Thursday, November 28, 2013

11 Game Strategi Perang Terbaik

Posted at  1:20 AM  |  in  Top10

Peperangan adalah salah satu tema yang paling laris diangkat dalam dunia video game.  Selain disajikan dalam bentuk game action maupun shooter, peperangan juga cukup populer diangkat ke dalam game bergenre strategi.  Biasanya, game perang (baik perang yang realistis maupun peperangan melawan monster di dunia fantasi) dengan unsur strategi kerap juga disebut sebagai permainan RTS alias Real Time Strategy.

Dalam artikel Wikugame kali ini, kita akan melihat lebih dalam sebelas game perang berbasis strategi terpopuler dan terbaik sepanjang masa.  Tak hanya bisa dimainkan sendirian, permainan dalam daftar ini akan lebih seru jika dimainkan secara online, melawan gamer lain dari berbagai penjuru dunia.

11.  Warcraft III


Warcraft 3 menawarkan gameplay realtime strategy berbasis fantasi.  Game ini dirilis lebih dari satu dekade yang lalu pada tahun 2002 oleh Blizzard Entertainment.

Permainan ini sangat terkenal di seluruh dunia, terutama dalam mode campaign dan multiplayer.  Walaupun sudah terbilang tua, game ini masih tetap asyik dimainkan hingga saat ini.

Warcraft 3 memiliki empat ras yang berbeda dengan campaign mode yang tersedia untuk masing-masing ras. Kampanye ini mengikuti perjalanan para Orc, Human, Undead dan Night Elf. Seperti yang lazim ditemui dalam game strategi, masing-masing ras memiliki unit spesifik dan kemampuan berperang, keunggulan serta kelemahan yang berbeda satu sama lain.


10.  Warhammer 40k: Dawn of War


Dawn of War adalah game yang dibuat berdasarkan franchise Warhammer 40k. Permainan ini memiliki gabungan unsur strategi, RPG, dan simulasi yang disajikan dengan sangat baik.

Gameplay di Dawn of War berfokus pada strategi untuk merebut dan mempertahankan titik vital di suatu wilayah.  Titik-titik ini biasanya adalah lokasi strategis yang bisa menghasilkan sumber daya penting selama peperangan.


9.  Anno


Serial game Anno menawarkan campuran antara unsur simulasi membangun kota dan Real Time Strategy. Game ini memiliki fokus besar pada pembangunan ekonomi serta sedikit unsur peperangan yang menjadi bumbu di dalamnya.  Di sini, pemain harus mencoba menciptakan sebuah negara dengan kondisi ekonomi yang stabil, yang akan menarik lebih banyak populasi untuk tinggal di negara tersebut.

Dalam setiap skenario Anno, pemain diberi sejumlah tanah yang harus dikembangkan menjadi sebuah negara.  Pemain bisa memperluas wilayah negaranya, namun juga harus mempertahankannya dari serangan musuh.


8.  Command & Conquer


Game pertama dari seri Command & Conquer dirilis pada tahun 1995 dan merupakan salah satu permainan pertama dalam genre RTS. Sejak saat itu, seri Command & Conquer telah melahirkan berbagai judul yang berkualitas. Salah satu  komponen penting dari seri game Command & Conquer adalah dimasukkannya alur cerita paralel dari berbagai faksi militer yang bisa dimainkan dalam mode campaign.

Command & Conquer menawarkan berbagai unit militer untuk dikendalikan, seperti pasukan infanteri, tank dan  bahkan pesawat. Hingga saat ini, serial Command & Conquer selalu mendapat skor review yang cukup tinggi dari berbagai media.


7.  Empire Earth


Empire Earth (EE) adalah serial game RTS yang hampir sepopuler Age of Empires. Judul pertama dari serial ini dirilis pada tahun 2001 dan game lanjutannya dibuat pada tahun 2005 dan 2007.

Empire Earth memiliki gameplay RTS standar di mana pemain harus mengumpulkan sumber daya, membangun gedung-gedung dan memproduksi unit militer untuk menaklukkan lawan melalui jalur peperangan. Empire Earth memiliki rentang peradaban yang cukup besar, tepatnya 500.000 tahun sejarah dunia, dimana anda bisa memainkan sebuah bangsa di masa prasejarah hingga pada zaman modern di abad ke-22.

Selain mempelajari tentang strategi dan menajemen, anda juga bisa belajar tentang sejarah yang sangat otentik dari game ini.


6.  Stronghold


Seri Stronghold pertama kali dirilis pada tahun 2001. Permainan berfokus pada masa abad pertengahan di Inggris dan memiliki penekanan pada peperangan dan penaklukan kerajaan lawan. Serial ini sering disebut sebagai game alternatif yang bisa menyaingi Age of Empires.

Walaupun menitikberatkan pada unsur peperangan, game ini masih memiliki pengembangan bidang ekonomi dan bahkan memiliki dua campaign mode yang terpisah, "Economy" dan "Military Mode". Economy Mode berfokus pada tujuan membangun kerajaan yang maju dari segi ekonomi, sedangkan Military Mode mengharuskan anda untuk menaklukkan kerajaan lawan dengan jalan perang.


5.  Rise of Nations


Dalam Rise of Nations pemain dapat memilih satu dari 18 peradaban yang berbeda dan membimbing mereka melalui 8 tahapan yang dibuat berdasarkan sejarah nyata perkembangan umat manusia.

Rise of Nations menggunakan konsep wilayah dalam gameplay-nya (seperti dalam seri Civilization). Sistem ini mengatur bahwa daerah dekat pemukiman pemain otomatis menjadi wilayah mereka . Dengan memperluas kota atau bangunan benteng pemain bisa memperluas wilayah dan perbatasan mereka.

Rise Of Nations memiliki beberapa elemen gameplay RTS yang berbeda dari game sejenis, termasuk auto citizen (resource-kolektor) yang secara otomatis melakukan pekerjaan untuk mengumpulkan sumber daya alam. Makin tinggi tahapan yang dilalui dalam peradaban sebuah bangsa, makin canggih pula bangunan dan peralatan perang yang bisa mereka ciptakan.


4.  StarCraft 2


Seri StarCraft 2 dibagi menjadi tiga judul yang masing-masing menawarkan campaign mode yang berbeda yaitu, Wings of Liberty (Terrain), Heart of the Swarm (Zerg) dan Legacy of the Void (Protoss).

StarCraft 2 menawarkan single-player campaign dan fitur multiplayer yang sama-sama seru. Saking terkenalnya, bahkan sudah dibuat kompetisi internasional StarCraft yang diikuti oleh gamer elit seluruh dunia dan berhadiah ratusan, bahkan milyaran juta rupiah.

Game ini telah menerima review positif dari berbagai media (saat ini memegang skor tertinggi, 93% di website Metacritic) dan menuai banyak pujian karena gameplay-nya yang mendalam, fitur RTS baru dan jalan cerita yang bagus. Dari segi penjualan, StarCraft 2 juga termasuk sebagai salah satu game strategi perang terlaris sepanjang masa.


3.  Age of Mythology


Dalam Age of Mythology pemain bertugas membangun kota-kota, mengumpulkan berbagai sumber daya, merekrut tentara dan akhirnya menghancurkan negara musuh mereka. Seperti Age of Empire pemain bisa membuat peradabannya lebih maju untuk membuka unit perang dan bangunan yang lebih canggih.

Age of Mythology menawarkan tiga bangsa yang bisa dimainkan oleh pemain (Yunani, Mesir dan Norse). Setiap peradaban juga memiliki tiga dewa utama yang berbeda yang dapat membantu pemain dalam peperangan ataupun dalam pembangunan kota.  Perpaduan antara unsur sejarah dan unsur mitologi (fiksi) membuat Age of Mythology layak disebut sebagai salah satu game strategi terbaik sepanjang masa.


2.  Social Empires


Social Empires adalah salah satu game strategi perang terbaik yang bisa dimainkan di Facebook. Dalam game ini, anda bertugas membangun kerajaan anda sendiri dari sepetak tanah kosong, mengumpulkan sumber daya, meningkatkan kekuatan militer, hingga akhirnya menaklukkan negara lain.

Permainan dimulai di mana anda hanya diberi modal sebuah kamp militer dan desa kecil.  Dari sini anda harus mengumpulkan kayu, makanan, emas, membangun pemukiman, dan juga mendirikan barak militer untuk melindungi wilayah dari seranga lawan. Permainan juga akan memberikan berbagai misi yang bisa membuat wilayah kecil anda tumbuh menjadi sebuah negara yang kuat.


1.  Age of Empires


Age of Empires adalah serial game strategi perang terpopuler di dunia yang dikembangkan oleh Ensemble Studios dan diterbitkan oleh Microsoft Studios. Judul pertama dari seri ini adalah "Age of Empires" yang dirilis pada tahun 1997. Sejak itu, tujuh judul yang berbeda dan tiga spin-off dari game ini telah dirilis di pasaran. Gameplay serial ini berkisar pada dua mode utama: Single Player Campaign dan Multi Player Mode.

The Age of Empires sangat sukses secara komersial, terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia.  Dalam perrmainan ini, pemain bisa mengontrol satu dari puluhan bangsa yang tersedia dan membawa mereka maju dari satu peradaban ke peradaban lainnya (mulai dari zaman purba hingga zaman abad pertengahan).  Selain menaklukkan musuh dengan jalur perang, pemain juga bisa mengalahkan mereka melalui jalur non-perang, dengan mengumpulkan sejumlah sumber daya tertentu.  Secara grafis, penjualan, dan jalan cerita, serial Age of Empires sangat pantas disebut sebagai game strategi perang terbaik sepanjang masa.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top