Friday, October 25, 2013

6 Game Action RPG Dengan Jalan Cerita Terbaik

Posted at  7:19 AM  |  in  Top10

Dunia game modern ditandai dengan munculnya banyak game bergenre action-RPG yang berkualitas.  Dalam permainan jenis ini, unsur-unsur role-playing seperti level-up, kemampuan menentukan jalan cerita, dan kustomisasi karakter digabungkan dengan berbagai elemen dari game action.

Nah, pada artikel kali ini, Wikugame akan berfokus pada jalan cerita sebuah game action-RPG yang kami anggap terbaik.  Tak hanya mengaduk-aduk emosi, jalan cerita dalam permainan ini juga bisa anda tentukan sendiri dengan melakukan berbagai pilihan di dalamnya.  Langsung saja, berikut daftarnya:


6.  Deus Ex: Human Revolution


Deus Ex: Human Revolution adalah judul ketiga dari seri Deus Ex yang dikembangkan oleh Eidos Montreal dan dirilis pada bulan Agustus 2011. Permainan ini disambut para gamer dengan pujian yang luar biasa, terutama untuk jalan cerita dan aspek-aspek dari permainan yang sangat bergantung pada keputusan yang dibuat oleh pemain.

Game futuristik bertema revolusi umat manusia di masa depan ini menawarkan empat jenis gameplay: Combat, Hacking, Stealth dan Social. Pemain dapat bebas memilih jenis gameplay yang digunakan tergantung pada situasi yang cocok.  Sebagai contoh, anda bisa melewati daerah tertentu menggunakan interaksi sosial seperti bercakap-cakap dan memilih dialog yang tepat, tanpa perlu beradu tembak maupun membunuh seorang musuh pun. Pemain bahkan dapat menerima trofi khusus apabila mampu menyelesaikan permainan tanpa membunuh satu orang NPC-pun.

Deus Ex: Human Revolution adalah permainan yang sangat taktis, dan keunggulan dari jalan cerita permainan ini terletak pada tangan anda sendiri, selaku seorang gamer sekaligus tokoh utama.



5.  Mass Effect 3


Mass Effect adalah game trilogi RPG bertema fiksi ilmiah yang dikembangkan oleh BioWare. Semua game dalam serial ini diakui memiliki kualitas yang sangat baik secara keseluruhan. Serial ini telah merevolusi video game dari sekedar permainan menjadi sebuah media untuk bercerita, seperti layaknya menyaksikan sebuah film di mana anda bisa terlibat secara langsung dan aktif di dalamnya. Alur cerita di serial ini benar-benar fantastis, di mana anda bisa memilih untuk menjadi seorang pasukan angkasa yang baik hati, atau komandan militer yang tak kenal ampun dalam mengorbankan anak buahnya.  Ada ratusan misi yang bisa anda mainkan dalam permainan ini, dan semuanya disajikan dengan cerita yang benar-benar brilian.  Jika anda mencari sebuah  RPG dengan storyline yang memukau, maka Mass Effect 3 harus anda mainkan sesegera mungkin, sebelum serial keempatnya dirilis ke pasaran.



4.  Fallout 3


Fallout 3 adalah game ketiga dari seri Fallout. Dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan dirilis pada bulan Oktober 2008, permainan ini telah menerima banyak penghargaan Game of the Year untuk gameplay dan jalan ceritanya yang menakjubkan. Selama bulan pertama dirilis di pasaran, Fallout 3 terjual lebih dari 600.000 kopi, yang membuktikan kesuksesannya di kalangan video gamers.

Di sini, pemain mulai permainan sebagai bayi yang baru lahir, dengan kemampuan untuk menentukan ras, jenis kelamin dan penampilan karakter anda. Sebuah buku anak berjudul YOU S.P.E.C.I.A.L kemudian diberikan di mana pemain dapat mengatur status utama karakter yang terdiri dari: Strength, Perception, Endurance (Daya Tahan), Charisma (Karisma), Intelligence (Kecerdasan), Agility (Kegesitan) dan Luck (Keberuntungan). Permainan ini juga dilengkapi dengan sistem karakter-leveling yang fleksibel, di mana pemain dapat meningkatkan skill pilihan mereka dengan mengalokasikan poin tertentu setiap kali naik level.

Fallout 3 juga memiliki gameplay terbuka, sehingga keputusan para pemain membuat dalam permainan memiliki dampak yang besar pada jalan cerita, bahkan ending. Kehidupan anda sebagai seorang pengembara di masa depan setelah kehancuran bumi karena radiasi nuklir benar-benar sangat menarik untuk disimak.  Di dunia Fallout 3, umat manusia digambarkan kembali berada dalam peradaban titik terendah, di mana mereka hidup dengan serba sederhana di reruntuhan bangunan, dihantui oleh kelaparan, monster-monster mengerikan, dan bandit-bandit kanibal nan kejam.  Di sinilah peran pemain dibutuhkan untuk kembali memulihkan kejayaan peradaban umat manusia.



3.  The Witcher 2: Assassins of Kings


The Witcher 2: Assassins of Kings adalah game kedua dari franchise action-RPG, The Witcher. Dikembangkan oleh CD Projekt RED, The Witcher 2 memiliki banyak komponen yang lebih menarik dibandingkan game pendahulunya.

Gaya bertempur yang cepat adalah salah satu kelebihan dari The Witcher 2. Keyboard digunakan untuk menggerakkan karakter anda, sementara tombol mouse digunakan untuk melakukan serangan serta berbagai sihir. Anda dapat pula menggunakan berbagai macam peralatan ofensif dan defensif, seperti bom dan perangkap, ataupun kapak dan sekop. Bagian-bagian tertentu dari permainan juga menawarkan anda kesempatan untuk masuk ke mode stealth dan berusaha menyelinap ke suatu tempat tanpa terdeteksi oleh musuh. Beberapa mini-games juga membuat permainan ini secara keseluruhan menjadi makin menarik.

The Witcher 2 adalah sebuah permainan dunia fantasi abad pertengahan, di mana anda berperan sebagai seorang "Witcher" atau pemburu monster.  Tujuan utama anda hanya satu, mencoba membersihkan nama baik anda yang dituduh sebagai pembunuh Raja.  Di sini, ada berbagai keputusan yang harus diambil, jalan cerita yang bercabang dan berbeda-beda, serta karakter-karakter cantik dan seksi yang tampil dalam adegan yang cukup vulgar.



2.  Star Wars: Knight of the Old Republic


Star Wars: Knights of the Old Republic adalah game RPG yang dikembangkan oleh BioWare. Permainan ini memiliki setting waktu di Golden Age of the Republic, sekitar dari 4.000 tahun sebelum setting waktu dalam film Star Wars pertama.

Pemain berada tengah-tengah perang galaksi antara pihak Jedi dan Sith. Pada awal permainan, pemain dapat memilih dari tiga kelas dasar, dan kemudian dalam permainan ada tiga subclass Jedi yang dapat dipilih. Selain jalan cerita yang mengasyikkan (terutama bagi fans Star Wars), permainan ini juga memiliki dunia yang luas dengan ratusan misi untuk diselesaikan.  Tak hanya itu, ada pula berbagai makhluk luar angkasa yang aneh yang membuat permainan anda akan makin mengasyikkan.

Star Wars: Knights of the Old Republic telah menerima banyak penghargaan dan pujian dari kritikus dan berbagai media. Permainan ini dinobatkan sebagai Game of the Year dalam berbagai versi, bahkan majalah Time juga menobatkannya sebagai salah satu dari 100 video game terbaik sepanjang masa.
 



1.  Alpha Protocol


Alpha Protocol adalah game RPG yang disajikan dalam sudut pandang orang ketiga, dikembangkan oleh Obsidian Entertainment.

Pemain berperan sebagai Michael Thorton, seorang agen CIA. Selama bermain dan menyelesaikan berbagai misi, pemain akan mendapatkan Advancement Point yang dapat digunakan untuk menaikkan level salah satu dari sepuluh skill yang berbeda. Skill yang dipilih ini memungkinkan Thorton untuk menggunakan senjata tertentu dengan efisien, atau memiliki kemampuan khusus tertenu. Pemain juga dapat mengatur sendiri penampilan fisik Thorton, mulai dari warna kulit dan warna mata, tutup kepala dan gaya rambut.

Meskipun permainan ini dipuji karena memiliki konsep yang unik, ada banyak masalah teknis yang membuatnya tidak terlalu populer dibandingkan serial lain seperti Mass Effects. Hal ini cukup disayangkan, karena jalan cerita dalam Alpha Protocol sangatlah dramatis dan indah.  Semoga saja kelak sekuel dari game ini bisa disajikan dengan lebih sempurna.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top