Tuesday, October 29, 2013

7 Game Sandbox Ringan Terbaik

Posted at  9:01 AM  |  in  Top10

Kualitas grafis yang memukau memang sebuah elemen penting yang bisa menentukan kualitas sebuah game.  Namun, grafis bukanlah segalanya.  Ada unsur-unsur lain seperti gameplay dan jalan cerita yang bisa membuat game dengan kualitas gambar seadanya menjadi sangat asyik untuk dimainkan, bahkan hingga ratusan jam.

Wikugame akan menghadirkan sebuah daftar tentang game sandbox berukuran ringan, dengan grafis sederhana namun menyajikan permainan yang memikat.  Sebagai tambahan informasi, game sandbox adalah model permainan di mana anda bebas melakukan apapun yang anda sukai, membangun sebuah dunia di mana tidak ada misi tertentu atau jalan cerita yang membatasi kreativitas dalam bermain.  Langsung saja, berikut daftarnya:


7.  Terraria


Terraria adalah sebuah game indie yang menggabungkan unsur action-adventure dengan role playing. Permainan ini dirilis untuk PC pada tanggal 16 Mei 2011 dan menjadi game terlaris di Steam selama minggu awal rilisnya. Fakta bahwa hingga bulan Januari 2013 Terraria telah terjual lebih dari 2 juta kopi membuktikan betapa menakjubkannya game ini.

Permainan diatur disajikan dalam dunia 2D dan ada beberapa fitur serta elemen yang dapat ditemukan dalam Minecraft, seperti membuat senjata, membangun sesuatu dan pertempuran. Terraria juga memiliki fitur unik yang memungkinkan anda untuk membiarkan NPC menempati kamar-kamar yang telah dibangun. Terdengar menarik bukan? Tak hanya itu saja, permainan ini juga memiliki siklus siang dan malam. Zombies dan Demon Eyes mengintai di malam hari dan melarikan diri saat fajar. Pada siang hari, Anda menghadapi slimes, lebah, dan monster lain yang bisa semakin kuat semakin lama anda bermain.

Jika Anda adalah penggemar action-adventure atau side-scrollers RPG, maka Terraria adalah sebuah judu; yang mutlak dimainkan. Permainan ini diprediksi akan menjadi jauh lebih besar dan lebih menarik lagi di masa depan.



6.  Blockminer


Blockminer adalah permainan 2D dengan elemen gameplay yang mirip dengan Terraria. Dalam permainan ini, karakter anda bisa berpetualang dan melompat-lompat menghindari berbagai rintangan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam game ini, seperti mengumpulkan item untuk membuat senjata, menaikkan level, atau sekedar menjelajahi berbagai tempat. Anda akan perlu untuk menggali tanah untuk menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan benda-benda tertentu. Anda dapat pula membuat berbagai item yang menunjang petualangan dengan mengumpulkan berbagai item, seperti kapak, obor, maupun batu-bata sebagai bahan bangunan.
 
Blockminer memiliki fitur crafting yang lengkap. Ada banyak item Anda dapat diciptakan, tetapi untuk melakukan itu Anda akan perlu untuk menaikkan level, yang hanya dapat dilakukan jika anda menjelajahi dunia atau menggali berbagai bahan tambang di tempat-tempat tertentu. Singkat kata, Blockminer adalah sebuah game yang sangat mengasyikkan.



5.  Mythruna


Mythruna adalah sebuah permainan yang mencoba untuk menggabungkan berbagai unsur seperti membangun, menciptakan senjata dan juga role-playing di sebuah dunia sandbox. Game ini dikembangkan oleh developer Speed Paul.

Pada pandangan pertama, Mythruna mungkin tampak seperti kebanyakan permainan lainnya yang bergenre sandbox. Namun jangan salah, game ini lebih dari sekedar clone dari Minecraft. Pengembang game ini sendiri menegaskan bahwas Mythruna adalah sebuah proyek ambisius yang menjanjikan sebuah permainan bermain dunia game yang unik dan sukar untuk dilupakan.

Ada berbagai hal menarik yang luar biasa yang bisa anda lakukan dalam game ini. Ingin berlayar di seluruh dunia? Ingin menjelajahi lautan dengan kapal dan kru pelaut? Atau anda ingin membangun sebuah kota besar yang ramai? Semua hal ini bisa anda lakukan dalam Mythruna, dan dijamin pasti membuat anda betah menenggelamkan diri selama berjam-jam di depan layar komputer.



4.  Ace of Spades


Ace of Spades adalah game sandbox FPS yang dikembangkan oleh Ben Aksoy. Permainan ini dirilis di Steam pada bulan Desember 2012. Permainan ini adalah kombinasi antara Minecraft dan Team Fortress 2. Ada berbagai mode permainan seperti menyusup ke markas musuh, bertahan dari serangan zombie dan tim deathmatch. Anda dapat memilih satu empat kelas sebagai karakter utama, yaitu Commando, Marksman, Rocketeer dan Miner.

Sejak dirilis, Ace of Spades telah menerima review yang beragam. Beberapa kritikus memuji permainan ini karena keberhasilannya menggabungkan unsur sandbox dan unsur FPS. Namun ada pula yang mengatakan bahwa permainan ini digarap secara kasar, terutama versi yang dirilis di Steam. Bagaimana menurut anda?  



3.  Manic Digger


Manic Digger adalah sebuah game yang bisa dimainkan secara gratis, menitik beratkan pada misi untuk membangun dunia dengan berbagia macam blok yang berbeda. Permainan ini pada awalnya dirancang sebagai third-party dari game Minecraft.

Anda dapat membangun apa pun yang anda inginkan dengan menggabungkan kubus-kubus 3D dan berbagai bahan yang berbeda. Ada tiga kelas yang tersedia bagi Anda untuk dipilih, yaitu Soldier, Medic dan Support. Ada pula empat senjata yang bisa digunakan, yaitu pistol, senapan mesin, senapan sniper dan shotgun. Tak hanya itu, Manic Digger juga bisa dimainkan secara multiplayer jika anda memiliki koneksi internet.



2.  Cube World


Cube World adalah nama proyek RPG eksplorasi yang sedang dalam tahap pembuatan. Sampai sekarang, permainan ini belum tersedia untuk di-download. Jadi mengapa kami memasukkannya dalam daftar? Ini karena game ini terlihat sangat menjanjikan, dan fitur-fiturnya juga terdengar sangat menjanjikan serta menarik.

Permainan disajikan dalam grafis kartun yang cerah dan berwarna-warni. Cube World disajikan sebuah dunia tak berujung yang terdiri dari berbagai blok. Permainan memiliki nuansa seperti game serial Zelda, elemen RPG dari game Diablo dan grafis dari game sandbox berbasis blok lainnya. Para pengembang tidak berencana untuk menambahkan fitur pertambangan dan penggalian seperti dalam Minecraft, tetapi sistem menciptakan senjata dan berbagai peralatan kemungkinan akan tetap dibuat. Pemain bisa memilih empat kelas yang berbeda dari game ini, yaitu Warrior, Rogue, Spirit Mage dan Ranger.

Para pengembang juga menyatakan bahwa game ini mungkin tidak menyandang nama Cube World lagi setelah dirilis. Yang jelas, apapun judulnya, jika permainan ini mampu menyajikan sebuah pengalaman yang menarik, pasti para gamer di seluruh dunia akan menyambutnya dengan gembira,



1.  Minecraft


Minecraft merupakan game sandbox indie yang dibuat oleh Markus Persson dan kemudian dikembangkan oleh Mojang. Siapa yang menyangka bahwa game dalam dunia yang penuh dengan balok-balok 3 dimensi  sederhana ini justru mampu menghibur jutaan gamer? Walaupun disajikan dengan grafis yang sangat seadanya, berbagai unsur inovasi dan kebebasan yang dimiliki oleh pemain membuat Minecraft menjadi sangat adiktif untuk dimainkan. Dalam game ini, ada dunia yang bisa anda ciptakan dengan bebas, yang bisa anda jelajahi, eksploitasi, bahkan anda bangun sesuai dengan impian.

Tak banyak yang bisa saya tulis tentang permainan ini.  Saran saya hanya satu, segera download dan cobalah untuk memainkan Minecraft.  Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman baru yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top