Monday, September 9, 2013

10 Game Harvest Moon Terbaik

Posted at  12:11 AM  |  in  Top10

Harvest Moon adalah sebuah judul game simulasi pertanian yang sangat digemari di seluruh dunia.  Tak hanya bertani, di sini anda bisa menikmati berbagai aktivitas pedesaan yang sangat menyenangkan, seperti memancing, beternak, mengikuti berbagai festival, bahkan berpacaran dan menikah dengan penduduk setempat.

Di antara semua judul permainan Harvest Moon yang pernah dirilis, yang manakah yang terbaik?  Hal inilah yang akan coba dibahas oleh Wikugame.  Dalam artikel ini, kami menyajikan sepuluh game Harvest Moon terbaik yang sangat layak untuk dimainkan.

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Harvest Moon:  Tree of Tranquility


Tree of Tranquility adalah game Harvest Moon yang dirilis pada tahun 2007 untuk konsol Wii.  Sebagai judul pertama franchise ini yang dirilis untuk konsol Wii, Tree of Tranquility mampu memenuhi ekspektasi pasar maupun gamer.  Game ini disajikan dengan grafis yang indah, musik yang menenangkan, dan gameplay yang cukup inovatif.

Tak hanya mengembangkan pertanian, dalam game ini anda juga harus memulihkan kembali Mother Tree, sebuah pohon besar penghasil oksigen yang sudah hampir mati.  Dengan desain karakter yang unik, gameplay menarik, dan berbagai tambahan lainnya, game ini bisa dibilang cukup memukau.



9.  Harvest Moon: Animal Parade


 Dikembangkan oleh Natsume dan rilis pada tahun 2009, Animal Parade juga memiliki jalan cerita yang kompleks.  Sebuah pohon raksasa di tengah-tengah kolam Harvest's Goddess mulai melemah.  Akibatnya, berbagai makhluk hidup dan tumbuhan mulai mati dan meninggalkan kota tersebut.  Hal ini diakibatkan oleh berbagai polusi yang diakibatkan oleh manusia.

Tugas anda di sini adalah mengembalikan kesuburan tanah dan mengatasi polusi di lingkungan sekitar, dengan cara menanami lahan pertanian dan melakukan berbagai hal lainnya.  Tak hanya itu, anda juga harus membantu berbagai Harvest Sprites (semacam kurcaci) untuk menyelesaikan beberapa misi, selain fitur lain yang bisa anda temukan dalam game Harvest Moon seperti beternak, bersosialisasi, dan menikah.



8.  Rune Factory: A Fantasy Harvest Moon


 Rune Factory adalah sebuah game Harvest Moon yang cukup unik.  Dirilis pada konsol DS, game ini adalah satu-satunya permainan Harvest Moon di mana anda bisa menggunakan pedang, sihir, dan bertarung dengan monster-monster di dunia fantasi.  Tak hanya itu, anda bisa menangkap dan menjinakkan monster-monster tersebut untuk diternakkan di pertanian.

Singkat kata, game ini memiliki unsur petualangan yang lebih seru daripada judul lainnya.  Sebuah konsep yang cukup fresh, yang mungkin ingin dicoba oleh pecinta serial Harvest Moon.  Selain itu, grafis dan musik game ini juga cukup baik dan indah.



7.  Harvest Moon: Back to Nature


Sebagian besar fans Harvest Moon di Indonesia pasti mengenal franchise ini dari judul Back to Nature yang dirilis untuk konsol PSX.  Game ini cukup revolusioner dan mengejutkan pada zamannya, karena hampir tidak ada game PSX sejenis yang bertemakan simulasi pertanian yang memungkinkan anda untuk menikah dan mempunyai anak.

Segala elemen dalam Back to Nature terbilang sangat indah.  Mulai dari desain karakter yang imut, festival-festival indah yang bisa diikuti, serta berbagai rahasia yang membuat anda betah memainkan judul ini hingga ratusan jam.



6.  Harvest Moon: Magical Melody


 Magical Melody adalah serial Harvest Moon yang dipuji karena bisa dimainkan dengan sangat bebas.  Di sini, anda tidak hanya bisa bercocok tanam di pertanian sendiri.  Anda bisa membeli sepetak tanah kapan saja dan di mana saja, bahkan di tengah-tengah pedesaan, di sebelah rumah penduduk lainnya.

Selain itu, penduduk desa juga datang dan pergi, tergantung dari berbagai keputusan yang anda lakukan.  Kota dalam game ini sangat dinamis, terus menerus berubah, dan bisa dipastikan membuat anda ketagihan untuk terus melanjutkan bermain.



5.  Harvest Moon: Save the Homeland


 Save the Homeland terbilang cukup revolusioner untuk serial Harvest Moon.  Di game ini, ada sembilan ending berbeda yang bisa anda dapatkan.  Misi anda juga tidak hanya sekedar bertani dan beternak, namun juga harus menyelamatkan pedesaan dari tangan para investor yang berniat mengubahnya menjadi sebuah resort komersial.

Saat pertama kali dirilis untuk PS2 pada tahun  2001, banyak fans Harvest Moon yang terkejut karena grafis game ini mengalami perubahan drastis.  Karakter tidak lagi ditampilkan dalam bentuk chibi - dengan wajah bulat dan kaki tangan pendek- namun dibuat lebih proporsional dan menyerupai manusia.



4.  Harvest Moon: A New Beginning


 A New Beginning adalah salah satu serial Harvest Moon terbaru yang rilis pada tahun 2012 untuk konsol Nintendo 3DS.  Salah satu kelebihan utama dalam game ini adalah kemampuan untuk membuat sendiri karakter anda, menentukan wajah, pakaian, gaya rambut, serta berbagai aksesori yang dikenakannya.

A New Beginning juga terbilang lebih mudah dari judul lainnya di serial ini, terutama untuk mencari uang.  Gameplaynya dibuat jauh lebih praktis, di mana anda tidak perlu melakukan hal berulang-ulang dan membosankan.  Grafisnya-pun terbilang indah dan memesona.



3.  Harvest Moon: Friends of Mineral Town


 Dirilis untuk konsol GameBoy Advance, Friends of Mineral Town memiliki setting yang 90 persen hampir sama dengan Back to Nature, khususnya dalam hal desain karakter, festival, gameplay, dan lokasi pedesaan.  Bedanya, dalam game ini ada terdapat lebih banyak rahasia dan cerita-cerita tersembunyi yang bisa anda temukan.

Sama seperti game Harvest Moon kebanyakan, tujuan utama anda di sini adalah mengubah tanah pertanian warisan kakek anda yang tidak terurus menjadi sebuah lahan yang menghasilkan uang.  Tak hanya itu, anda bisa juga berinteraksi dengan para penduduk desa, bahkan menikahi mereka.



2.  Harvest Moon 64


 Dirilis untuk konsol N64, Harvest Moon 64 memiliki sedikit keunggulan dalam hal grafis dibandingkan serial franchise seangkatannya.  Tantangan dalam game ini juga sedikit lebih berat, karena anda harus menyelesaikan berbagai misi hanya dalam kurun waktu dua tahun.  Namun dengan berbagai gameplay yang mengasyikkan, game ini sama sekali tidak membuat anda merasa frustrasi.

Ada lebih banyak variasi yang bisa anda lakukan di dalam game ini jika dibandingkan dengan Mineral Town atau Back to Nature.  Selain itu, game ini juga lebih menuntut anda membuat strategi yang matang untuk menyelesaikannya dengan sempurna.



1.  Harvest Moon: A Wonderful Life 

Apa yang membuat A Wonderful Life layak disebut sebagai game Harvest Moon terbaik?  Jawabannya adalah grafis yang memukau, gameplay yang berbeda, serta musik yang menghipnotis.  Di sini, anda tidak hanya berfokus pada bagaimana mencari uang sebanyak-banyaknya, namun juga bagaimana membesarkan anak anda.

Ada berbagai target yang harus dipenuhi, antara lain harus menikah sebelum tahun pertama berakhir, dan harus mempunyai anak sebelum tahun kedua berakhir.  Tergantung dari pasangan yang anda pilih dan cara membesarkannya, anak anda bisa memiliki berbagai  kepribadian yang berbeda.  Nah, selain melakukan hal-hal ini, anda tetap tidak boleh melupakan berbagai kegiatan bertani harian yang menjadi sumber uang utama.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top