharaan yang bisa anda beli untuk menjadi bagian dari keluarga, seperti kucing, anjing, dan ikan. Setiap hewan peliharaan akan memiliki kebutuhan khusus sendiri.

Ada pula berbagai hewan fantasi yang bisa dipelihara, seperti Unicorn yang bisa dikembangbiakkan dengan cara tertentu. Ada berbagai fitur khusus hewan yang bisa disaksikan dalam game ini, seperti kuda yang bisa ditunggangi, anjing yang dapat berenang di kolam renang, dan berbagai aktivitas lainnya. Dalam sebuah rumah tangga, anda dapat memiliki hingga 6 hewan peliharaan dalam jenis yang berbeda-beda.


8. Zoo Tycoon


Baru-baru ini, Zoo Tycoon dirilis khusus untuk Xbox ONE, sebuah konsol generasi baru yang menyajikan pengalaman bermain game dengan grafis yang mendekati kenyataan. Game ini memiliki konsep di mana anda harus membuka sebuah kebun binatang dan mengisinya dengan berbagai hewan, seperti jerapah, zebra, gajah, dan hewan-hewan langka lainnya.

Selain berfokus pada pemeliharaan hewan, ada juga unsur manajemen yang harus diperhatikan dalam Zoo Tycoon. Anda harus membuat kebun binatang tersebut menarik pengunjung sebanyak-banyaknya sehingga menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mengelola berbagai aspek seperti kesehatan dan kebersihan hewan-hewan di dalamnya.


7. 101 Shark Pets


101 Shark Pets adalah simulasi merawat hewan peliharaan yang dikembangkan oleh Teyon untuk Nintendo DSiWare. Sesuai dengan judulnya, hewan peliharaan yang dirawat dalam game ini adalah ikan hiu. Pemain harus mengurusi seekor hiu dan menjaga statistik poinnya setinggi mungkin dengan cara memperhatikan aspek kesehatan dan kebahagiaan, mengembangkan kepribadiannya, bermain game dan melakukan berbagai latihan. Permainan ini juga berisi beberapa mini-games seperti berburu harta karun, mengejar kapal, memecahkan puzzle, dan juga balapan.


6. EyePet


EyePet dirilis secara eksklusif untuk konsol PlayStation 3. Permainan menggunakan kamera untuk memungkinkan hewan peliharaan virtual berinteraksi dengan orang-orang dan benda-benda di dunia nyata. Menggunakan sistem bernama "augmented reality", hewan peliharaan bernama "Simian" yang berbentuk seperti monster aneh tersebut mampu melakukan berbagai gerakan sesuai dengan kondisi dunia nyata yang terekam oleh kamera. Pemain dapat menempatkan benda di depan hewan dan permainan akan menafsirkan benda tersebut dan melakukan respon yang sesuai. Sebagai contoh, jika pemain melemparkan bola ke arah kamera, Simian akan mencoba menangkap bola tersebut, atau justru menghindari lemparan anda. Simian juga akan bereaksi terhadap perintah suara dan berbagai gerakan sederhana seperti bertepuk tangan.


5. Monster Rancher


Dikembangkan oleh TECMO, Monster Rancher adalah serial permainan memelihara monster yang sudah diproduksi untuk berbagai macam konsol, mulai dari PlayStation, PS2, Nintendo DS, hingga GameBoy. Dalam game ini, pemain harus merawat monster-monster berbentuk aneh, melatihnya, dan mengajaknya melakukan ekspedisi atau memenangkan turnamen tertentu.

Fitur yang mengasyikkan adalah di mana anda bisa menggabungkan dua spesies monster untuk menghasilkan spesies jenis baru. Ada ratusan spesies yang bisa didapatkan, mulai monster berukuran kecil hingga yang berukuran raksasa, masing-masing memiliki kemampuan tersendiri.


4. SimAnimals


SimAnimals adalah kehidupan simulasi video game yang diterbitkan oleh Electronic Arts untuk sistem konsol Nintendo DS dan Wii. Ada ratusan jenis bintang dari dunia nyata yang bisa dipelihara dalam game ini, mulai dari berbagai jenis burung, mamalia, reptil, hingga berbagai jenis hewan langka. Ada juga fitur yang memungkinkan anda untuk bercocok tanam dan menumbuhkan berbagai tumbuhan langka.

SimAnimals boleh dibilang sebagai game merawat hewan yang paling realistis. Anda harus memberi makan hewan peliharaan, memberinya tempat tinggal yang nyaman, dan tentu saja bermain bersama hewan-hewan peliharaan tersebut. Game ini sangat mirip dengan The Sims, namun dikhususkan untuk binatang saja.


3. Pou


Pou adalah aplikasi game mobile untuk Blackberry, iOS dan Android, dikembangkan dan diterbitkan oleh Paul Salameh. Game ini memiliki karakter utama sesosok alien yang menyerupai kentang berbentuk segitiga. Dia bisa diberi makan, dibersihkan, diajak bermain, dan ditidurkan. Ada juga mini game dalam aplikasi dan koin yang digunakan untuk membeli kostum, dekorasi, dan memodifikasi lingkungan permainan. Secara singkat, Pou bisa digambarkan sebagai sebuah game yang mirip dengan Tamagotchi. Pemain juga dapat berinteraksi dengan lainnya Pou yang dipelihara oleh pemain lainnya, atau bahkan melakukan berbagai pertandingan dengan Pou-Pou lain yang ada di seluruh dunia.


2. Nintendogs


Nintendogs adalah video game simulasi hewan peliharaan berbasis real-time yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol Nintendo DS. Nintendogs dimainkan dengan menggunakan touchscreen DS dan built-in microphone. Layar sentuh DS memungkinkan pemain untuk melakukan interaksi dengan anjing yang dipelihara serta menggunakan berbagai item yang dapat ditemukan atau dibeli. Contohnya adalah bola dan frisbees, mainan, pakaian, dan berbagai barang yang bisa membuat anjing anda merasa bahagia bahagia. Mikrofon digunakan untuk memanggil anjing pemain dengan mengucapkan nama yang diberikan untuk anjing di awal permainan serta untuk mengajarkan perintah sederhana seperti "duduk" atau "berguling". Pemain dapat membawa anjing mereka berjalan-jalan dan taman dan berinteraksi dengan pemain lain dalam multi-player dengan memanfaatkan fasilitas linkup wireless DS. Game ini juga menggunakan jam internal DS untuk membuat anjing merasa lapar atau perlu dibersihkan sesuai dengan waktu yang berlalu di dunia nyata.


1. Neopets



Neopets adalah situs yang memungkinkan pemain untuk memelihara virtual pet. Pemain dapat membuat account, membuat hewan peliharaan virtual sendiri (disebut dengan nama "Neopets"), dan membeli barang-barang virtual untuk mempercantik hewan peliharaan mereka.

Neopets memungkinkan pengguna untuk membuat dan merawat hewan peliharaan virtual yang disebut Neopets dan menjelajahi dunia maya bernama Neopia. Tidak ada tujuan tertentu yang harus dilakukan, tetapi pemain diharapkan untuk memberi makan dan merawat Neopets mereka ketika mereka merasa lapar atau sakit, meskipun Neopets tidak akan mati jika dibiarkan tanpa perawatan. Pemain juga dapat memperoleh barang-barang untuk berinteraksi dengan Neopet mereka, seperti buku, mainan, serta aksesoris seperti baju. Pengguna dapat membangun Neohome yang berfungsi sebagai rumah untuk Neopets dan melengkapinya dengan perabotan, wallpaper, dan barang-barang lainnya. Neopets bisa bertarung melawan Neopets lain atau karakter NPC di battledome untuk memperoleh bonus atau barang-barang tertentu.

Bagikan Artikel Ini

Tentang Penulis

Wiku Pulangasih adalah founder dan penulis utama blog Wikugame, dan saat ini sedang menempuh studi S-2 untuk mata kuliah Behavioural Science di India. Wiku menciptakan blog ini dengan tujuan utama untuk menghapus image negatif terhadap video game yang masih dominan di masyarakat, dan menunjukkan bahwa video game adalah produk budaya yang patut diapresiasi karena memiliki nilai seni yang tinggi.

0 comments:

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top