Thursday, November 28, 2013

15 Game Seperti Minecraft

Posted at  11:44 PM  |  in  Top10

Minecraft adalah sebuah game yang sangat ajaib.  Permainan ini memiliki grafis sederhana, ukuran ringan, namun bisa membuat jutaan orang di seluruh dunia betah memainkannya selama ratusan jam.  Selain memiliki gameplay yang sangat membuat kecanduan, permainan ini juga cocok dimainkan kapan saja untuk mengisi waktu senggang.

Tak hanya Minecraft, ada berbagai game sejenis yang sudah dirilis di pasaran dan beberapa di antaranya bahkan lebih seru daripada Minecraft.  Apa sajakah judul permainan tersebut?  Simak saja daftarnya dalam artikel Wikugame berikut:

15.  Total Miner


Total Miner menawarkan pemain banyak mode permainan yang berbeda termasuk Creative Mode (membuat sebuah bangunan sekreatif mungkin dengan jumlah blok terbatal) dan Dig Deep Mode dimana pemain bisa mengeksplorasi dunia, membunuh berbagai monster, dan berburu harta terpendam.  Total Miner dirilis secara eksklusif untuk konsol Xbox.


14.  FortressCraft

 

Fokus FortressCraft terletak pada aspek membangun dan mengeksplorasi dunia dengan tujuan mengumpulkan sumber daya sebanyak-banyaknya. Ada juga beberapa game mode yang berbeda yang bisa anda coba dalam permainan murah.

FortressCraft dijual dengan harga yang cukup murah (sekitar 3 dollar) dan hanya bisa dimainkan di konsol Xbox.


13.  Cortex Command



Cortex Command adalah game yang sederhana namun adiktif, dengan tujuan utama dalam game adalah menghancurkan markas musuh di dunia yang dibuat secara random.

Banyak yang mengatakan game ini adalah gabungan antara Minecraft dan Worms. Anda harus menyerang tambang emas milik musuh, mempertahankannya, menggali hasil tambang, dan menggunakannya untuk membangun bangunan atau senjata perang tertentu.


12.  SurvivalCraft


Pada tahap awal Survivalcraft, anda digambarkan sebagai seseorang yang ditinggalkan oleh sebuah kapal di suatu pulau yang sepi. Sama seperti Minecraft, di sini anda harus melakukan berbagai aktivitas seperti menambang, crafting, dan membangun berbagai bangunan untuk menciptakan dunia yang indah.  Game ini secara eksklusif tersedia di Windows Phone, Android, dan iOS, serta memiliki grafis yang cukup indah untuk game sejenis.


11.  Epic Inventor


Gameplay awal dari game ini terbilang standar, di mana pemain harus mengumpulkan sumber daya, untuk membangun sebuah kota. Kota ini nantinya akan dilengkapi dengan pabrik kayu dan bahan bangunan, yang bisa memproduksi berbagai sumber daya tanpa bersusah payah mengumpulkannya.

Setelah kota sudah berdiri, pemain harus mempertahankannya dari serangan musuh dengan menggunakan berbagai perangkap, menara dan benteng. Tahap awal dari Epic Inventor akan lebih mirip dengan permainan Real Time Strategy seperti Age of Empires atau Warcraft.


10.  Clonk


Clonk adalah permainan yang mirip dengan Epic Inventor, merupakan campuran Minecraft dengan game  RTS seperti Age of Empire. Serial ini mengharuskan Anda untuk memajukan peradaban anda sejauh mungkin dengan cara mengumpulkan bijih tambang, kayu dan sumber daya lainnya.

Mirip dengan Epic Inventor, pemain menggunakan berbagai sumber daya untuk menciptakan bangunan yang memiliki berbagai fungsi. Dunia dalam game ini juga cukup besar, dengan kondisi lingkungan yang dinamis dan cuaca yang bisa berubah-ubah.


9.  Don't Starve


Don't Starve menngharuskan pemain untuk bertahan hidup selama mungkin dalam dunia permainan yang kejam dan sangat menakutkan. Pemain mulai dengan tangan kosong dan harus mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk membuat berbagai peralatan dan persenjataan.

Peralatan, senjatam dan sumber daya akan membantu anda mengatasi kelaparan dan serangan musuh. Sebuah fitur unik dari Don't Starve adalah di mana anda bisa mendapatkan experience point untuk setiap aktivitas yang anda lakukan.  Experience point inilah yang nantinya bisa digunakan untuk membuka karakter-karakter baru yang memiliki karakteristik dan gaya bermain yang unik.


8.  King Arthur's Gold


King Arthur's Gold memiliki tiga kelas untuk dimainkan: Knight yang merupakan petarung jarak dekat yang dilengkapi dengan pedang dan perisai. Archer yang menggunakan panah dan menyerang dari jarak jauh. Builder yang mampu membangun benteng dan perangkap untuk mempertahankan markas tim anda. Permainan ini menggabungkan unsur strategi dan manajemen serta disajikan dalam grafis yang indah.


7.  Blockland


Blockland sering dianggap sebagai versi Lego dari Minecraft. Karakter dan dunia dalam game ini seluruhnya terbuat dari balok-balok Lego yang dipenuhi warna-warna cerah.

Blockland menawarkan banyak petualangan menyenangkan dan berbagai mini games seru. Dibandingkan Minecraft, permainan ini dianggap lebih variatif dan tidak terlalu terfokus pada mengumpulkan sumber daya ataupun menggali tambang.


6.  Terraria


Terraria menawarkan gameplay yang mirip dengan Minecraft namun disajikan dalam dunia 2D dengan beberapa fitur tambahan yang sedikit mengubah fokus gameplay. Terraria pada dasarnya adalah sebuah game sandbox yang dibuat dengan sangat cermat.

Perbedaan utama antara Minecraft dan Terraria adalah bahwa game ini lebih difokuskan pada unsur petualangan dan eksplorasi, bukan pada pengumpulan sumber daya dan membangun berbagai bangunan.


5.  Manic Digger


Manic Digger adalah game seperti Minecraft yang bisa dimainkan secara gratis. Manic Digger sering dianggap sebagai alternatif terbaik dari Minecraft yang dapat didownload tanpa perlu membayar apapun.

Manic Digger memiliki hampir semua fitur yang anda inginkan dalam sebuah game sandbox.  Selain itu, ada banyak mods yang unik yang membuat permainan ini asyik untuk dimainkan selama ratusan jam.


4.  Ace of Spades


Ace of Spades pada dasarnya adalah sebuah first-person-shooter yang memberi fitur tambahan bagi pemain untuk membangun berbagai bangunan untuk keperluan ofensif maupun defensif. Contohnya, anda bisa menggali sebuah terowongan bawah tanah yang bisa digunakan untuk menyusup ke sarang musuh, atau membangun sebuah bunker untuk mengantisipasi serangan bom lawan. Fitur yang unik ini membuat Ace of Spades disebut sebagai alternatif terbaik dari Minecraft.


3.  Roblox


Roblox lebih difokuskan pada aspek mendesain dunia dan membaginya ke orang lain. Anda dapat menciptakan sendiri sebuah level atau dunia, menguploadnya, dan kemudian dunia yang anda rancang ini bisa dimainkan oleh orang lain. Ada berbagai jenis dunia dan gameplay yang bisa ditemui dalam Roblox, mulai dari mode sandbox tradisional, FPS, RPG, bahkan racing.


2.  Block of Story


Block of Story tersedia di sejumlah platform dan menggabungkan gameplay dari Minecraft dengan elemen MMORPG seperti item, harta karun, hewan peliharaan, quest dan berbagai persenjataan.
Selain itu ada pula sistem level, skill points, dungeons yang berisi monster, crafting, dan banyak musuh yang akan anda temui dalam dunia yang sangat unik.  Bedanya dari game MMORPG biasa, semua elemen dalam Block Story terbuat dari balok dan memiliki bentuk kotak-kotak.


1.  Minetest


Minetest adalah permainan gratis yang boleh dibilang 90 persen sama dengan game Minecraft. Bedanya, game ini lebih sederhana, stabil dan ringan; memungkinkannya untuk dimainkan di komputer berspesifikasi rendah. Fitur yang menjadi alasan Minetest layak untuk dimainkan adalah adanya berbagai mods yang membuat elemen gameplay menjadi lebih variatif.  Jika anda ingin memainkan game seperti Minecraft di PC berspesifikasi rendah, jangan ragu untuk mendownload dan menginstall Minetest.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top