Thursday, September 26, 2013

10 Fakta Menarik Tentang Game Zombie

Posted at  4:13 AM  |  in  Top10

Game zombie adalah salah satu jenis permainan yang belakangan ini sangat laris di pasaran.  Sejak Resident Evil dirilis pada konsol PSX pada akhir tahun 90-an, zombie seolah menjadi primadona dalam dunia video game.  Berbagai developer besar seolah-olah berlomba untuk menciptakan pengalaman paling mengasyikkan dalam melawan mayat hidup pemakan manusia ini.

Bagi anda yang menggemari segala macam hiburan yang berkaitan dengan zombie, maka artikel Wikugame berikut wajib untuk disimak.  Ternyata, ada berbagai fakta menarik berkaitan dengan game jenis ini, yang mungkin bisa memperkaya wawasan anda.  Berikut fakta-faktanya.

by Martin SoulStealer on Flickr.com via Creative Commons

10.  Game zombie pertama

Zombie Zombie


Game zombie pertama yang pernah dirilis di pasaran berjudul Zombie Zombie, dibuat pada tahun 1984 untuk komputer yang pada saat itu bernama ZX Spectrum.  Permainan ini dikembangkan oleh Quicksilva sebagai sekuel dari game Ant Attack yang dirilis beberapa bulan sebelumnya.

Berbicara masalah grafis, jangan heran jika permainan Zombie Zombie ini sangat simpel, layaknya seperti sebuah game watch.  Pemain hanya terlihat seperti sebuah titik hitam yang menyerupai manusia, begitu juga dengan para zombie yang berwarna merah, yang sama sekali tidak menyeramkan.  Game ini berkisah tentang suatu penyakit misterius yang bersumber dari sebuah ramalan kuno.  Penyakit tersebut membunuh banyak manusia, namun dalam waktu singkat kembali menghidupkan mereka dari dalam kubur dan mengubahnya menjadi makhluk haus darah.



9.  Game zombie pertama yang dibuat berdasarkan film.

Zombi

Zombi adalah sebuah permainan yang dirilis pada tahun 1986, dibuat berdasarkan film Dawn of the Dead yang disutradarai oleh George Romero.  Permainan ini dikembangkan oleh Ubisoft dan dirilis untuk beberapa konsol, seperti Atari, Amiga, dan ZX Spectrum Computer.  Tak berbeda jauh dengan Zombie Zombie, permainan ini memiliki grafis yang sangat sederhana.

Permainan yang dibuat dari sudut pandang first person ini menceritakan petualangan empat karakter di sebuah mall yang penuh zombie.  Mayat hidup tersebut bisa dibunuh dengan berbagai senjata.  Zombie-zombie akan mati dengan satu tembakan di kepala, atau dengan beberapa kali serangan di bagian tubuh lainnya.



8.  Franchise game zombie paling sukses secara penjualan

Resident Evil


Sudah bisa ditebak, Resident Evil adalah serial zombie paling sukses dari segi penjualan.  Franchise produksi Capcom ini total berhasil meraup penjualan sebesar 56 juta US Dollar.  Resident Evil menduduki peringkat ke-21 dalam daftar franchise video game paling laris di dunia (posisi pertama dipegan oleh Super Mario), berada di atas franchise Assassin's Creed dan Pac-Man.

Resident Evil pertama kali dirilis pada tahun 1996, permainan ini dianggap sebagai inspirasi utama dari semua video game zombie yang dirilis hingga saat ini.  Tak hanya di dunia game, franchise ini juga sudah dibuat versi filmnya, dibintangi oleh Milla Jovovich sebagai pemeran utama.



7.  Judul game zombie paling laris di dunia 

Resident Evil 2


Dengan jumlah penjualan yang mencapai 5,82 juta kopi di seluruh dunia, Resident Evil 2 hingga sekarang menjadi judul game zombie paling laris.  Resident Evil 2 unggul cukup tipis dari Resident Evil 5 dan Resident Evil, serta masih di atas The Last of Us dari segi penjualan.  

Permainan ini berkisah tentang petualangan  Leon S. Kennedy dan Claire Redfield dalam menjelajahi Raccoon City, sebuah kota yang menjadi bahan percobaan senjata kimia Umbrella Corporation.  Secara kualitas, hingga saat ini RE 2 masih dianggap sebagai salah satu game Resident Evil terbaik yang pernah dibuat.



6.  Pemburu zombie paling populer

Jill Valentine


Cukup mengejutkan mengetahui fakta Jill Valentine berhasil menjadi karakter Resident Evil terpopuler berdasarkan polling resmi CAPCOM.  Ia berhasil mengungguli dua protagonis pria yang dianggap lebih tangguh, yaitu Leon S. Kennedy dan Chris Redfield.  Yang lebih mengejutkan lagi, keduanya bahkan ternyata tidak terpilih sebagai tokoh terpopuler nomor dua.  Posisi ini dipegang oleh Albert Wesker, tokoh antagonis misterius dalam game.

Bisa diperkirakan, Jill berhasil unggul dari karakter lainnya karena memiliki kombinasi antara ketangguhan, kecantikan, dan skill survival yang tinggi.  Petualangannya melawan Nemesis menjadi salah satu aksi yang tak terlupakan dalam sejarah dunia video game.



5.  Game zombie dengan kualitas terbaik

The Last of Us


Permaianan yang dirilis di awal tahun 2013 ini merupakan sebuah game zombie dengan rata-rata rating review paling tinggi sepanjang sejarah.  Dirilis khusus untuk PlayStation 3, The Last of Us menceritakan kehidupan 20 tahun setelah kiamat besar.  Terjadi semacam infeksi radioaktif yang mengakibatkan manusia berubah menjadi monster semacam zombie yang gemar memangsa sesama.

The Last of Us mampu meraih nilai review sempurna, 10, dari berbagai media video game seperti IGN, Machinima, EuroGamer, dan Edge.  Permainan ini dianggap memiliki keunggulan dalam jalan cerita yang dramatis serta grafis yang sangat realistis.



4.  Game zombie dengan biaya pembuatan paling mahal

Red Dead Redemption


Walaupun zombie hanya muncul dalam DLC (expansion pack), Red Dead Redemption bisa dianggap sebagai game bergenre zombie paling mahal yang pernah dibuat.  Permainan berjenis open world ini dikembangkan oleh Rockstar, dengan biaya pembuatan yang mencapai lebih dari 100 juta US Dollar.

Dalam Red Dead Redemption, anda bisa menginstall sebuah fitur tambahan yang mengakibatkan munculnya zombie-zombie di padang pasir tempat anda berpetualang.  Dengan grafis yang sangat bagus dan kualitas permainan yang menghibur, Red Dead Redemption menjadi salah satu permainan zombie terbaik yang pernah dibuat di abad ke-21.



3.  Game zombie paling realistis

State of Decay


Sejauh ini State of Decay bisa disebut sebagai permainan dengan genre zombie paling realistis yang pernah dibuat.  Bercerita tentang keadaan setelah kiamat zombie, anda harus merekrut para survivor dan mendirikan sebuah markas yang kuat.  Game ini juga memiliki dunia yang sangat luas untuk dijelajahi.

Faktor realistis terlihat dari elemen simulasi di dalam game.  Karakter anda memerlukan makan dan minum, obat-obatan, serta waktu untuk tidur.  Selain itu, zombie-zombie tersebut hanya akan mati jika diserang tepat di kepala, dengan serangan yang langsung menghancurkan otak mereka.



2.  Orang Indonesia dalam game zombie

Cahaya Dian (Dead Island)


Karakter NPC yang berprofesi sebagai penjual senjata ini bisa ditemukan di kota Moresby dalam game Dead Island.  Walaupun tidak secara spesifik disebutkan kewarganegaraannya, dari namanya kita bisa memperkirakan bahwa "Cahaya Dian" setidaknya memiliki darah Indonesia.  Apalagi, Dead Island sendiri juga berlokasi di kepulauan sekitar Papua Nugini.

Dalam game Dead Island, Cahaya Dian tidak memiliki peranan yang terlalu penting selain sebagai penjual senjata.  NPC lain menggambarkan sosoknya sebagai "orang yang serakah", yang masih mencoba mengambil keuntungan di tengah-tengah bencana.



1.  Berbagai kontroversi dalam game zombie


Left 4 Dead 2:  Cover untuk game yang dirilis di Inggris harus diubah, karena ada gambar seorang pilot helikopter yang membuat gerakan tidak sopan dengan tangannya.  Game ini juga dilarang peredarannya di Australia karena dianggap terlalu sadis.  Selain itu, salah satu level yang bersetting di New Orleans dianggap bisa membawa pengaruh buruk bagi penduduk kota tersebut, karena di dunia nyata New Orleans baru saja diporak-porandakan oleh badai Katrina.

Resident Evil 5:  Dianggap rasis, karena sebagian besar zombie dalam game ini digambarkan sebagai penduduk Afrika berkulit hitam yang terinfeksi virus biologis.

Dead Island Riptide:  Bonus hadiah pembelian game yang berupa tubuh wanita tanpa tangan, kepala, dan kaki dianggap merendahkan martabat kaum hawa.  Baca artikel "10 Video Game Paling Kontroversial" untuk informasi lebih jelasnya.

Dead Island:  Skill salah satu karakter (Purna) dalam game yang bernama "Gender Wars" ternyata secara tersembunyi ditulis sebagai "FeministWhorePurna" alias (maaf) "Pelacur Feminis Purna".  Hal ini membuat kaum feminis merasa terhina dan membuat Deep Silver harus mengeluarkan patch untuk mengganti kode tersembunyi tersebut.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top