Thursday, September 19, 2013

10 Momen Kontroversial Game Grand Theft Auto

Posted at  1:56 AM  |  in  Top10

Baru beberapa hari dirilis, Grand Theft Auto V (GTA 5) sudah menuai banyak protes dari berbagai kalangan.  Bahkan media sekelas NBC dan Telegraph tanpa ragu memberi penilaian negatif terhadap game ini karena faktor-faktor kekejaman yang dianggap melampaui batas.  Hal ini bertolak belakang dengan kualitas game GTA 5 yang memperoleh nilai review sempurna, 10 dari 10 di berbagai media.

Nah, Wikugame kali ini akan membahas tentang 10 momen paling kontroversial sepanjang sejarah serial Grand Theft Auto.  Sudah pernahkah anda mengalami sendiri momen-momen tersebut?  Apa tanggapan anda terhadap hal ini?


10.  Misi penyiksaan By The Book (GTA 5)


Momen inilah yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di berbagai media.  Di sini, anda mengendalikan Trevor, satu dari tiga orang karakter yang bisa dimainkan dalam game GTA 5.  Atas perintah FBI, Trevor harus menyiksa seseorang yang dicurigai sebagai seorang teroris dengan tujuan mendapatkan informasi tertentu.

Penyiksaan dalam GTA 5 ini terlihat begitu kejam, bahkan membuat banyak orang yang memainkan game ini merasa ketakutan dan tidak tega.  Mulai dari mencabut gigi sang tawanan dengan tang, memukuli selangkangannya dengan alat berat, hingga menutup wajahnya dengan kain dan menuangkan air ke wajahnya sehingga ia seolah-olah merasa tenggelam.  Misi penyiksaan ini menjadi sangat kontroversial, karena mau tidak mau harus dilakukan oleh player apabila ingin menamatkan game dengan sempurna.



9.  Prostitusi (GTA III)


Tak hanya dalam versi modern, dalam GTA III yang dirilis pada tahun 2001 saja sudah banyak hal-hal yang dianggap tidak layak untuk ditampilkan dalam sebuah game.  Dalam game ini, ada sebuah misi di mana anda harus menyewa jasa seorang wanita malam.  Setelah "menikmati servis" dari pekerja seks yang anda sewa, anda diharuskan membunuh dan mengambil semua uangnya.

Hal yang sangat terdengar tidak manusiawi ini membuat Rockstar selaku pengembang mendapat protes habis-habisan dari banyak pihak.  Menanggapi protes tersebut, Rockstar terlihat seolah tidak bergeming dan menolak untuk menghapus misi ini dari dalam game.



8.  Siaran radio yang dipandu oleh Lazlow (GTA III)

Siaran radio yang secara otomatis diputar tiap kali anda mengendarai mobil dalam GTA III ini juga menuai kontroversi yang luar biasa.  Lazlow selaku pemandu acara dalam program ini menyajikan fakta-fakta yang membuat pendengarnya merasa risih, mulai dari berbagai skandal seksual hingga kisah-kisah pembunuhan yang kejam.

Sama seperti sebelumnya, banyak yang meminta radio Lazlow dihapuskan dari game.  Seperti biasanya juga, Rockstar tidak bergeming dalam menanggapi protes ini.  Setidaknya, mereka tidak lagi memuat fitur radio serupa dalam game-game GTA selanjutnya.



7.  Alat bantu seks sebagai senjata (GTA San Andreas)

Kontroversi kembali muncul dari game GTA San Andreas, salah satu judul yang dianggap sebagai game paling kontroversial di dunia.  Di sini, anda bisa menemukan sebuah pentungan polisi yang bentuknya menyerupai (maaf) alat kelamin laki-laki yang berwarna ungu.  Senjata ini diyakini sebagai sebuah dildo atau alat bantu seks berukuran raksasa.

Kontroversi ini sedikit dilupakan, setelah game sejenis GTA, yaitu Saints Row 3 secara lebih eksplisit memperkenalkan senjata yang menyerupai alat bantu seks tersebut dalam berbagai komersial.  Well, tampaknya Rockstar tak perlu terlalu resah lagi menanggapi masalah ini.



6.  Perampokan bank (GTA IV)


Misi yang dinamai "Three Leaf Clover"  ini dianggap sebagai salah satu misi terbaik dalam GTA IV yang membuat para gamer merasa sangat puas begitu berhasil menyelesaikannya.  Dampak negatifnya, banyak pihak yang lantas menanggap GTA IV seolah menjelaskan cara-cara merampok bank dan menampilkannya sebagai sesuatu yang "bisa dicoba" oleh orang awam.

Dalam misi ini, anda berpartner dengan sekelompok kriminal berdarah Irlandia.  Hanya dengan bermodalkan senjata api dan penutup wajah, anda nekat mencoba merampok bank.  Dengan perencanaan sederhana, misi berjalan sedikit kacau.  Ada banyak sandera yang terbunuh, polisi yang menjadi korban, namun pada akhirnya anda tetap sukses meraup jutaan dollar dari bank tersebut.



5.  Adegan pria telanjang tanpa sensor (GTA The Lost and the Damned)


The Lost and the Damned adalah paket DLC (Downloadable Content, konten tambahan) dalam game GTA IV.  Dalam salah satu misinya, anda akan terlibat pembicaraan dengan seorang politikus yang sedang terlihat bersantai.  Yang mengejutkan adalah sebuah adegan di mana politikus pria tersebut ditampilkan sedang berdiri telanjang dari pinggang ke bawah, tanpa sensor apapun.  Hal ini tentunya sangat mengejutkan, bahkan bagi gamer yang memainkan misi tersebut.  Well, menilik dari berbagai kriminalitas dan kekejaman yang biasa disajikan dalam game GTA, hal ini mungkin tidak seberapa.  Namun unsur keterkejutan yang cukup besar membuat adegan ini sempat menjadi perbincangan hangat di internet selama beberapa saat.



4.  Transaksi narkotika (GTA Chinatown Wars)


Dirilis untuk konsol PSP dan Nintendo DS, GTA Chinatown Wars juga tak luput dari kontroversi.  Walaupun disajikan dengan grafis dua dimensi yang lebih sederhana, tetap saja berbagai unsur kekejaman dan kriminalitas disajikan secara terang-terangan, dan hal ini rupanya membuat beberapa pihak merasa khawatir.

Salah satu adegan yang dianggap melampaui batas adalah sebuah "transaksi narkoba" yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, setiap saat sang pemain memiliki cukup uang.  Tak hanya itu, bentuk dan nama-nama zat terlarang seperti Heroin dan Ecstasy juga digambarkan dengan sangat jelas menyerupai aslinya.



3.  Jetpack (GTA San Andreas)


Jetpack adalah semacam peralatan kecil yang dipakai seperti tas ransel, yang bisa membuat anda terbang tinggi ke angkasa.  Yang menimbulkan kontroversi, di dalam game diceritakan bahwa Jetpack sebenarnya adalah senjata rahasia pemerintah yang diciptakan untuk keperluan pertahanan militer di masa depan.  

Banyak pihak yang menganggap aksi CJ, tokoh utama game ini, dalam mencuri desain Jetpack di Area 69 (pelesetan dari Area 51, sebuah area misterius di Amerika Serikat yang diyakini sebagai markas UFO dan militer rahasia) dianggap terlalu berlebihan.  Tindakan ini bisa membahayakan stabilitas negara dan menimbulkan perang dunia jika benar-benar dilakukan.



2.  Pencurian mobil


Mendengar kata GTA, pasti ada banyak kata yang terbayang di dalamnya.  Dan salah satu kata yang paling sering diingat oleh orang tentang game ini adalah "pencurian mobil".  GTA yang pertama kali rilis pada tahun 1997 dianggap sebagai game pertama yang mempopulerkan fitur "mencuri mobil orang lain dan mengendarainya untuk kepentingan anda".

Bayangkan saja, Rockstar membuat aktivitas mencuri mobil terlihat begitu mudah.  Ada ratusan mobil di jalanan GTA, dan anda bisa dengan bebas memilih dan mencurinya, dengan konsekuensi yang sangat minimal.  Aktivitas dalam game ini dianggap bisa memicu anak-anak muda untuk melakukan hal serupa di saat mereka membutuhkan uang.



1.  Hot Coffee (GTA San Andreas)


Aktivitas ini memungkinkan karakter utama anda, CJ, melakukan hubungan seks dengan pacarnya setelah menyelesaikan misi tertentu.  Karena protes dari berbagai pihak termasuk dari Hillary Clinton, Rockstar akhirnya memutuskan untuk tidak menampilkan fitur ini dari dalam game.  Celakanya, ada hacker yang kemudian berhasil membongkar fitur tersembunyi ini setelah memecahkan kode-kode tertentu.  Aktivitas yang dinamai "Hot Coffee" ini pun mereka edarkan secara bebas di internet, dan bisa didownload dan di-install sendiri oleh player yang tertarik untuk menyaksikannya.  Celakanya, versi Hot Coffee ini bahkan dibuat lebih parah dalam versi aslinya.  Jika dalam versi asli, karakter tersebut ditampilkan dalam pakaian lengkap, versi modifikasi misi ini bisa menampilkan mereka berhubungan seksual tanpa sehelai benang pun.  

Melihat berbagai kontroversi di atas, tampaknya kita harus benar-benar menyadari bahwa Grand Theft Auto bukanlah sebuah game yang diperuntukkan bagi anak-anak.  Oleh karena itu, pastikan tidak ada anak kecil di sekeliling anda ketika sedang memainkannya.  Bagi para penjual maupun pemilik rental, anda juga diwajibkan untuk tidak memberi akses game-game GTA pada pelanggan di bawah umur.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top