Saturday, November 2, 2013

8 Game MMORPG Terbaik

Posted at  3:26 AM  |  in  Top10

MMORPG bisa didefinisikan sebagai sebuah role-playing game (RPG) yang dimainkan oleh banyak pemain sekaligus secara online (Massive Multiplayer Online, MMO).  Game sejenis ini biasanya ditandai dengan dunia yang fantastis, penuh dengan monster dan berbagai karakter menarik.  Ada juga sistem level-up, kemampuan memilih kelas karakter, serta kemungkinan untuk melakukan jual-beli dengan sesama pemain.  

Di artikel ini, Wikugame akan membahas lebih dalam tentang 8 game MMORPG yang harus anda coba untuk mainkan.  Game-game dalam daftar ini tidak hanya berkualitas, namun juga sangat menghibur.


8.  Age of Wushu


Age of Wushu adalah MMORPG bertema seni bela diri yang dikembangkan oleh Game Snail. Permainan ini memiliki banyak elemen game yang tidak biasanya terlihat di MMORPG lainnya.

Dalam Age of Wushu tidak ada sistem kelas. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat karakter dan memilih keterampilan yang anda inginkan. Anda harus memilih salah satu dari 8 faksi atau
perguruan bela diri yaitu: Shaolin, Wudang, Emei, Beggar, Tang Clan, Scholar's Academy, Royal Guard dan Wanderer's Valley.  Setiap perguruan bisa mengajari anda skill unik yang disebut dengan "skill internal"

Age of Wushu juga memiliki fitur unik yang disebut dengan "abduction", yang memungkinkan anda untuk menculik dan menjual pemain yang sedang offline ke NPC untuk mendapatkan uang atau menyelesaikan quest tertentu (saat offline, pemain beralih fungsi sebagai NPC yang bisa dilawan oleh player lainnya). Pemain lain bisa menyelamatkan atau merebut sandera dari penculik. Setiap keputusan anda, apakah membebaskan atau merebut sandera yang diculik akan berpengaruh pada reputasi anda, apakah anda menjadi seorang karakter "Heroic" atau "Evil"/


 7.  RuneScape


Runescape adalah MMORPG fantasi yang dikembangkan oleh Jagex Game Studios. Dengan lebih dari 200 juta akun yang terdaftar, Runescape diakui oleh Guinness World Records sebagai game MMORPG terbesar di dunia yang bisa dimainkan secara gratis.

Permainan memiliki alur cerita nonlinier dan memungkinkan pemain untuk membuat misi dan jalan cerita sendiri. Anda dapat melatih skill khusus dalam game, melawan monster NPC dan mencoba menyelesaikan quest tertentu. Runescape memiliki sistem tempur semi-real-time. Pertempuran dibagi menjadi tiga kategori utama: jarak dekat, sihir dan jarak jauh. Anda dapat mengambil item atau emas dari monster atau NPC lain. Anda juga dapat pergi ke padang gurun untuk bertarung secara PvP dengan pemain lain dari seluruh dunia.


6.  Wizardry Online


Sihir Online adalah MMORPG yang bisa dimainkan dengan gratis, dikembangkan oleh GamepotPermainan ini pertama kali dirilis di luar Jepang pada Januari 2013 oleh Sony Online Entertainment. 

Wizardry Online menyajikan lima ras utama untuk dimainkan yaitu Human, Elf, Porkul, Dwarf (anda hanya bisa membuat karakter bergender laki-laki), dan Gnome (perempuan saja)) serta empat kelas (Fighter, Priest, Mage, dan Thief). Anda dapat membuat karakter menggunakan kombinasi dari ras dan kelas. Setelah penciptaan karakter, pemain akan menerima jumlah set poin yang dapat digunakan untuk meningkatkan atribut karakter. Permainan ini juga memungkinkan anda untuk mengubah kelas selama status atribut karakter tersebut sesuai dengan persyaratan minimum kelas tertentu. Ada juga fitur menantang yang dikenal sebagai Permadeath. Ketika karakter anda meninggal (kehabisan HP), ada kemungkinan anda akan kehilangan karakter tersebut untuk selamanya. Hal ini berlaku dalam kematian yang disebabkan oleh serangan monster NPC atau serangan dari pemain lainnya, yang bisa ditantang untuk bertarung menggunakan sistem mode PvP.


5.  RaiderZ


RaiderZ adalah Massively Multiplayer Role-Playing Game online yang dikembangkan oleh MAIET Entertainment. Game ini menawarkan pengalaman gaming yang unik dengan pertempuran yang serba cepat dan perkembangan karakter yang luar biasa menarik.

Permainan ini memiliki unsur-unsur MMORPG seperti quest, PvP pertempuran dan kemampuan untuk menciptakan senjata. Sistem tempur mengharuskan anda untuk berpartisipasi aktif dalam pertempuran, tidak hanya sekedar asal mengklik pointer mouse ke arah lawan. Anda harus menghindari serangan musuh dan memposisikan diri dengan benar untuk mendapatkan keuntungan lebih dari lawan

 Yang membuat RaiderZ berbeda dari game lain adalah perkembangan karakter yang unik. Selama penciptaan karakter, anda dapat memilih dari empat gaya tempur dasar: Defender (Tank), Berserker (Melee DPS), Cleric (Penyembuh) dan Sorcerer (DPS Range). Setelah Anda mencapai level 10, anda dapat memilih untuk belajar skill khusus dari salah satu dari empat gaya tempur yang sudah anda pilih. Misalnya, anda dapat memilih untuk menjadi Defender yang memiliki baju besi yang mampu menahan serangan musuh, namun memiliki kecepatan serangan yang lebih lambat. Fitur ini membuat permainan lebih menarik, yang memungkinkan anda untuk mengembangkan karakter sesuai dengan yang benar-benar diinginkan.


4.  Mabinogi





Mabinogi adalah action MMORPG yang dikembangkan oleh Nexon. Dunia permainan terus-menerus diperluas melalui update dan patch, memperkenalkan daerah baru untuk dijelajahi, skill, maupun alur cerita untuk dimainkan.

Di Mabinogi, tidak ada sistem kelas yang membatasi skill maupun ability yang bisa dipelajari oleh seorang karakter. Anda memiliki kebebasan untuk memilih dan mempelajari skill apapun setiap kali naik level

Fitur kunci dari Mabinogi adalah sistem tempurnya. Keterampilan anda akan diuji ketika harus memprediksi gerakan musuh, di mana timing dan kemampuan strategi sangat diperlukan. Hal ini membuat memerangi permainan lebih taktis di alam dibandingkan dengan game lainnya. Anda dapat meningkatkan statistik karakter - Strength, Intelligence, Agility, Will, dan Luck- untuk membuat karakter menjadi lebih kuat dalam pertempuran. Permainan juga memiliki banyak quest dan sistem achievement yang cukup memuaskan.



3.  Dragon Nest


Dragon Nest adalah free-to-play MMORPG yang dikembangkan oleh Eyedentity. Jika Anda sedang mencari sebuah game yang penuh dengan aksi dan petualangan, maka pastikan untuk tidak melewatkan permainan yang fantastis ini.

Dragon Nest memiliki sistem tempur "non-targetting combat system". Ini berarti bahwa anda memiliki kontrol penuh atas gerakan karakter. Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja sama dengan pemain lain untuk menjelajahi sebuah dungeon, mencari harta karun, dan mengalahkan monster. Anda dapat mempelajari keterampilan destruktif untuk membantu mengalahkan monster dan digunakan untuk menunjang pertarungan dalam mode PvP. Sistem tempur Dragon Nest juga membuat gameplay game ini menuntut anda untuk menggunakan skill, tidak hanya sekedar melakukan klik.  

Ada enam kelas karakter yang bisa dimainkan dalam Dragon Quest.  Setelah mencapai level tertentu, karakter anda bisa dua kali naik ke kelas yang lebih tinggi, dengan masing-masing percabangan dua kelas untuk dipilih.


2.  Sword Art Online


Sword Art Online (SAO) adalah game populer yang diadaptasi dari serial novel oleh penulis terlaris Reki Kawahara. Serial ini juga telah diadaptasi menjadi tiga manga, anime dan sebuah video game untuk PlayStation Portable.

Tak hanya itu, Sword Art Online juga bisa dimainkan dalam bentuk MMORPG. Banyak yang menganggap permainan ini sebagai salah satu serial anime terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Alur cerita yang sangat menarik selalu berhasil membawa penonton ke dalam dunia fantasi yang indah. Sejak dirilis versi game-nya, banyak fans serial ini yang mengaggap bahwa SAO adalah yang terbaik dalam genre-nya.


1.  Tera


The Exiled Realm of Arborea (TERA) adalah 3D MMORPG fantasi yang dikembangkan oleh Bluehole Studio.  Walaupun pada awalnya anda harus membayar, game ini mengubah statusnya menjadi freemium pada Februari 2013. Hal ini berarti bahwa anda bisa bermain game ini secara gratis dan memiliki pilihan untuk membeli tambahan item ataupun senjata untuk memperkuat karakter.

Yang membuat Tera berbeda dari MMORPG lainnya adalah sistem tempurnya yang berbasi action. Lupakan mengklik tab atau menargetkan monster sebelum menyerang. Permainan ini dimainkan dari perspektif orang ketiga dananda menggunakan kursor silang untuk menentukan tujuan serangan . Sistem pertempuran real-time juga mengharuskan Anda untuk secara aktif menghindari serangan musuh.  

Tera memiliki dunia yang berukuran besar besar.  Ada pula mode PvP yang cukup kompetitif, mengingat ada jutaan pemain yang memainkan game ini. Saat pertama kali menciptakan karakter, aAnda dapat memilih satu dari tujuh ras dan delapan kelas, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan sendiri-sendiri. Ada juga sistem guild yang memungkinkan seorang pemain bergabung dengan pemain lainnya untuk membentuk sebuah grup yang kuat dan tidak terkalahkan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top