Saturday, November 23, 2013

15 Game Simulasi Kehidupan Terbaik

Posted at  3:01 AM  |  in  Top10

Terkadang, memainkan game-game simulasi kehidupan yang tenang, tanpa musuh, teror, dan pertempuran berdarah bisa jauh lebih menghibur.  Ada kalanya kita merasa lelah memainkan permainan-permainan bertema perang dan petualangan seperti serial GTA dan Final Fantasy.  Oleh karena itu, game simulasi seperti inilah yang menjadi alternatif.

Dalam artikel ini, Wikugame akan memberikan beberapa judul serial game simulasi kehidupan yang sangat layak untuk dimainkan.  Permainan ini sangat realistis, menuntut kesabaran dan juga strategi untuk bisa menyelesaikannya dengan sempurna.  Tak hanya berbasis software, ada beberapa game di sini yang bisa dimainkan melalui web browser, baik secara gratis maupun berbayar.


15.  SocioTown


SocioTown adalah dunia 3D online yang memungkinkan pemain untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan termasuk melakukan quest, memancing, menangkap serangga, melamar pekerjaan, berbelanja dan membina hubungan pertemanan. SocioTown dapat dimainkan secara gratis dalam browser internet dan merupakan salah satu alternatif game simulasi kehidupan terbaik.

SocioTown memungkinkan pemain untuk bersosialisasi, berinteraksi dan mengobrol dengan pemain lain sambil membangun status sosial mereka dengan cara menyelesaikan misi dan membangun rumah mereka serta menghiasinya dengan berbagai perabotan.


14.  Second Life


Second Life diluncurkan pada tahun 2003 dan memungkinkan pemain untuk berinteraksi satu sama lain melalui avatar dan juga memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan individu maupun  kelompok.

Warga Second Life bebas untuk menjelajahi dunia dan bahkan dapat melakukan perdagangan barang dan jasa secara virtual.  Second Life menawarkan dunia yang luas dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 juta pemain, sehingga setiap hari pasti anda akan bertemu teman-teman baru dari seluruh dunia dalam game ini.


13.  IMVU


IMVU adalah situs sosial online dimana anggotanya menggunakan avatar 3D untuk chatting, berinteraksi dan bermain game. IMVU memiliki lebih dari 52 juta pengguna terdaftar dan salah satu fiturnya yang terbesar disebut "toko virtual". Permainan ini ditujukan untuk gamer yang berusia dewasa, karena interaksi sosial yang rumit dan kompleks mungkin akan terasa membosankan bagi gamer berusia muda.

Versi dasar IMVU bisa dimainkan secara gratis, tapi pengguna bisa mendapatkan manfaat tambahan dengan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan kredit IMVU, yang bisa digunakan untuk mempercantik avatar karakter anda dengan berbagai aksesoris.


12.  Harvest Moon


Harvest Moon menyatukan aspek simulasi kehidupan dengan manajemen pertanian dan interaksi sosial.  Selain The Sims, serial ini mungkin bisa dianggap sebagai game simulasi terbaik yang pernah dibuat.

Gameplay dari serial ini cukup bervariasi, biasanya menuntut anda untuk menanami lahan pertanian, berinteraksi dengan penduduk desa, menjelajahi dunia game dan mengumpulkan berbagai barang-barang koleksi maupun rahasia tersembunyi.

Beberapa game dalam seri Harvest Moon juga memungkinkan anda untuk beternak, memancing, menebang pohon, dan mencari barang-barang tertentu di sebuah tambang.  Selain itu, ada faktor di mana anda bisa berpacaran dan menikah dengan gadis desa pilihan.  Lebih lanjut lagi, silakan baca artikel tentang karakter wanita terfavorit dalam game Harvest Moon.


11.  Spore


Spore juga dikembangkan oleh Maxis (pencipta serial The Sims). Permainan memungkinkan pemain untuk mengontrol evolusi spesies dari awal (berbentuk bakteri) hingga menjadi makhluk yang bisa berjalan di atas dua kaki dan menghuni sebuah planet imajinasi.

Spore memiliki gameplay yang benar-benar terbuka dan dikreasikan sesuai dengan keinginan anda. Spore bahkan memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dengan sesama pemain, di mana anda bisa menciptakan sendiri produk makhluk evolusi anda dan menguploadnya ke situs resmi Maxis.


10.  A Kingdom for Keflings


A Kingdom for Keflings dirilis untuk Xbox 360 dan telah tersedia melalui Xbox Live Arcade sejak tahun 2008. Permainan juga bisa dimainkan di PC..

Permainan menempatkan pemain sebagai seorang raksasa di tanah Keflings (Kefling adalah makhluk mirip manusia berukuran kecil).

Dari sini pemain harus membantu Keflings untuk mendirikan kerajaan mereka dengan membangun bangunan tertentu dan mengumpulkan berbagai sumber daya. Tujuan utamanya adalah untuk mendirikan sebuah istana untuk raja dan ratu Keflings.  Setelah misi tersebut tercapai, pemain bisa terus bermain dan mengembangkan kerajaan liliput tersebut sesuka hati mereka.


9.  Roller Coaster Tycoon


Permainan ini mengharuskan pemain untuk menyelesaikan sejumlah skenario dengan memenuhi berbagai target dan tujuan  dalam jangka waktu tertentu. Pemain juga harus mengelola taman hiburan, mulai dari aspek keuangan, wahana yang tersedia di dalamnya, dan menjaga mood pengunjung.

Pemain dapat merancang roller coaster mereka sendiri  dari nol atau menggunakan template yang sudah tersedia dalam permainan. Game Roller Coaster Tycoon ini bisa dijamin membuat anda betah memainkannya selama ratusan jam.


8.  Animal Crossing


Animal Crossing adalah game simulasi kehidupan awalnya dikembangkan untuk Nintendo Gamecube tetapi sekarang tersedia di sejumlah besar platform. Permainan ini memberikan banyak pemain kebebasan untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai, dan tidak akan ada ending tertentu di dalamnya.

Pemain mengendalikan sebuah desa yang diisi dengan hewan yang imut dan bisa berbicara. Salah satu fitur terbaik yang tersedia di Animal Crossing adalah penggunaan jam dan kalender internal yang memungkinkan permainan untuk dimainkan secara real-time, misalkan anda memainkannya di malam hari, dunia dalam permainan juga akan menunjukkan waktu malam. Selain itu, berbagai peristiwa penting dan festival termasuk Halloween, Natal, dan Thanksgiving juga dirayakan oleh warga dalam Animal Crossing.


7.  Kudos 2


Kudos 2 adalah permainan simulasi dua dimensi yang sering dianggap sebagai versi yang lebih ringan dari The Sims.

Permainan ini tidak memiliki fitur untuk membangun rumah seperti dalam The Sims, melainkan berfokus pada pembentukan karakter yang anda pilih. Anda bisa mengontrol sehari-hari kegiatan karakter anda, kegiatan sosial, jenjang karir, hubungan dan banyak aspek lain yang sangat realistis.  Ada berbagai keputusan yang bisa diambil dalam game, yang bisa memberikan dampak yang berbeda bagi karakter yang anda mainkan.


6.  Virtual Villagers


Virtual Villagers  memiliki gameplay seperti The Sims dengan tujuan utama membantu penduduk desa berkembang biak, bertahan hidup, hingga akhirnya mampu menjelajahi pulau dan memecahkan berbagai misteri.  Walaupun banyak yang menilai Virtual Villagers cenderung membosankan, tapi permainan ini benar-benar disajikan dengan sangat indah, terutama dari segi musik, soundtrack, serta grafis.


5.  Virtual Families


Virtual Families adalah alternatif serial The Sims yang menawarkan kemampuan untuk mengendalikan kehidupan, karir dan hubungan dari anggota keluarga tertentu. Virtual Families memiliki dua fitur permainan yang unik: dimainkan secara real time. Permainan berfokus pada cara untuk membangun sebuah keluarga yang sukses dan bahagia.


Ada berbagai pengalaman unik yang bisa dimainkan dalam game ini, misal menyembuhkan penyakit, memecahkan teka-teki misterius, hingga membereskan pertengkaran dan masalah-masalah kecil dalam rumah tangga.  Ukurannya yang ringan membuat Virtual Villagers bisa dimainkan untuk PC spesifikasi apapun.


4.  Viva Pinata


Viva Pinata dimulai dengan sebuah tanah kosong, di mana pemain diberi tugas mengubah lahan  kosong tersebut menjadi sebuah taman yang menarik dan dikunjungi oleh hewan-hewan fantastis yang disebut dengan "Pinata". Viva Pinata memiliki konsep open world, menawarkan pemain kebebasan dan pilihan untuk melakukan apapun yang mereka inginkan dengan sebidang tanah mereka.  Makin bagus kebun yang anda bangun, makin kuat dan langka pula monster-monster yang mendatanginya.


3.  The Movies


The Movies adalah permainan simulasi bisnis yang tersedia untuk PC dan Mac yang menempatkan pemain dalam peran seorang produser Hollywood yang memiliki sebuah studio film.

Tugas utama anda dalam game ini adalah memproduksi film, membangun set (tempat shooting) dan mengelola staf (aktor, sutradara, penulis, dan banyak pekerjaan lainnya). Setelah selesai memproduksi sebuah film, film tersebut akan dirilis di pasaran.  Jika sukses, maka anda selaku produser bisa menerima award tertentu.

Gameplay dari The Movies dibagi menjadi tiga aspek: merancang dan membangun studio film, memproduksi film, dan aspek manajemen. Pemain juga harus mengelola dan membangun karir bintang film, memastikan mereka rutin berlatih, menjauhkan mereka dari pengaruh obat bius, dan juga menjalin hubungan baik dengan media.


2.  My Sims


MySims (juga dikenal sebagai The Sims Wii atau Nintendo Sims) merupakan ekspansi dari franchise The Sims yang khusus dirilis untuk konsol genggam. Permainan ini pada dasarnya adalah versi streamline dari game aslinya, berfokus pada membangun rumah, mengembangkan bakat, dan menyelesaikan karakter.

Secara grafis, permainan ini disajikan dengan karakter yang lebih imut dan dunia yang lebih mirip kartun.  Ada banyak fitur kustomisasi yang membuat anda betah memainkannya secara berjam-jam, dan game ini tampaknya juga lebih ditujukan untuk gamer anak-anak karena jauh lebih simpel dari The Sims.


1.  The Sims


Tampaknya gelar game simulasi kehidupan terbaik masih belum bisa lepas dari The Sims.  Sudah dirilis hingga seri ketiga, permainan ini memungkinkan anda untuk menciptakan sendiri seorang karakter, mengembangkan karirnya sambil tetap memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya (makan, tidur, bersosialisasi, dan sebagainya).  Jika ingin membuat permainan lebih variatif, anda bisa menginstall expansion pack yang membuat karakter anda mampu menjelajahi dunia, memelihara binatang, merasakan hidup di kampus, hingga menemui berbagai makhluk supernatural seperti hantu dan vampir.  Sangat layak ditunggu, seperti apa The Sims 4 nantinya.  Yang jelas, permainan ini akan disajikan dengan lebih indah, lebih realistis, dan tentu saja lebih mengasyikkan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top