Thursday, October 31, 2013

10 Game RPG Strategi Terbaik Untuk PC

Posted at  7:03 AM  |  in  Top10

Game bertema RPG-Strategi adalah jenis permainan yang menggabungkan unsur role-playing dengan kemampuan menyusun taktik untuk mengalahkan lawan.  Game dengan genre RPG strategi paling terkenal contohnya adalah serial Final Fantasy Tactics.  Di sini, disajikan sebuah permainan dengan gaya anime yang khas, diramu dengan unsur strategi yang mengasyikkan.

Game RPG strategi biasanya juga dihiasi dengan berbagai macam kelas karakter yang bisa dipilih, puluhan karakter untuk direkrut, dan banyak misi rahasia untuk diselesaikan.  Nah, kali ini Wikugame akan mencoba menyajikan sepuluh permainan jenis ini yang tersedia untuk konsol PC.  Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut daftar dari kami:


10.  Heroes Might and Magic VI


Serial game The Might and Magic adalah salah satu genre strategi yang paling epik yang pernah dirilis untuk konsol PC hingga saat ini. Game pertama seri ini diluncurkan untuk platform MS-DOS pada pertengahan 90-an. Sejak itu, secara rutin serial ini merilis judul baru untuk konsol PC, dan setiap game yang dirilis selalu lebih baik dari seri sebelumnya, terutama dari segi gameplay dan grafis.

Game keenam dari seri ini menawarkan fitur baru, grafis 3D yang menakjubkan dan turn-based battle yang begitu memuaskan. Ada juga sedikit modifikasi untuk sistem skill, kelas, dan yang paling menarik adalah sistem reputasi. Anda bisa memilih menjadi karakter yang baik, atau bahkan menjadi tokoh yang sama sekali jahat.  Semua ini bergantung pada keputusan yang diambil, cara berdiplomasi, dan musuh-musuh yang anda perangi selama permainan.



9.  Chaos Chronicles


Sebagai sebuah role-playing game yang dikembangkan oleh Indie Coreplay, Chaos Chronicles mungkin menjadi salah satu RPG strategi paling menantang yang pernah dirilis untuk konsol PC.

Permainan yang disajikan dari sudut pandang kamera dari atas sepintas membuat game ini sedikit mirip dengan serial Diablo. Namun jangan salah, permainan ini memiliki sistem pertempuran turn based yang mirip dengan FF Tactics. Ditambah dengan grafis yang sangat bagus dan permainan yang membuat anda duduk selama ratusan jam di depan PC, tampaknya Chaos Chronicles sangat pantas untuk masuk ke dalam daftar ini.



8.  Atlantica Online


Atlantica Online adalah salah satu dari sangat sedikit MMO yang menggunakan sistem turn-based dalam pertempuran. Permainan online ini menggabungkan petualangan dengan dunia fantasi yang penuh penuh dengan monster, prajurit bayaran dan berbagai karakter yang fantastis. Setelah memilih kelas tertentu, pemain bisa merekrut prajurit tambahan dan memulai perjalanan berbahaya ke dunia Atlantica yang indah dan memukau.

Latar belakang permainan ini terinspirasi oleh mitos benua Atlantis dan memiliki alur cerita yang baik. Ada sembilan kelas yang berbeda yang bisa anda pilih. Permainan juga menekankan pada pentingnya bekerja sama dengan pemain lain yang bisa anda temui secara online. Anda bahkan bisa membentuk semacam grup atau guild dengan pemain lain dari berbagai negara. Grup anda bisa secara terbuka menyatakan perang dengan grup lain, dan pertempuran yang seru pasti akan menjadi pengalaman tersendiri yang benar-benar memukau.



7.  Tamer Saga


Permainan ini menawarkan empat kelas yang bisa dipilih, antara lain ranger, knight dan penyembuh (healer). Tidak ada kemampuan kustomisasi karakter, yang menurut saya sedikit mengecewakan. Namun, akan ada banyak kejutan di seluruh permainan, termasuk berbagai sihir untuk dipelajari dan ratusan monster lucu untuk ditangkap dan dijinakkan. Sama seperti Pokemon, permainan ini memungkinkan anda untuk "mengadu" monster yang anda tangkap ke dalam sebuah pertempuran.

Sistem battle dalam Tamer Saga sangat mirip dengan FF Tactics. Dengan sudut pandang kamera 45 derajat, anda bisa menyaksikan sebuah pertempuran turn based antara tim yang anda bangun dengan sekelompok monster yang lucu. Tak hanya sekedar bertempur, ada berbagai formasi yang harus ditentukan, seperti formasi penyerangan, formasi pertahanan, dan banyak lagi; yang harus ditentukan dengan tepat agar pertempuran bisa dilalui dengan lebih efisien.



6.  Disciples III: Renaissance


Renaissance adalah permainan RPG strategi yang diproduksi untuk konsol PC. Game ini menggunakan sistem grid heksagonal dalam pertempuran berbasis turn-based. Game ketiga dari seri ini memiliki 3 ras dan sistem tempur yang benar-benar diperbaharui dari serial pendahulunya. Dalam game ini anggota tim anda bisa bergerak bebas dan mengambil keuntungan dari berbagai kondisi di medan laga (ketinggian, perlindungan di balik hutan, kabut, kondisi alam) untuk membantu mempertahankan diri dari serangan musuh.

Aspek paling menarik dari Disciples III adalah sistem pertarungan turn-based-nya. Penempatan unit sangat berperan penting, bahkan ada semacam sistem combo yang memungkinkan anda untuk bisa menimbulkan lebih banyak damage dengan memposisikan karakter tertentu di tempat yang tepat.



5.  Legends of Heroes: Trails in the Sky


Sebagai sebuah JRPG (Japan RPG), Trails in the Sky memiliki sistem tempur berbasis grid yang disajikan dalam grafis ala anime yang cerah. Permainan ini membawa pemain melalui medan pertempuran fantasi di mana Anda dapat bertarung melawan monster dan musuh-musuh fantastis. Ada pula unsur eksplorasi yang cukup dominan. Anda dapat menjelajahi lokasi yang penuh dengan kejutan melalui sebuah peta tiga dimensi, menggali peti harta karun tersembunyi dan berinteraksi dengan monster untuk bertempur melawan mereka.

Legends of Heroes: Trails in the Sky memiliki karakter lucu ala anime, yang cukup mengingatkan serial FF Tactics yang dirilis untuk konsol GBA. Dengan banyak quests, pertempuran turn-based yang asyik dan eksplorasi yang penuh dengan kejutan; game ini sangat kami rekomendasikan untuk anda mainkan. Sayangnya, versi PC Trails in the Sky hanya tersedia dalam bahasa Jepang.  Jika anda ingin memainkan versi Inggrisnya, maka anda bisa membeli judul yang dirilis untuk konsol PSP, atau memainkannya lewat emulator.



4.  Wakfu


Wakfu adalah game MMORPG berbasis strategi dengan grafis dan battle system yang sangat mirip dengan Final Fantasy Tactics dan Dofus. Pemain dapat memilih satu kelas karakter dari 14 kelas yang berbeda dan menjelajahi ruang bawah, hutan lebat, maupun kota-kota nan indah. Sama seperti dalam FF Tactics, anda akan bertempur melawan berbagai binatang fantastis, monster dan musuh-musuh nan jahat. Anda bisa bertempur sendirian atau meminta bantuan teman yang sedang online untuk membuat sebuah grup.
 
Diterbitkan oleh Square Enix, grafis Wakfu disajikan dengan cukup indah. Grafis 2D game ini sedikit mengingatkan kita pada serial Final Fantasy klasik, namun tentu saja terlihat lebih digarap dengan maksimal. Animasi yang cukup halus dan desain karakter yang sangat baik juga menjadi daya tarik tersendiri. Secara keseluruhan, Wakfu adalah salah satu game yang harus dimainkan, terutama bagi pecinta game RPG yang dipenuhi dengan berbagai karakter imut.



3.  Ultimate Tactics


Ultimate Tactics adalah sebuah flash game yang bisa dimainkan secara gratis dan diproduksi oleh Kongregate. Permainan lebih berfokus pada pertempuran taktis turn-based dan tidak memiliki alur cerita yang terlalu memukau, namun menawarkan sebuah adu strategi yang cukup menantang.

Seperti FF Tactics, UT memiliki berbagai toko dan NPC di mana anda bisa membeli senjata, ramuan dan berbagai item magis. Ada juga penginapan yang terpisah di mana anda dapat merekrut prajurit bayaran untuk memperkuat tim dalam pertarungan. Permainan ini memiliki gamelay yang sangat baik, grafis yang cerah dan banyak quest menarik untuk diselesaikan. 



 2.  King's Bounty: The Legends


Serial The King's Bounty adalah judul RPG strategi terbaik yang pernah dirilis untuk konsol PC . Permainan ini menawarkan pertempuran yang disajikan dalam sebuah medan laga heksagonal. Seperti kebanyakan game role-playing, di sini anda bisa menjelajahi hutan, desa, berinteraksi dengan NPC, bertempur dengan monster, dan juga meningkatkan level.

Lingkungan sekitar juga memainkan peran kunci dalam pertempuran berbasis turn-based. Musuh akan memanfaatkan kabut, lava dan berbagai rintangan alam lainnya untuk mengalahkan anggota tim anda. Setiap medan berbentuk hexagonal tempat anda berdiri juga penuh kejutan, terkadang anda akan mendapatkan peti harta karun, namun kali lain akan ada perangkap yang mematikan.

Permainan menjadi lebih sulit jika anggota pasukan anda mati dalam medan perang. Anda akan perlu membeli karakter tambahan untuk melengkapi tentara anda,  karena karakter yang mati tidak akan bisa dihidupkan lagi. Bertempur dengan anggota tim yang tidak lengkap juga akan sangat sulit, karena memang King's Bounty adalah serial yang menuntut pemain untuk memutar otak.  Tingkat kesulitan yang tinggi inilah yang justru membuat permainan ini menjadi sangat menarik dan memuaskan untuk diselesaikan.



1.   Grotesque Tactics


Grotesque Tactics adalah sebuah game yang cukup unik. Permainan ini adalah parodi dari beberapa permainan RPG strategi terbaik produksi Squaresoft, seperti FF Tactics, Hoshigami, dan lain-lain. Selain gameplay yang menyenangkan, jalan cerita yang penuh dengan humor juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Grotesque Tactics.

Ada sebuah unsur permainan yang sangat unik yang disebut dengan "obsession meter". Sistem ini adalah kebalikan dari sistem experience/ XP yang bisa meningkatkan level.  Jika obsession meter seorang karakter terisi penuh (secara perlahan akan meningkat jika terkena serangan musuh), karakter tersebut akan mengeluarkan berbagai animasi jurus spesial yang justru melukai teman-temannya sendiri.

Seperti FF Tactics, permainan menawarkan sistem battle turn based. Ada bermacam-macam kelas karakter yang bisa dipilih, contohnya unit jarak dekat, penyembuh dan unit magis. Sepanjang permainan, anda akan melawan banyak monster, membuka berbagai peti harta karun dan harus merekrut delapan "anti-hero" yang akan membantu anda dalam mengalahkan musuh. Setiap unit memiliki serangan dasar dan jurus khusus. Ada pula beberapa karakter yang memiliki kemampuan ganda, contohnya sebagai unit penyerang jarak jauh sekaligus penyembuh.  Grotesque Tactics terbilang mudah untuk ditamatkan, normalnya bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari lima belas jam.

Bagikan Artikel Ini

Tentang Penulis

Wiku Pulangasih adalah founder dan penulis utama blog Wikugame, dan saat ini sedang menempuh studi S-2 untuk mata kuliah Behavioural Science di India. Wiku menciptakan blog ini dengan tujuan utama untuk menghapus image negatif terhadap video game yang masih dominan di masyarakat, dan menunjukkan bahwa video game adalah produk budaya yang patut diapresiasi karena memiliki nilai seni yang tinggi.

0 comments:

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top