Thursday, August 29, 2013

10 OST Final Fantasy Terbaik

Posted at  2:27 AM  |  in  Top10

Final Fantasy tidak hanya dikenal sebagai serial RPG terbaik, namun juga memiliki OST atau Original Sound Track yang indah, memiliki lirik yang bagus, dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi populer di seluruh dunia.  Lagu-lagu ini tentunya juga makin membuat pengalaman anda dalam bermain game jauh lebih menyenangkan.

Pada kesempatan ini, Wikugame akan menyajikan sepuluh Original Sound Track (OST) dari serial Final Fantasy yang paling indah.  Tak hanya memukau, lagu-lagu ini juga bisa membuat anda terhanyut dalam dunia fantasi yang penuh dengan petualangan seru.
 
by Virgil91 on DeviantArt.com, via Creative Commons

10.  Eyes On Me  (FF VIII)

Dinyanyikan oleh Faye Wong, lagu Eyes On Me hingga kini menjadi single OST Final Fantasy yang penjualannya paling laris sepanjang masa, menembus angka 500 ribu kopi.  Lagu ini adalah soundtrack resmi dari Final Fantasy VIII, sebuah game yang menceritakan petualangan dan kisah cinta romantis antara Squall dan Rinoa.

Eyes On Me tidak hanya memiliki lirik yang menyentuh, namun juga sangat cocok dengan atmosfer game Final Fantasy VIII yang penuh dengan berbagai drama serius.  Secara keseluruhan, lagu ini bahkan bisa dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah dunia game.



9.  Suteki Da Ne  (FF X)

Suteki Da Ne adalah lagu yang mengiringi kejayaan Final Fantasy X di konsol PlayStation 2.  Lagu ini juga disebut-sebut menjadi salah satu faktor yang mampu membuat Final Fantasy X menjadi salah satu game PS2 terpopuler.  Dinyanyikan oleh Rikki, lagu yang dirilis pada tahun 2001 ini berhasil terjual sebanyak 130 ribu kopi di seluruh dunia.

Baik versi Jepang maupun versi Inggris game ini sama-sama indahnya.  Semua bisa membuat anda terpukau dan terbawa ke dalam suasana magis Final Fantasy X.  Anda akan merasa berada bersama Yuna dan Tidus dalam petualangan mereka yang fantastis.



8.  Kiss Me Good-Bye (FFXII)

Harus diakui, OST Final Fantasy setelah serial FFX tidaklah lagi seindah sebelumnya.  Ini karena Nobuo Uematsu, komposer yang menggarap OST=OST terbaik serial Final Fantasy memutuskan untuk pensiun.  Walaupun begitu, masih ada beberapa lagu yang layak diacungi jempol, salah satunya adalah Kiss Me Good-Bye yang dibuat untuk Final Fantasy XII.

Dinyanyikan oleh Angela Aki dan dirilis pada tahun 2006, Kiss Me Good-Bye setidaknya mampu mendapat perhatian dari pecinta serial game Final Fantasy.  Single lagu ini yang dirilis di pasaran pun mampu terjual sebanyak 60 ribu kopi.



7.  To Zanarkand (FF X)

Kesan mistis, misterius, dan romantis dari serial Final Fantasy X benar-benar ditampilkan dengan sangat baik dalam lagu To Zanarkand.  Lagu ini seolah mengingatkan kita pada masa-masa jaya Final Fantasy yang diisi oleh cerita-cerita berkualitas yang mampu membuat kita tertawa dan menangis bersama para karakter di dalamnya.

Unsur instrumental dalam OST To Zanarkand benar-benar disusun secara apik.  Permainan piano yang dominan membuat pikiran kita melayang ke Zanarkand, sebuah tanah fantasi di dunia yang penuh dengan keajaiban.


6.  Rose of May/ Loss of Me (FF IX)

Lagu ini sebenarnya tidak begitu populer, dan baru menarik perhatian setelah versi cover-nya berhasil ditonton oleh jutaan orang di YouTube.  Ya, lagu ini diaransemen ulang oleh Kate Covington, ditambah dengan lirik, dan diupload ke YouTube.  Hasilnya luar biasa, dan hingga saat ini bisa dianggap sebagai salah satu cover OST Final Fantasy terbaik yang pernah ada.

Lagu ini berkisah tentang kehidupan Beatrix, seorang pengawal pribadi Queen Brahne.  Ia digambarkan sebagai seorang wanita yang cantik, jago pedang, namun harus mengorbankan perasaannya sendiri demi menjalankan tugasnya.


5.  You're Not Alone  (FF IX)

Sama seperti Rose of May, lagu ini juga diaransemen ulang oleh Kate Covington dan mendapat sambutan positif di YouTube.  Bedanya, lagu ini sebelumnya juga sudah populer di kalangan pecinta Final Fantasy.  Liriknya yang ceria namun misterius membuatnya sangat sesuai dengan atmosfer game Final Fantasy IX yang sangat indah.

You're Not Alone adalah salah satu bukti kejeniusan Nobuo Uematsu, sang komposer.  OST ini memiliki nada-nada fantastis yang penuh dengan misteri.  Tak hanya indah, namun juga bisa membuat kita merasa rindu untuk memainkan serial Final Fantasy.



4.  Pulse De Chocobo (FF XIII)

Apa salah satu ciri khas yang selalu muncul dalam game Final Fantasy?  Jawabannya adalah Chocobo, makhluk berparuh ayam, berukuran besar, berwarna kuning dan bisa ditunggangi oleh karakter utama.  Chocobo-chocobo ini juga memiliki theme song tersendiri yang sangat unik dan terkesan ceria.

Di antara semua theme song Chocobo yang ada dalam game Final Fantasy, Pulse de Chocobo yang ada dalam FF XIII bisa dianggap sebagai yang terbaik.  Unsur drum solo yang ada dalam OST ini terkesan sangat cool dan bisa membuat kita seolah ingin bergoyang bersama.



3.  Battle Theme (Don't Be Afraid) (FF VIII)

Pertempuran adalah hal yang tak bisa lepas dari setiap game Final Fantasy.  Dan setiap pertempuran memiliki musik pengiring tersendiri yang berbeda di tiap-tiap gamenya.  Dari semua OST Battle Theme di Final Fantasy, OST dari FF VIII-lah yang dianggap sebagai yang terbaik, paling cool dan keren dibanding yang lainnya.

Mendengarkan Battle Theme dari FFVIII seolah mengingatkan kita pada pertempuran seru, di mana Squall menggunakan gunblade-nya dan menghabisi musuh dengan serangan limit break yang menghasilkan 9999 damage.


2.  One Winged Angel (FF VII)

Jika ada lirik OST video game yang bisa membuat kita terus teringat pada game yang kita mainkan selama puluhan tahun, mungkin One Winged Angel adalah salah satu contohnya.  OST ini dinyanyikan dalam game Final Fantasy 7, dalam bahasa Latin yang sangat terkesan agung, misterius, namun mengundang kita untuk terus mendengarkannya.

Lagu One Winged Angel melengkapi kejayaan FF VII sebagai sebuah game yang berkualitas.  Tidak hanya dari segi gameplay dan storyline, game ini ternyata juga memiliki lagu-lagu yang super keren untuk didengarkan.



1.  Melodies of Life (FF IX)

Dari segi penjualan dan popularitas, mungkin Final Fantasy IX tidaklah sehebat kedua pendahulunya, FF VII dan FF VIII.  Namun dari segi artistik, terutama dalam Original Sound Track, game ini mungkin layak mendapat predikat terbaik dibandingkan serial lainnya.  Dan masterpiece dari game ini salah satunya adalah lagu Melodies of Life.

Melodies of Life dinyanyikan oleh Emiko Shiratori dan memiliki lirik yang sangat indah.  Versi Inggrisnya sudah ribuan kali di-cover oleh banyak penyanyi di YouTube.  Mendengarkan lagu ini bisa membuat hati anda merasa tenang dan tentram.

Bagikan Artikel Ini

Copyright © 2013 Wikugame. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top