Monday, November 25, 2013

9 Game Membangun Kota Terpopuler

Posted at  11:30 PM  |  in  Top10

Membangun kota, negara, atau bahkan peradaban manusia menjadi salah satu tema yang cukup populer dalam dunia video game.  Permainan seperti SimCity terbukti mampu terjual hingga jutaan kopi ke seluruh dunia.  Jika anda merupakan penggemar game dengan tema di atas, pastikan untuk menyimak artikel Wikugame berikut.

Di sini, kami akan mencoba mengulas game-game membangun kota terbaik dan terpopuler sepanjang masa.  Satu hal lagi, permainan sejenis ini tak hanya melatih kemampuan manajemen anda, tapi biasanya juga berukuran ringan sehingga bisa dimainkan dalam komputer berspesifikasi rendah.


9.  Afterlife


Afterlife adalah game membangun kota yang cukup unik di mana pemain harus menciptakan "Surga" dan "Neraka" yang berguna untuk menghukum atau menghadiahi warga planet yang anda dirikan.

Pemain tidak akan secara manual menempatkan warganya ke Surga atau Neraka, karena hal ini diatur secara otomatis. Permainan lebih berfokus pada pembangunan berbagai infrastruktur serta fasilitas yang membuat Surga dan Neraka tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Selama permainan, anda akan ditemani dua penasehat (malaikat dan setan) yang selalu menyediakan berbagai peringatan dan tips. Permainan ini diisi dengan banyak referensi budaya pop-modern, membuatnya cukup menyenangkan dan menghibur.


Afterlife bisa disebut sebagai game tua (dirilis pada 1996), namun masih tetap layak dimainkan hingga saat ini.


8.  Immortal Cities: Children of Nile


Immortal Cities: Children of Nile adalah game simulasi yang dirilis pada tahun 2004 bersetting di peradaban Mesir kuno. Sekuel permainan ini dirilis pada tahun 2008 bersama dengan expansion pack yang membuatnya lebih mengasyikkan dan seru.

Immortal Cities: Children of Nile juga memasukkan aspek sistem perekonomian dan sistem budaya untuk gameplay yang menarik dan lebih realistis. Game ini memiliki fokus yang kuat pada interaksi dengan rakyay Mesir Kuno yang anda pimpin. Anda harus membangun infrastruktur yang cukup bagi mereka untuk hidup dan bekerja jika ingin membangun peradaban yang abadi.

Permainan dikemas dalam tampilan grafis yang cukup indah dan mendetail. Dibandingkan dengan permainan sejenis seperti SimCity, game ini juga relatif lebih mudah untuk dipelajari dan dimainkan.


7.  Dwarf Fortress


Permainan memberikan pemain kontrol atas sekelompok dwarf (kurcaci) yang harus membangun benteng yang kuat di atas sebuah gunung. Ada banyak bahaya mengintai yang mengancam benteng anda, termasuk bahaya dari alam, penjahat dan banyak monster yang kejam.

Setiap skenario di Dwarf Fortress diatur secara acak sehingga anda akan menemui peta, kondisi lingkungan, dan musuh-musuh yang berbeda setiap kali mengawali skenario baru. Permainan juga mencakup mode petualangan di mana pemain lebih fokus pada unsur penjelajahan dan menyelesaikan misi.

Dwarf Fortress telah menerima banyak pujian untuk mekanik gameplay yang mendalam dan konten yang menyenangkan. Game ini menjadi alternatif permainan membangun kota terbaik, walau grafis yang disajikan masih sangat sederhana.


6.  CivCity: Rome


CivCity: Rome adalah permainan populer yang menawarkan perpaduan game membangun kota dengan strategi perang.

CivCity: Rome berfokus pada pertumbuhan peradaban pada masa Kekaisaran Romawi dan memungkinkan pemain untuk membangun, memelihara, menjaga dan mengelola berbagai sumber daya di kota-kota kuno Romawi.

Game ini memiliki dua jenis permainan yang berbeda, mode sandbox dan mode campaign yang memiliki misi tertentu. Dalam mode campaign inilah pemain bisa menemukan berbagai karakter sejarah yang terkenal dari kerajaan Romawi, contohnya Julius Caesar..

CivCity memiliki konten yang cukup besar, dengan lebih dari 25 peta, 34 misi, 75 unit dan 115 bangunan yang berbeda. Permainan ini juga dilengkapi dengan editor game yang memungkinkan pemain untuk membuat misi dan peta mereka sendiri, yang nantinya bisa di-share ke seluruh dunia secara online.


5.  Cities XL


Cities XL adalah game yang sangat mirip dengan SimCity, memiliki tiga judul berbeda yang dirilis pada tahun 2009, 2010 dan 2011. Permainan ini awalnya difokuskan untuk dimainkan secara online, namun pada perkembangannya akhirnya dibuat untuk dimainkan secara single player.

Dalam Cities  XL pemain merancang kota mereka berdasarkan tiga kategori dasar bangunan (daerah perumahan, komersial dan industri). Ketiga aspek inilah yang nantinya sangat menentukan jumlah populasi kota anda, kesejahteraan penduduk, dan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Seri game ini telah menerima review positif, terutama karena gameplay yang sederhana dan grafis yang indah. Jika dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin di masa depan Cities XL mampu menyaingi SimCity.


4.  Tycoon City: New York


Tycoon City: New York adalah game membangun kota yang dirilis pada tahun 2006 yang berfokus pada pengembangan  New York City (di daerah Manhattan ). Dalam game ini, anda bisa menemukan bangunan-bangunan terkenal di New York, seperti Markas Besar PBB, Empire State Building, Chrysler Building, Patung Liberty dan Rockefeller Center.

Tycoon City: New York menawarkan dua mode permainan yang berbeda. Mode utama adalah campaign mode di mana pemain harus membangun New York distrik demi distrik. Pemain memulai game dari Greenwich Village, dan dengan menyelesaikan berbagai misi, maka pemain bisa membuka distrik-distrik lainnya.

Mode lain di Tycoon City: New York adalah mode sandbox yang memberikan pemain akses ke seluruh distrik. Aspek permainan tertentu seperti kecepatan membangun, modal awal dan kompetisi dengan rival dapat diatur sedemikian rupa untuk membuat permainan lebih sulit atau lebih mudah.

Pemain tidak memiliki kontrol dari posisi jalan (karena permainan ini didasarkan pada tata letak kota New York yang asli) dan lebih berfokus pada penempatan berbagai macam bangunan untuk mengisi ruang kosong yang telah tersedia.


3.  SimCity


SimCity adalah game simulasi membangun kota paling populer.  Dalam permainan ini, anda bisa mengatur segala aspek, mulai dari peletakan bangunan, kebijakan pemerintahan, jumlah pajak yang harus dibayar, serta berbagai hal lainnya.  Permainan ini bisa dibilang sebagai yang terdepan dalam kategorinya, karena hampir setiap tahun selalu dirilis versi terbarunya.

Judul terbaru dalam serial ini adalah SimCity 2013 yang bisa dimainkan di PC maupun Mac.  Masih sama seperti game sebelumnya, anda harus mendengarkan permintaan warga kota dan memenuhi kebutuhan mereka untuk menciptakan wilayah yang sejahtera.  Tak hanya itu, SimCity 2013 juga memiliki mode online dan disajikan dengan grafis yang lebih indah.


2.  Anno


Serial game Anno menawarkan permainan yang menggabungkan real-time strategy dengan unsur-unsur pembangunan kota. Walaupun gameplaynya tidak sepenuhnya mirip dengan seri SimCity, game ini tetap bisa membuat anda betah memainkannya secara berjam-jam.

Permainan memiliki fokus yang besar terhadap pertumbuhan perekonomian dan infrastruktur dalam kota yang anda bangun.  Makin bagus pertumbuhan ekonomi, makin banyak pula infrastruktur dan fasilitas yagn bisa anda bangun.

Pemain memulai permainan di sepetak tanah tak bernama yang harus dikembangkan menjadi sebuah negara yang besar. Dalam game ini, ada juga komputer (AI) yang berperan sebagai saingan, yang mencoba menghambat pertumbuhan negara sang pemain dengan berbagai cara.


1.  Tropico


Tropico adalah seri permainan yang berfokus pada pembangunan dan pengelolaan sebuah pulau dimulai dari tahun 1950-an. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2001 dan serial lanjutannya diluncurkan ke passaran berturut-turut pada tahun 2003, 2009 dan 2011.

Permainan ini disajikan dan dikemas dengan banyak unsur humor, diiringi dengan musik khas Amerika Latin yang catchy.  Kedua unsur inilah yang membuat Tropico begitu mengasyikkan untuk dimainkan.

Ada berbagai skenario dalam game ini, namun tujuan utama pemain adalah untuk tetap berkuasa sebagai presiden  (disebut El Presidente) selama mungkin. Untuk mempertahankan jabatan sebagai presiden, diperlukan pemantauan yang cermat terhadap kepuasan penduduk terhadap pemerintahan anda, organisiasi politik, militer dan hubungan negara-negara lain. Permainan ini memungkinkan pemain untuk fokus pada salah satu aspek, politik atau militer.

Seri Tropico menawarkan "replayability" (mengulang permainan dari awal walaupun sudah tamat) y yang tinggi  dengan tiga mode permainan yang berbeda (skenario, campaign dan random map). Singkatnya, Tropico memiliki aspek gameplay, grafis, dan elemen simulasi yang patut untuk diacungi jempol.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top