Friday, September 20, 2013

10 Game Fighting Terbaik

Posted at  12:06 AM  |  in  Top10

Game fighting atau pertarungan memang sangat asyik dimainkan, terutama bersama teman-teman anda.  Selain itu, jenis permainan ini juga menjadi genre tertua dalam sejarah video game.  Hingga saat ini saja, sudah lebih dari ribuan judul game fighting yang dirilis di pasaran.  Nah, kira-kira, apa sajakah sepuluh franchise game fighting terbaik di dunia?

Pada kesempatan ini, Wikugame akan menyajikan nama-nama franchise yang sudah memproduksi banyak judul yang populer dan berkualitas dalam genre pertarungan.  Apakah anda sudah pernah memainkan semua game dalam daftar ini?

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Bloody Roar


Permainan yang satu ini mungkin memang tidak terlalu  menjadi booming, namun sempat sangat populer di berbagai negara-negara Asia termasuk Indonesia.  Bloody Roar adalah franchise game fighting yang dirilis untuk konsol PS1 dan PS2 dalam grafis tiga dimensi yang apik dan gaya pertarungan yang cukup unik.

Di sini, petarung anda bisa berubah menjadi monster yang mengerikan dan mendaratkan berbagai jurus yang lebih mematikan.  Melihat kesuksesan dan popularitasnya, sangat mengherankan melihat franchise Bloody Roar lenyap dari dunia video game seolah ditelan bumi.



9.  Soul Calibur


Kebanyakan game fighting menyajikan petarung-petarung dengan tangan kosong.  Namun tidak demikian dengan serial Soul Calibur.  Permainan yang satu ini dianggap sebagai game pertarungan terbaik di mana karakternya menggunakan berbagai senjata tertentu.  Desain yang menarik dan pengembangan karakter yang luar biasa membuat Soul Calibur menerima review positif dari berbagai media.

Pertama kali rilis tahun 1998, popularitas game ini terus menanjak dan terbilang sangat stabil.  Ada berbagai senjata mematikan dan aneh yang digunakan oleh setiap karakter dalam Soul Calibur, contohnya cambuk bermata pedang, tombak berukuran raksasa, hingga senjata-senjata rahasia ninja.



8   Killer Instinct


Tak terlalu populer di Indonesia, franchise game fighting ini sempat merajai dunia arcade (mesin ding-dong) baik di Jepang maupun Amerika Serikat pada pertengahan tahun 90-an.  Saking populernya, banyak diselenggarakan turnamen video game Killer Instict, bahkan ada yang mencapai tingkat internasional.

Salah satu fitur paling menarik dari Killer Instinct adalah di mana anda bisa membuat berbagai combo mematikan, bahkan satu jurus bisa menghasilkan hingga 80 combo.  Yang jelas, game ini dianggap sebagai sebuah permainan yang sangat mengutamakan kecepatan tangan dan reaksi seorang gamer.



7.  Dead or Alive


 Franchise Dead or Alive dikenal di seluruh dunia terutama karena karakter-karakter cantik di dalamnya.  Game ini menjadi sangat populer di kalangan gamer laki-laki, karena 90 persen karakternya adalah petarung-petarung berwajah jelita dan memiliki tubuh seksi.  Ditambah dengan grafis tiga dimensi yang keren, maka makin banyak pula gamer yang jatuh cinta pada franchise Dead or Alive.

Fitur tambahan yang juga disukai adalah kemampuan untuk mengganti-ganti kostum karakter anda setelah berhasil memenangkan turnamen.  Selain disajikan dalam bentuk fighting game, Dead or Alive juga merilis sebuah game voli pantai yang tentu saja dimainkan oleh para karakter cantik ini dalam pakain renang.



6.  Dragon Ball


Tak hanya sukses di dunia manga dan anime, franchise Dragon Ball juga meraih popularitas yang tinggi di dunia video game.   Terhitung ada ratusan judul yang dirilis dalam berbagai genre permainan, mulai dari pertarungan, petualangan, RPG, hingga puzzle.  Namun di antara semua genre tersebut, tipe pertarungan-lah yang paling disukai oleh mayoritas gamer di seluruh dunia.

Selain bisa memainkan karakter yang ada di dalam manga, seperti Son Goku, Piccolo, Gohan, dan banyak lagi, ada pula berbagai karakter tambahan yang bisa anda dapatkan setelah menamatkan game.  Satu hal yang pasti, game fighting Dragon Ball dikenal bisa membuat kontroller anda cepat rusak, karena untuk mengeksekusi jurus tertentu, diperlukan berbagai gabungan tombol yang harus ditekan dan ditahan dengan cepat.



5.  King of Fighters


Game ciptaan SNK ini menjadi salah satu fighting game klasik yang hingga saat ini masih mempertahankan grafis dua dimensi.  Di sini, tak hanya disajikan sebuah pertarungan yang menarik, namun juga jalan cerita yang berkisar di kehidupan karakter utama, Kyo Kusanagi, yang penuh dengan drama dan misteri.

Dirilis pertama kali pada tahun 1994, King of Fighters sudah tidak mengeluarkan judul terbarunya sejak tahun 2010 lalu.  Hal ini tentu saja membuat penggemar fanatik serial ini berharap-harap cemas, apakah serial KOF akan mengalami nasib yang sama dengan franchise Bloody Roar.



4.  Samurai Shodown


Samurai Shodown adalah sebuah permainan yang sangat populer di Jepang, bahkan menjadi inspirasi utama dari penulis manga Rurouni Kenshin (Samurai X).  Sebelum munculnya franchise Tekken dan Mortal Kombat, Samurai Shodown juga dianggap sebagai rival utama Street Fighter dalam memperebutkan posisi pertama sebagai game fighting.

Satu hal yang membuat Samurai Shodown berbeda dari game fighting lainnya adalah tingkat kesulitannya yang sangat tinggi.  Untuk menyelesaikan sebuah misi dalam tingkat kesulitan paling tinggi, anda dipastikan harus memutar otak dan berusaha dengan sangat keras.



3.  Mortal Kombat


Menyandang nama sebagai salah satu video game paling kontroversial di dunia, Mortal Kombat hingga sekarang dianggap sebagai game fighting paling sadis yang tidak cocok dimainkan oleh anak-anak.  Bagaimana tidak, ada unsur kekerasan yang sangat tinggi, dan juga unsur seksual yang tercermin dari kostum para petarungnya yang sangat seksi.

Jangan kaget jika dalam Mortal Kombat anda menyaksikan karakter yang kepalanya terpenggal atau bagian tubuhnya terpotong dalam pertarungan.  Hal ini lumrah ditemui, karena Mortal Kombat ingin menyajikan sebuah arena penuh darah dan kekejaman, yang tidak bisa ditemui dalam game fighting lainnya.



2.  Tekken


Dari segi penjualan, Tekken adalah game fighting paling sukses di pasaran.  Franchise ini sudah meraup keuntungan lebih dari 41 juta US dollar sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 1994.  Serial ini secara konsisten juga dirilis untuk konsol-konsol yang menjadi tren di dunia, bahkan belakangan ini juga bisa dimainkan di PC.

Salah satu kelebihan utama Tekken selain grafis memukau dan gameplay yang seru adalah desain karakter yang unik.  Baca saja artikel dari kami yang berjudul "10 Karakter Game Tekken Terfavorit" untuk mengetahui seberapa menariknya tokoh petarung dalam game ini.



1.  Street Fighter


Walaupun dari segi penjualan masih kalah dari Tekken, namun dari segi kualitas dan menilik kontribusinya di dunia game, Street Fighter pantas dinobatkan sebagai game fighting terbaik di dunia.  Pertama kali dirilis pada tahun 1987, permainan ini sudah melahirkan berbagai karakter hebat seperti Chun-Li, Ryu, dan Blanka yang menjadi inspirasi lahirnya game-game fighting hebat lainnya.

Tak hanya itu, Street Fighter juga diadaptasi ke berbagai media lain, mulai dari anime, komik, hingga film layar lebar yang diperankan oleh artis-artis Hollywood.  Meninjau keputusan CAPCOM yang sudah berani meninggalkan grafis 2-D dan beralih ke 3 Dimensi, sepertinya sangat menarik untuk menunggu masa depan dari serial Street Fighter ini.  Bisa dipastikan, pertarungan dalam game akan tersaji dalam grafis yang lebih indah dan gameplay yang jauh lebih seru.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top